Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis dimensi belajar untuk meningkatkan hasil belajar kewirausahaan pada mahasiswa FKIP Universitas Syiah Kuala / Amiruddin

Main Author: Amiruddin
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.um.ac.id/64796/
Daftar Isi:
  • Amiruddin2014.PengembanganPerangkatPembelajaranBerbasisDimensiBelajaruntukMeningkatkanHasilBelajarKewirausahaanpadaMahasiswaFKIPUnsyiah.DisertasiProgramStudiPendidikanEkonomiProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.EryTryDjatmikaM.AM.Si(II)Prof.Dr.H.BambangBanuSiswoyoM.M(III)Dr.HariWahyono.M.Pd.KatakunciPenelitianPengembanganModulKewirausahaanPembelajaranDimensiBelajarolehMarzano.12288122881228812288Perguruantinggimerupakansalahsatulembagapendidikanyangikutbertanggungjawabmenghasilkansumberdayamanusiayangmampumenghadapiberbagaimacampermasalahanyangmunculdieraglobalisasimelaluikegiatantridarma.Salahsatupendekatanpembelajaranyangdapatditerapkanadalahpemberianpengalamandalammenyelesaikanpermasalahan.SelainitupembenahandanperbaikanyangterpentingdalamprosespembelajaranadalahdenganmengembangkanperangkatpembelajaransepertimenggunakansilabusdanSatuanAcaraPerkuliahan(SAP)moduldanalatevaluasiyangdisampaikanolehdosendalamsetiapkegiatanpembelajaran.Perangkatpembelajaranakanmenarikketikadikombinasikandengandimensibelajaryangsesuai.Salahsatucarauntukmengembangkanpembelajarandapatdilakukanberdasarkanmodellimadimensibelajaryangberorientasipadakebiasaanberpikirproduktif.LimadimensibelajaryangdikemukakanolehMarzanoyaitudimensi1mengenaipengembangansikapdanpersepsipositifdimensi2mengenaipemerolehandanpengintegrasianpengetahuandimensi3mengenaiperluasandanpenghalusanpengetahuandimensi4mengenaipenggunaanpengetahuansecarabermaknadandimensi5mengenaikebiasaanberfikirproduktif.MelaluipembelajaranMarzanotersebutdiharapkanmahasiswamempunyaikeinginanberprestasidanketekunanorisinalitasdankreativitasberorientasitugasdanhasilberpandanganmasadepanteknikpengambilanrisikodankepercayaandiri.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmenghasilkanperangkatpembelajaranberupasilabusSAPdanmodulkewirausahaanyangberbasisdimensibelajarmodelMarzanoagarhasilbelajarkewirausahaanmahasiswaFKIPUniversitasSyiahKualaBandaAcehdapatditingkatkan.RespondenpenelitianadalahmahasiswaprogramstudiPKKjurusanTataBogadanTataBusanaFakultasKeguruandanIlmuPendidikansebanyak53respondenyangterbagimenjadikelaskontroldankelaseksperimen.Teknikpengumpulandatadilakukandenganmenggunakaninstrumenkuesionertertutupyangdilengkapipertanyaanterbukadanobservasi.Teknikanalisisdatamenggunakandeskriptifkuantitatifdankualitatifsertaujibeda.Hasilanalisisdatamenunjukkanbahwahasilbelajarmahasiswayangmenggunakanmodulkewirausahaanlebihbaikdibandingkandenganpembelajarankonvensional.Dari25mahasiswikelaseksperimen36%mahasiswidinilaidengankualifikasinilaibaiksekalidan64%mahasiswidinilaidengankualifikasibaik.Sedangkandarikelaskontroldari28mahasiswi3571%dinilaidengankualifikasibaikdan6429%dinilaidengankualifikasicukup.DisarankanagardosenpengampumatakuliahkewirausahaanmengembangkanperangkatpembelajaranberbasisdimensibelajarmodelMarzano.PerlumemberipenguatanterhadapdimensilimayangdikembangkanolehMarzanodimanainidiperlukanperandosenuntuklebihintensifdalammembimbingmahasiswaterkaitdenganmateriyangdisesuaikanantarateoridanpraktekkewirausahaanmemotivasimahasiswasertapenyediaansaranayangmendukungagarpembelajaranberlangsungsecarakondusif.Pengembanganperangkatbelajarberbasisdimensibelajarinidapatdimanfaatkandenganbaikolehdosen-dosenpengampumatakuliahKewirausahaansebagaibahanreferensibaru.Selainitudosenmemilikikemauanyangkerassertakemampuanuntukmemotivasimahasiswadalamprosespembelajarandanterutamauntukmelakukanpraktekkewirausahaandalamkehidupansehari-hari.SelanjutnyauntuklembagayangbersangkutandibutuhkankesiapanterkaituntukmendukungpelaksanaanModulKewirausahaanBerbasisDimensiBelajarterutamadalampenyediaansaranadanprasaranapraktekpembelajaranyangdisarankandalammodul.