Pengembangan strategi pembelajaran PDEODESTAD (Predict Discuss Explain Observer Discuss Explain Student Team Achievement Division). untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis, penguasaan konsep, dan tetensi matakuliah gizi dan kesehatan pada mahasiswa berkemampuan
Main Author: | Wulandari, Tabitha Sri Hartati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/64665/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKTabithaSriHartatiWulandari2017.PengembanganStrategiPembelajaranPDEODESTAD(PredictDiscussExplainObserveDiscussExplainStudentTeamAchievementDivision)UntukmeningkatkanketerampilanBerpikirKritisPenguasaanKonsepdanRetensiMataKuliahGizidanKesehatanPadaMahasiswaBerkemampuanAkademikBerbedadiUNIROWTuban.DisertasiProgramStudiPendidikanBiologiProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.agr.MohamadAmin.M.SiPembimbing(II)Prof.Dr.SitiZubaidah.M.PdPembimbing(III)Prof.Dr.MimienHenieIrawatiAlMuhdhar.M.S)KataKunciStrategipembelajaranPDEODESTADketerampilanberpikirkritispenguasaankonsepretensikemampuanakademikberbedaPendidikanTinggiabad21menuntutmahasiswamemilikiketerampilanberpikirkritismemecahkanmasalahkolaborasidankecakapanberkomunikasi.Upayamewujudkanketerampilan-keterampilantersebutsalahsatunyadenganpenerapanstrategipembelajaranPDEODESTAD(PredictDiscussExplainObserveDiscussExplainStudentTeamAchievementDivision).PDEODESTADmerupakanstrategihasilpaduanstrategiPDEODEdenganSTADyangmerupakanstrategipendekatankonstruktivismedengancooperativelearning.PDEODESTADmerupakanstrategiyangmemberipengalamanmahasiswauntukmengkonstruksipengetahuannyaberpikirkritisdankegiatanyangmendorongmahasiswabekerjasamadanberkomunikasisehinggamemilikipenguasaankonsepdanretensi.Tujuanpenelitianpengembanganini1)menghasilkanprodukstrategipembelajaranPDEODESTADdituangkandalambentukperangkatpembelajaranyangvalid/layakdigunakanuntukmeningkatkanketerampilanberpikirkritispenguasaankonsepdanretensipadamahasiswaberkemampuanberbeda2)mengujiperbedaanstrategipembelajaranPDEODESTADdengankonvensionalterhadapketerampilanberpikirkritispenguasaankonsepdanretensimahasiswa3)mengujiperbedaankemampuanakademikterhadapketerampilanberpikirkritispenguasaankonsepdanretensimahasiswa4)mengujiinteraksiantarastrategipembelajarandengankemampuanakademikberbedaterhadapketerampilanberpikirkritispenguasaankonsepdanretensimahasiswa.PDEODESTADmerupakankerangkakonseptualsehinggadituangkandalamprodukperangkatpembelajaranyangmeliputisilabusRPPbukuajarLKMdanlembarevaluasi.UntukmendapatkanprodukperangkatpembelajaranyanglayakdilakukandenganmodelfourDmilikThiagarajan.dkkyangmeliputiempattahapyaitupendefinisisan(define)perancangan(disain)pengembangan(develop)danpenyebaran(disseminate).Untukmengujipengaruhdilakukandenganpenelitianeksperimenberupaquasiexperimentdenganrancanganfaktorial2x2dandilaksanakanpadamahasiswapendidikanbiologidiUniversitasPGRIRonggolaweTubansemestergasaltahunakademik2014/2015.Sampelberjumlah85mahasiswayangterdiridarikelompokkontroldenganpenerapanstrategikonvensional(44orang)dankelompokeksperimendenganpenerapanstrategiPDEODESTAD(41orang).PengambilansampeluntukkelaseksperimendilakukandenganteknikpurposivesamplingDataketerampilanberpikirkritispenguasaankonsepdanretensidiperolehdaritesesaisedangkandatakemampuanakademikdiperolehdariIPkomulatifmahasiswa.Kelasyangdijadikansampelterlebihdahuludiujikesetaraannyadenganmelihatnormalitashomogenitas.AnalisisdatamenggunakananalisisdeskriptifdananalisisanalisisvariasiAnakovapadatarafsignifikansi5%(p