Ragam pendidikan life skill untuk pemberdayaan ekonomi keluarga (stidi kasus pada petani siwalan di Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep) / Mashuri Toha

Main Author: Toha, Mashuri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/64754/
Daftar Isi:
  • DisertasiProgramStudiPendidikanEkonomiProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalangPembimbing(I)Prof.Dr.IbrahimBafadal.(II)Prof.Dr.WahjoediME.(III)Dr.SunaryantoM.Ed.Kata-katakunciPendidikanlifeskillPemberdayaanekonomiPetanisiwalanPenelitianinidilatarbelakangiolekmaraknyastuditeorihumancapitalinvestmentyangpadatataranempirikmempunyaipengaruhterhadapproduktivitas.Mewujudkanproduktivitasmembutuhkanupayapemberdayaanmelaluipendidikanlifeskillpemberdayaanperilakuekonomiproduktifdenganpemanfaatanpohonsiwalansebagainaturalresource.Lifeskillyangdiunjukkerjakanolehpetanisiwalanmerupakanfenomenayangpentinguntukdikajipadaaspekpendidikankarenadalamaktivitasekonomipetanisiwalanterdapatdinamikapembelajarankhususnyakegiatanorganisasiekonomimulaidarisatuankonsumsiproduksidandistribusi.Pendidikanlifeskillmenjadigagasanuntukpemberdayaanekonomikeluargayangrelevanuntukdikajilebihlanjutkhususnyaberdasarkanperspektifemikyaituberkenaandengan(1)konseppendidikanlifeskillitusendirisesuaidenganpolapemikiranpraktikkebiasaankerjapadamasyarakatpetanisiwalan(2)polapendidikanlifeskilldalamkonteksmaksimalisasiekonomidan(3)karakteristikkearifanlokalyangmendorongterjadinyaperubahanuntukmenemukanteoriyangbisamenjelaskansecaramemadaifenomenatersebut.UntukmenjawabproblematikautamatersebutpenelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganstudikasuspadapendidikanlifeskilldanpemberdayaanekonomipadapetanisiwalandikecamatanPragaankabupatenSumenep.Sertamelaluiobservasidandokumentasidata-datadianalisisdengananalisisteoritikdenganteknikinduktif-konseptualistikinduktif-komparatifkategorisasidaninferensianalisishasilwawancaraanalisishasilobservasidananalisisdokumen.DarihasilpenelitianinidiketahuibahwaRagampendidikanlifeskillyangdiinternalisasidalamkeluargapetanisiwalanmampumembangunlifeskillsebagaimodaldanmodeldalammemecahkanmasalahsecaraholistik.Pendidikanlifeskillsebagaigagasanyangdiaktualisasikanuntukpemberdayaanekonomikeluargapetanisiwalanyangsecaraindigenousdisebutbaburughanbecce(pendidikannilai)yangmemilikiinterpretasidankategorisasisamadenganpendidikanlifeskillyangmelingkupiragampendidikanlifeskillantaralain(1)Baburughanabadhibiataupembelajarandirisendiri(2)Baburughanorenglaenataupembelajarandaridanataudenganoranglain(3)Baburughansetadaketabbhaataupembelajarankontekstual(4)Baburughanketabataupembelajarantekstual.Ragamvarianpendidikanlifeskillpadamasyarakatpetanisiwalandibangunmelaluimaknaruangpadataneanlanjhangsebagaikarakteristikmasyarakatsetempatkeberadaannyamerepresentasikanfungsipendidikankeluargayangkhasdanefektifdalammenginternalisasikanpendidikanlifeskill.Pendidikankeluargadenganpolataneanlanjangmenjadiinkubatorpendidikanekonomidansosialposisikobhungdalamtaneanlanjhangmengintegrasikankeberadaanpranatasosialyangdikenaldengan(1)Bhapa(2)Bhabu(3)Ghuruh(4)Ratohpranatasosialtersebutdianutolehmasyarakatpetanisetempatsebagaihirarkhipenghormatantelahpuladijadikansebagaipusatkepemimpinanmenjadisumberdanmediapendidikan.Prosesinternalisasilifeskillmelaluiempatsumbermediapendidikanpadahirarkhibhapabhabughuruhdanratohmenjadikarakteristikmasyarakatsetempatkeempathirarkhitersebutberpengaruhkuatdalampranatasistemsosialdalamberbagaidimensitermasukdimensipendidikandanekonomi.Keluargasebagaisubsistemsosialmenjadisangatmenentukandalammenjalankanperandanfungsinya.Fungsiedukatifdanekonomikeluargamemanfaatkankobhungsebagaimediapendidikanyangefektifuntukpemberdayaanekonomifungsikobhungtelahmembukaruangpemberdayaandengantigapolayaitukebersamaanpelibatandanpengawasan.Managementstrategicyangdipiliholehpetanisiwalanuntukpemberdayaanekonomikeluargaantaralainmotivasiberlombamengejarpendidikanformalknowledgesharingsearchinginformationpelibatananakdalamkerjamenjadikankeluargasebagaitimdanmekanisasiproduksi.Prakarsa-prakarsauntukpeningkatanlifeskillkeluargaberimplikasipositifterhadapperubahandaripolatradisionalkearahprofesionalisasikerja.Carakerjamasyarakatsudahmeningkatpadapilihanmekanisasidanteknologiyangberbasispadaperkembanganilmupengetahuanpergeseranpolafikirmasyarakatdaripolatradisionalstatismenujudinamikapraktisdenganintensitasteknologi.Perubahantersebutmendorongproduktivitaspengembanganpotensisiwalanagarlebihbernilaiekonomimelaluipemberdayaankeluarga.Disarankanuntukmelanjutkankajianlebihspesifikyangberbasisilmupengetahuandanteknologiagardapatmerubahmasyarakatdaribangsakonsumenmenjadibangsaprodusen.Kajianinimerekomendasikandesainpenelitianpengembanganyangdapatmembukadenganterangbenderangpeluangeksplorasisumberdayaalammelaluiteknopreneurshipdanmenjadibuktibahwamasihbanyakpotensialamyangselamainiterabaikanyangdapatmensejahterakankehidupanekonomimasyarakat.