Pengembangan model mulok kewirausahaan berbasis keunggulan lokal untuyk meningkatkan kecakapan vokasional siswa SMA di KOta Mataram / Sukardi

Main Author: Sukardi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.um.ac.id/64791/
Daftar Isi:
  • Sukardi.2013.PengembanganModelMulokKewirausahaanBerbasisKeunggulanLokaluntukMeningkatkanKecakapanVokasionalSiswaSMAdiKotaMataram.DisertasiProgramStudiPendidikanEkonomiPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.DanardanaMurwaniM.M.(II)Prof.Dr.H.BambangBanuSiswoyoM.M.(III)Dr.SunaryantoM.Ed.KatakunciPengembanganModelMulokKewirausahaanKeunggulanLokaldanKecakapanVokasional.GejalayangteramatidanmenjadifokuskajianiniadalahbelumterbentuknyaketerampilankerjapadalulusanSMAyangberdampakpadaketergantunganpadapekerjaanyangada974%lulusanmenjadipengangguranterdidikdanmenjadiTenagaKerjaIndonesiadenganketerampilanterbatas.Permasalahanlainyangmunculyaituhanya25%lulusanyangmelanjutkanstudikePerguruanTinggi173%putussekolahdanbelumtermasukyangrentanputussekolah.DisisilainlembagapendidikanSMAbelummampumeningkatkanmutudanrelevansinyakhususnyamelaluimatapelajaranmuatanlokalkewirausahaanpadahalpotensiuntukmemberdayakansiswaterbukaluasdenganketersediaankeunggulanlokalsebagailapanganusaha.MulokKewirausahaanyangadalebihmenekankanpadapengenalanpengetahuannilainormakewirausahaandanbelumpadatingkataninternalisasidantindakannyatadalammemanfaatkankeunggulanlokal.OlehkarenanyadiperlukaninovasidanrekonstruksisosialMulokKewirausahaandenganmemanfaatkankeunggulanlokalsebagaiinstrumenpembentukankecakapanvokasionalsiswaSMAagardapatmengurangipermasalahansosialtersebut.Penelitiandanpengembanganinidilakukandengantujuanuntuk(1)mendeskripsikanpotretpermasalahandankebutuhanmodelMulokKewirausahaanberbasiskeunggulanlokal(2)mengembangkanmodelMulokKewirausahaanberbasiskeunggulanlokaldan(3)mengetahuikeefektifanmodelMulokKewirausahaanberbasiskeunggulanlokaldalammeningkatkankecakapanvokasionalsiswaSMANegeridiKotaMataram.SecarametodologisuntukmencapaitujuantersebutmakadalamkajianinimenggunakanmodelpenelitiandanpengembanganBorgdanGall(1983)yangdipadukandenganprisip-prinsipdesainkonstruktivistiksepertikolaborasidesaindanpengembanganyangdisatukandanmodelakhiryangbersifatterbukasertafleksibel.Tahapanutamanyameliputi(1)studipendahuluanyangterdiridariprapenelitiandansurveipermasalahandankebutuhan(2)pengembanganprodukawalyangterdiridaripenyusunandesainmodelpenyusunanprototipeprodukmodelsecarapartisipatifujiprodukawalmelaluiujivalidasiahlidanujiterbatasdan(3)ujiprodukakhir/ujilapangandalambentukpreeksperimendenganmenggunakanrancanganstaticgroupcomparison.Datapadatahapujiprodukdijaringmenggunakankuesionerpanduanfocusgroupdiscussionpenilaianberbasisproyekdanpenilaianpenyajianlisan.KeseluruhandatadianalisissecaradeskriptifkuantitatifberupapersentasesederhanadankuantitatifberupaujitsampelindependendenganbantuansoftwareSPSSforwindows.Hasilpenelitianmenunjukkantemuan-temuansebagaiberikut.(1)PelaksanaanMulokKewirausahaanSMANegeridiKotaMatarambelumoptimalterindikasipadamateridanpelaksanaanpembelajaranyangkurangmemperhatikankebutuhansiswadanpotensikeunggulanlokal.Hasilanalisiskebutuhanmenunjukkanbahwaproduksikerajinanperhiasanemas/perak/mutiaramenjadiprioritassebagaisubstansiMulokKewirausahaandenganmenggunakanpembelajaranberorientasikonstruktivismesosial.(2)Desainmodelyangdikembangkanterdiridari3komponenutamayaitutujuanpembelajaran(tujuanmatapelajaranstandarkompetensikompetensidasardanindikator)prosedurpembelajaran(pengorganisasianmateripenyampaianmateridanpengelolaanpembelajaran)danpenilaian.Darirancanganmodeldihasilkanprodukberupa(a)rumusanstandarkompetensidankompetensidasar(b)silabus(c)bukuajar(d)bukupanduanpembelajaran(e)mediapembelajaran(f)rencanapelaksanaanpembelajarandan(g)perangkatpenilaian.(3)Hasilujiprodukawalmenunjukkanbahwasecarakeseluruhanrancanganmodeldanprodukmodelyangdihasilkanpadakategorisangatbaik.Hasilujilapanganmelaluirancanganstaticgroupcomparisonmenunjukkanbahwaterdapatperbedaanyangsignifikankecakapanvokasionalsiswaantarakelaseksperimendengankelasstatis.HasilpenelitiandanpengembanganmengindikasikanbahwamodelMulokKewirausahaanberbasiskeunggulanlokalefektifdalammembentukkecakapanvokasionalsiswa.Selainitubaikgurumaupunsiswamemberikanresponyangpositifdansangatbaikterhadapmodelyangdihasilkandilihatdariaspekrelevancereflectioninteractiontutorsupportpeersupportdaninterpretation.Berdasarkankesimpulantersebut(1)saranpemanfaatanyaituSMAyangmemprogramkanMulokKewirausahaanagarmengadopsimodeliniSMAyangmenerapkankurikulum2013jugamengadaptasimodelinipengambilkebijakanuntukmengembangkanprogrampeningkatanrelevansipendidikandansiswasebagaisumberbelajarutamadansumberpraktikwirausahasecaralangsung(2)sarandesiminasiditujukankepadaSMAmelaluisosialiasipenggandaanworkshopimplementasimelaluipenelitiantindakankelas(PTK)danataulessonstudy.Bagipengambilkebijakandapatmenyebarluaskanmodelinimelaluipenggandaantrainingoftrainer(TOT)menfasilitasisekolahuntukmembuatprogramworkshopDiklatatauworkshopkhususpenyebarluasanmodelmenfasilitasisekolahmenerapkannyamelaluiPTKdanataulessonstudydanpengemasansecaradigitaldan(3)saranpengembanganproduklanjutuntukpenelitisepertipengembanganuntukmatapelajaranPrakaryadanKewirausahaandalamkurikulum2013perluasansubstansimodelfokuspadaaspekkewirausahaanlainnyapengembangandalambentukdigitalpengujianuntuklembagapendidikannonformalperluasansubyekperluasankomponenmodeldanlainnya.