Pengaruh model pembelajaran koopeartif tipe stad, cara belajar dan motivasi belajar terhadap sikap kewirausahaan pada siswa SMKN I Jombang / Munawaroh
Main Author: | Munawaroh |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/64726/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKMunawaroh2009PengaruhModelPembelajaranKooperatifTipeSTADCaraBelajarMotivasiBelajarTerhadapSikapKewirausahaanPadaSiswaSMKN1Jombang.KataKunciModelPembelajaranKooperatifTipeSTADCarabelajarMotivasibelajarSikapkewirausahaan.PadaPendidikanformalutamanyaditingkatmenengahkejuruanPendidikankewirausahaanlebihmenekankanpadapengembanganaspekkognitifdankurangmemperhatikanpengembanganaspekketrampilandansikapakibatnyakonsep-konsepyangadadalammatapelajarankewirausahaanhanyadipahamisebagaipengetahuanyangharusdiperhatikandanuntukdipraktekkanmaupunditerapkandalamkehidupansehari-hari.Seharusnyapendidikankewirausahaanmampumenjadikansiswaterampilmenerapkannilai-nilaikewirausahaandanmengembangkansikapberwirausahayangproduktifdanefisien.Kontribusipendidikankewirausahaandalampembentukansumberdayamanusiayangdemikiandiperlukanbagipembangunanekonomidanpembangunandibidanglainsecaralebihluas.AgarpendidikankewirausahaandisekolahMenengahKejuruanmampumenjadikansiswamemilikisikapkewirausahaanyangproduktifdanefisiendiperlukanprosespembelajarandenganstrategiyangtepatuntukmemberikankesempatanyangluaskepadasiswadalammengkonstrukpemaknaanataskonsep-konsepkewirausahaanyangmerekapelajaridikaitkandenganpengalamanbelajaryangmerekadapatkandalamkehidupansehari-hari.Strategipembelajaranyangdemikianmembutuhkanpendekatankonstektual.DalampenerapannyadirasakanefisienbilafenomenanyatayangadadalamhidupkesehariansiswadapatdihadirkandikelasmelaluimodelpembelajarankooperatifTipeSTAD.Penelitianinibertujuanmenganalisis(1)menjelaskanpengaruhModelpembelajaranKooperatifTipeSTADterhadapsikapkewirausahaan(2)menjelaskanpengaruhcarabelajarterhadapsikapkewirausahaan(3)menjelaskanpengaruhmotivasibelajarterhadapsikapkewirausahaan(4)menjelaskanpengaruhmodelpembelajaranKooperatifTipeSTADdengancarabelajar(5)menjelaskanpengaruhcarabelajardenganmotivasibelajar(6)menjelaskanpengaruhmodelpembelajarankooperatiftipeSTADdenganmotivasibelajar(7)menjelaskanadatidaknyapengaruhantaramodelpembelajaranKooperatifTipeSTADcarabelajardanmotivasibelajarterhadapsikapkewirausahaanpadasiswaSMKNegeri1Jombang.PenelitianinidirancangsebagaipenelitianEksperimenyangdilakukanterhadapsiswakelasIIISMKnegeri1Jombangyangberjumlah362siswa.JumlahsampelpenelitiansebanyakkelasIIIAP1berjumlah38siswaKelasIIIAK3berjumlah39siswadankelasIIIPJ1berjumlah35siswadandipilihsecaraacak.DatayangberhasildikumpulkandianalisisdenganAnovaRegresidanRegresiLinierbergandasedangkananalisisdatadilakukandenganmenggunakanprogramaplikasistatistikSPSSforwindowsversi13.Hasilpenelitianmembuktikan(1)AdapengaruhmodelpembelajaranKooperatiftipeSTADterhadapsikapkewirausahaan(2)Adapengaruhcarabelajarterhadapsikapkewirausahaan(3)Tidakadapengaruhmotivasibelajarterhadapsikapkewirausahaan(4)TidakadapengaruhmodelpembelajaranKooperatiftipeSTADterhadapcarabelajar.(5)Adapengaruhcarabelajarterhadapmotivasibelajar.(6)TidakadapengaruhmodelpembelajaranCooperativeLearningtipeSTADterhadapmotivasibelajar.(7)SecarasimultanadapengaruhmodelpembelajaranKooperatiftipeSTADcarabelajarmotivasibelajarterhadapsikapkewirausahaan.DarihasilpenelitianinidapatdisimpulkanbahwapenggunaanmodelpembelajaranKooperatifTipeSTADmemilikipengaruhyangpositifsignifikanterhadappeningkatansikapkewirausahaankhususnyadiSMKNegeri1Jombang.Demikianpuladengancarabelajaryangefisienjugaberpengaruhposistifsecarasignifikanterhadapsikapkewirausahaandansebaliknya(tidakadapengaruhmotivasibelajarbaikitutinggisedangrendahterhadapsikapkewirausahaan.DanpenggunaanmodelpembelajaranKooperatifTipeSTADdalamprosespembelajarantidakterpancangpadacarabelajarsiswakhususnyabagisiswaSMKNegeri1Jombangsertadalammeningkatkanefisienbelajarsiswaperlumemperhatikantingkatmotivasibelajarsiswa.MeskipundemikiandalamprosespembelajaranseoranggurudapatmenggunakanmodelpembelajaranKooperatifTipeSTADtanpaperlumemperhatikantingkatmotivasibelajarsiswakhususnyabagisiswaSMKNegeri1Jombang.DisampingitudalamprosespembelajaranseoranggurudapatmenggunakanmodelpembelajaranKooperatifTipeSTADperlujugamemperhatikanefisiensibelajarsiswamaupuntingkatmotivasibelajar.Berdasarkantemuanpenelitianinidapatdisarankanbeberapahalsebagaiberikut(1)SekolahdalamhalinisekolahMenengahKejuruansebaiknyadapatmeningkatkanprosesbelajarmengajardenganmenggunakanberbagaimodelpembelajaranagarprosesbelajarmengajardapattercapaisecaramaksimaldansiswabisaaktifkreatifdaninovatif.(2)DiperlukanpemetaanatastingkatmotivasidanefisiensicarabelajarsiswasebagailandasandalampengembanganstrategipembelajarankewirausahaandisekolahMenengahkejuruan.ABSTRACTMunawaroh2009TheInfluenceofCooperativeLearningofSTADTypetheWayofLearningandLearningMotivationtowardstheEntrepreneurshipbehavioroftheStudentsofSMKN1JombangKeyWordcooperativelearningofSTADtypewayoflearninglearningmotivationentrepreneurshipbehaviorInformaleducationespeciallyinvocationalschoolsentrepreneurshipeducationemphasizesoncognitiveaspectsratherthanaffectiveandpsychomotoricaspects.Consequentlyentrepreneurshipconceptsareunderstoodasknowledgewhichshouldbemasteredandimplementedindailylife.Whileinpracticeentrepreneurshipshouldbringthestudentstohaveskillsinapplyingentrepreneurshipspirittoproduceeffectiveandefficiententrepreneurshipbehavior.Thecontributionofentrepreneurshipeducationinbuildinggoodhumanresourcesisneededforthedevelopmentoftheeconomicareaandofotherareasaswell.Tomakesurethatentrepreneurshipeducationcanproduceeffectiveandefficiententrepreneurshipbehaviorandskillsastrategicteachinglearningprocessisneededtogivestudentsanopportunitytoconstructanunderstandingorinterpretationofstudyingentrepreneurshipconceptthatisrelatedtothedailylifeexperience.Toachievethisgoalastrategiclearningapproachwhichappropriateiscontextualapproach.Thatiswhytheimplementationwillbemoreefficientiftheteachercanprovidereallifeissuesofwhatthestudentshaveindailylifetotheclass.ThisapproachisknownascooperativelearningofSTADtype.Thisresearchisintendedto1)clarifytheinfluenceofcooperativelearningofSTADtypetowardsthestudentsentrepreneurshipbehavior2)clarifytheinfluenceoflearningwaystowardsthestudentsentrepreneurshipbehavior3)clarifytheinfluenceoflearningmotivationtowardsthestudentsentrepreneurshipbehavior4)clarifytheinfluenceofcooperativelearningofSTADtypetowardslearningways5)clarifytheinfluenceoflearningwaystowardslearningmotivation6)clarifytheinfluenceofcooperativelearningofSTADtypetowardslearningmotivation7)clarifytheinfluenceofcooperativelearningofSTADtypelearningwaysandlearningmotivationtowardstheentrepreneurshipbehaviorofthestudentsofSMKNegeri1Jombang.Theresearchisdesignedtobeaquasiexperimentwhere362studentsofSMKNegeri1Jombangasthepopulation.Amongthese38studentsofIIIAP139studentsofIIIAK3and35studentsofIIIPJ1aretakenasthesamplesthatarerandomlyassigned.ThenthedatagatheredareanalyzedusingANOVARegressionandmultipleLinearRegression.TocalculatethedatatheresearcherusedstatisticalapplicationofSPSSForwindows13version.Theresultofcomputationprovesthat1)thereisasignificantinfluenceofcooperativelearningofSTADtypetowardsthestudentsentrepreneurshipbehavior2)thereisalsoasignificantinfluenceoflearningwaystowardsentrepreneurshipbehavior3)thereisnoinfluenceoflearningmotivationtowardsentrepreneurshipbehavior4)thereisnoinfluenceofcooperativelearningofSTADtypetowardslearningways5)thereisasignificantinfluenceoflearningwaystowardslearningmotivation6)thereisnoinfluenceofcooperativelearningofSTADtypetowardslearningmotivation7)thereissimultaneouslysignificantinfluenceofcooperativelearningofSTADtypelearningwaysandlearningmotivationtowardsentrepreneurshipbehavior.BasedontheabovedataitcanbeconcludedthattheuseofcooperativelearningofSTADtypehaspositiveinfluencetowardstheincreaseoftheentrepreneurshipbehaviorofthestudentsofSMKNegeri1Jombang.Inotheraspectefficientlearningwaysalsoinfluencetheincreasesofentrepreneurshippositively.Ontheotherhandthereisnoinfluenceoflearningmotivationeitherhighmoderateorlowtowardsentrepreneurshipbehavior.TheuseofcooperativelearningofSTADtypeisnotdependentonthelearningwaysofthestudentsofSMKNegeri1Jombang.Whiletoincreasetheefficiencyoflearningwaysitneedsintentionofthestudentslearningmotivationlevel.EventhoughinlearningprocessateachercanusecooperativelearningofSTADtypewithoutpayingattentiontothestudentslearningmotivationlevelespeciallyinSMKNegeri1Jombang.BesidethatintheprocessoflearningateacherwhousescooperativelearningofSTADtypeshouldpayattentiontotheefficiencyofthestudentslearningandlearningmotivationlevelaswell.Basedonthisresearchitisadvisedthat1)theschoolespeciallyvocationalschoolsshouldbeabletovarytheuseoflearningmodelssothatthestudentswillbeactivecreativeandinnovativeandtheteachinglearningobjectivecanbeachievedmaximally2)theschoolshoulddomappingthestudentsleveloflearningmotivationandefficiencyasthebasisofdevelopingentrepreneurshipeducationinvocationalschools.