Pengaruh jejaring sosial online terhadap intensi berwirausaha mahasiswa program sarjana di Indonesia / Finnah Fourqoniah

Main Author: Fourqoniah, Finnah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/64801/
Daftar Isi:
  • FourqoniahFinnah.2015.PengaruhJejaringSosialOnlineTerhadapIntensiBerwirausahaMahasiswaProgramSarjanadiIndonesia.DisertasiProgramStudiPendidikanEkonomiPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.JG.NirbitoM.Pd(II)Prof.Dr.BambangSugengM.A(III)Dr.HariWahyonoM.Pd.KataKunciIntensiberwirausahaperceiveddesirabilityperceivedfeasibilityadopsijejaringsosialonlinestrukturjejaringsosialonlinekualitasinformasijejaringsosialonline.Fenomenasaatinitelahterjadiperubahanlingkungansosialkhususnyapadakaummuda(mahasiswa).Perubahanyangdipengaruhiolehkemajuanteknologiinfomasiitumembuatpolakomunikasidanhubungansosialmenjadilebihefisienmelaluiinteraksididuniamaya.Sebagaibagiandarimediasosialonlinejejaringsosialonlinemenawarkanragaminteraksiberbasisonline.Keterkaitanatauketergantunganmahasiswapadajejaringsosialdidugamempengaruhiintensiberwirausaha.Konteninformasiyangadadimediatersebutdanpolahubungan/komunikasiyangterjalinantaranggotajaringansecaraonlinemampumemotivasimerekauntukmenjadiseorangwirausahawan.Jejaringsosialonlinememfasilitasimerekauntukbelajarmengenalipeluangmemahamiprosesdanmemulaiusahabisnis.SecaraumumpenelitianinimemilikitujuanuntukmenjelaskanvariabeladopsijejaringsosialonlinestrukturjejaringsosialonlinedankualitasinformasijejaringsosialonlinedalammempengaruhiintensiberwirausahamahasiswaprogramsarjanadiIndonesiamelaluimediasiperceiveddesirabilitydanperceivedfeasibilityyangrinciannyaadalahuntukmengujia)pengaruhadopsijejaringsosialonlineterhadapperceiveddesirabilitydanperceivedfeasibilityb)pengaruhstrukturjejaringsosialonlineterhadapperceiveddesirabilitydanperceivedfeasibilityc)pengaruhkualitasinformasijejaringsosialonlineterhadapperceiveddesirabilitydanperceivedfeasibilityd)pengaruhlangsungperceiveddesirabilitydanperceivedfeasibilityterhadapintensiberwirausahae)sertamengujiperceiveddesirabilitydanperceivedfeasibilityyangmemediasihubunganvariabeleksogen(adopsistrukturdankualitasinformasi)terhadapintensiberwirausaha.Pendekatanpenelitianiniadalahexplanatoryresearch.Pengumpulandatadalampenelitianinidilakukandenganmemberikanangketkepadarespondensecaraonlinemelaluifacebooksurveydangoogleforms.1500permohonanpartisipasisurveydikirimkankepadacalonresponden.343respondenmengisiangketsehinggaresponratepenelitianiniadalah22.87%.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaa)Jejaringsosialonlineadalahassetyangdapatdigunakandalamprosespembelajaranwirausahab)adopsidanstrukturjejaringsosialonlineberpengaruhpositifdansignifikanterhadapperceiveddesirabilitydanperceivedfeasibilityc)kualitasinformasijejaringsosialonlinehanyaberpengaruhpositifdansignifikanterhadapperceivedfeasibilityd)perceiveddesirabilitydanperceivedfeasibilityberpengaruhpositifdansignifikanterhadapintensiberwirausahae)perceiveddesirabilitymemediasihubunganduavariabeleksogenjejaringsosialonlineyaituadopsidanstrukturterhadapintensiberwirausahasedangkanperceivedfeasibilitymemediasiketigavariabeleksogenyaituadopsistrukturdankualitasinformasiterhadapintensiberwirausaha.ImplikasiteoretikhasilpenelitianiniyaituperluasanmodelEntreprenurialEventTheory(EET)danmemberikanbuktiempirisbahwaketigavariabeleksogenyangditelitimempengaruhipembentukanintensiberwirausahamelaluimediasiperceiveddesirabilitydanperceivedfeasibility.Walaupunmodeltemuanpenelitianhanyaberlakupadakarakteristikpopulasihasilpenelitianinidianggapsebagaipengembanganteoriintensiberwirausahakhususnyatentangprosestumbuhnyaintensiberwirausahamelaluiprosesbelajardijejaringsosialonlineberdasarkanteorisosio-cognitivedankonektivism.