Pengembangan model pembelajaran kewirausahaan sosial berbasis potensi lokal untuk meningkatkan kemandirian santri di pondok pesantren tradidional (salafiyah) (studi pada Pondok Pesantren Salafiyah Al-Azhar Kec. Wajak Kab. Malang) / Madziatul Churiyah
Main Author: | Churiyah, Madziatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/64799/ |
Daftar Isi:
- KabupatenMalangmerupakankabupatenyangmemilikipondokpesantrenterbanyakdiIndonesiasampaiakhirtahun2012jumlahnyamencapaikuranglebih630pesantrendan60%merupakanpondokpesantrensalafiyah(tradisional)yangmempunyaicirikhaskitabklasikdanmetodepengajarannya.SalahsatunyaadalahPondokPesantrenSalafiyahAl-AzharKec.WajakKab.Malangyangmempunyaisantridarikeluargayangtidakmampu(dhuafa/fakirmiskin)daridaerahsekitarKec.Wajak.Selainilmuagamasantridibekaliilmukewirausahaandenganharapansetelahlulusdaripesantrensantrimampumandiri.Pesantreninijugamempunyaikeunikandalammembelajarkansantrinyatentangkemasyarakatanyaitusantripadatingkat3atautingkatlanjutyangdisebutjugaUlyawajibtinggaldimasyarakatsekitarpesantrenselama2bulan.Sehinggaperluadapembelajarankewirausahaanuntuksantriyangnantinyabermanfaatuntuksantrijugabermanfaatuntukmembelajarkankepadamasyarakat.Tentunyaketrampilankewirausahaanyangdilatihkankepadasantriharussesuaidengankondisiataupotensilokalyangadadimasyarakat.Pembelajaraninidikenaldenganpembelajarankewirausahaansosial(socialentrepreneurship).Tujuanpenelitiansecararinciadalah(1)MendeskripsikankewirausahaansosialdanpotensilokaldiPondokPesantrenSalafiyahAl-AzharWajakKab.Malang(2)Menghasilkanmodelpembelajarankewirausahaansosialberbasispotensilokalyangtelahmelaluivalidasiahlipembelajanahlimateridanpengguna(3)Mengimplementasikanpembelajarankewirausahaansosialberbasispotensilokalpadakelompokkecildankelompokbesar(4)MengukurefektivitaspelaksanaanpembelajarankewirausahaansosialberbasispotensilokaldalammeningkatkankemandiriansantridiPondokPesantrenSalafiyahAl-AzharWajakKab.Malang.PenelitianinimenggunakanrancanganpenelitianpengembanganyangdikembangkanolehRives(2006).Modelyangsudahdikembangkandivalidasioleh3timahliyaituahlipembelajaranahlimateridanahlipesantren(pengguna).Ujicobaprodukdilakukanskalakecildanujicobaskalabesardengandesainonegrouppretestposttest.Jenisdataterdiridari4yaitudatahasilpenelitianawaldatahasilpengembanganprodukdatahasilimplementasiprodukdandatakemandiriansantri.Tekhnikanalisisdatamenggunakananalisisstatistikdeskriptifdankuantitatif.AnalisiskuantitatifmenggunakanujitberpasanganyangdianalisisdenganbantuanSPSS18forwindows.Hasilpenelitianmenunjukkan(1)PelaksanaankewirausahaansosialdipesantrenAl_azharmerupakanprogramintidipesantrenyangbertujuanmeningkatkanketrampilansantrijugamembekalisantrisaatmerekamagangdimasyarakat.PesantrenAl-Azharmemilikipotensilokalyangterdiridaripotensisumberdayaalampotensisumberdayamanusiadanpotensibudaya.PotensialamberupawilayahyangterletakdilerenggunungsemerumakadaerahinimerupakandaerahagrarisselainpaditanamanmendongjugamenjadiprodukunggulanKec.Wajaksertabudidayaikantawar.PotensiSDMdipesantrenmerupakansantriyangberusiaantara11hingga25tahundenganpendidikanbelajarilmu-ilmuagamadarikitab-kitabklasikdenganmetodebandongandanwetonan.PotensibudayapesantrensebagaipusatbudayaumatIslammasihterjagakemurniannyabudayapesantrenyangditerapkanmerupakanperwujudandaripelaksanaanAl_QurandanHadits.(2)Pengembanganprodukberupamodelpembelajarankewirausahaansosialberbasispotensilokaldikembangkandenganmenggunakanmodelpartisipatifsepuluhlangkah.Pengembanganproduksudahmelaluiprosesvalidasitigaahliyaituahlimateriahlipembelajarandanpengguna(pesantren)yangketiganyamenunjukkanskoryangtinggidengankualifikasisangatbaik.(3)Implementasimodelpembelajarankewirausahaansosialberbasispotensilokaldilakukanpadaujicobakelompokkecilkepadasantriyangberjumlah12santridankelompokbesaryangberjumlah42santri.Padaujicobakelompokbesarada5aspekyangakandinilaiyaituranahkognitif(pretestdanposttest)ranahafektifranahpsikomotorikpenilaianproduktivitaspembelajarandanpenilaianefektivitasefisiensipembelajaran.Hasil5penilaiantersebutrata-ratamenunjukkanskoryangtinggi.(4)Kemandiriansantrisebelumdansesudahmengikutipembelajarankewirausahaansosialberbasispotensilokaldarihasilanalisisujitdiperolehnilait46.221dengansig0.000makaadaperbedaanyangsignifikankemandiriansantrisebelumdansesudahpembelajaranartinyapembelajaraninidapatmeningkatkankemandiriansantri.SarandalampenelitianiniadalahmodelpembelajarankewirausahaansosialberbasispotensilokalinibisadimanfaatkankhususnyauntukpesantrenAl-Azhardalamrangkamengembangkanprogramkewirausahaansosialyangsudahberjalansertapesantren-pesantrenlainpadaumumnyayangmempunyaiprogramkewirausahaannamunbelumberjalandenganmaksimal.ModelinibisakembangkanlebihlanjutolehpemerintahdalamhaliniKementrianAgamakab/kota/provinsisebagaisalahsatupedomanpenyelenggaraanprogrampendidikankewirausahaandipesantrenndiwilayahnya.Hasilpenelitianiniperludilaksanakanpenelitianlanjutanyanglebihmendasarterkaitdenganaplikasipengembangankewirausahaansosialberbasispotensilokaldipesantren.Diharapkandenganberbagaipenelitianyangdilakukandapatmemperkayakhazanahempirisdanteoritisbagipengembangankewirausahaansosial.Hasiltemuanyangdikembangkandalampenelitianinitidakuntukdigeneralisasikankepadasemuakalanganakantetapidapatjugamenjadibahanacuanpadakelompokyangmemilikikesamaankarakteristikbaikdarisegipesertamateriajaryangdikembangkanmaupunintegrasipotensilokalyangterdapatdilingkunganyangakanditeliti.