Pengembangan strategi pembelajaran PDEODESTAD (Predict Discuss Explain Observer Discuss Explain Student Team Achievement Division). untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis, penguasaan konsep, dan tetensi matakuliah gizi dan kesehatan pada mahasiswa berkemampuan

Main Author: Wulandari, Tabitha Sri Hartati
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/64665/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKTabithaSriHartatiWulandari2017.PengembanganStrategiPembelajaranPDEODESTAD(PredictDiscussExplainObserveDiscussExplainStudentTeamAchievementDivision)UntukmeningkatkanketerampilanBerpikirKritisPenguasaanKonsepdanRetensiMataKuliahGizidanKesehatanPadaMahasiswaBerkemampuanAkademikBerbedadiUNIROWTuban.DisertasiProgramStudiPendidikanBiologiProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.agr.MohamadAmin.M.SiPembimbing(II)Prof.Dr.SitiZubaidah.M.PdPembimbing(III)Prof.Dr.MimienHenieIrawatiAlMuhdhar.M.S)KataKunciStrategipembelajaranPDEODESTADketerampilanberpikirkritispenguasaankonsepretensikemampuanakademikberbedaPendidikanTinggiabad21menuntutmahasiswamemilikiketerampilanberpikirkritismemecahkanmasalahkolaborasidankecakapanberkomunikasi.Upayamewujudkanketerampilan-keterampilantersebutsalahsatunyadenganpenerapanstrategipembelajaranPDEODESTAD(PredictDiscussExplainObserveDiscussExplainStudentTeamAchievementDivision).PDEODESTADmerupakanstrategihasilpaduanstrategiPDEODEdenganSTADyangmerupakanstrategipendekatankonstruktivismedengancooperativelearning.PDEODESTADmerupakanstrategiyangmemberipengalamanmahasiswauntukmengkonstruksipengetahuannyaberpikirkritisdankegiatanyangmendorongmahasiswabekerjasamadanberkomunikasisehinggamemilikipenguasaankonsepdanretensi.Tujuanpenelitianpengembanganini1)menghasilkanprodukstrategipembelajaranPDEODESTADdituangkandalambentukperangkatpembelajaranyangvalid/layakdigunakanuntukmeningkatkanketerampilanberpikirkritispenguasaankonsepdanretensipadamahasiswaberkemampuanberbeda2)mengujiperbedaanstrategipembelajaranPDEODESTADdengankonvensionalterhadapketerampilanberpikirkritispenguasaankonsepdanretensimahasiswa3)mengujiperbedaankemampuanakademikterhadapketerampilanberpikirkritispenguasaankonsepdanretensimahasiswa4)mengujiinteraksiantarastrategipembelajarandengankemampuanakademikberbedaterhadapketerampilanberpikirkritispenguasaankonsepdanretensimahasiswa.PDEODESTADmerupakankerangkakonseptualsehinggadituangkandalamprodukperangkatpembelajaranyangmeliputisilabusRPPbukuajarLKMdanlembarevaluasi.UntukmendapatkanprodukperangkatpembelajaranyanglayakdilakukandenganmodelfourDmilikThiagarajan.dkkyangmeliputiempattahapyaitupendefinisisan(define)perancangan(disain)pengembangan(develop)danpenyebaran(disseminate).Untukmengujipengaruhdilakukandenganpenelitianeksperimenberupaquasiexperimentdenganrancanganfaktorial2x2dandilaksanakanpadamahasiswapendidikanbiologidiUniversitasPGRIRonggolaweTubansemestergasaltahunakademik2014/2015.Sampelberjumlah85mahasiswayangterdiridarikelompokkontroldenganpenerapanstrategikonvensional(44orang)dankelompokeksperimendenganpenerapanstrategiPDEODESTAD(41orang).PengambilansampeluntukkelaseksperimendilakukandenganteknikpurposivesamplingDataketerampilanberpikirkritispenguasaankonsepdanretensidiperolehdaritesesaisedangkandatakemampuanakademikdiperolehdariIPkomulatifmahasiswa.Kelasyangdijadikansampelterlebihdahuludiujikesetaraannyadenganmelihatnormalitashomogenitas.AnalisisdatamenggunakananalisisdeskriptifdananalisisanalisisvariasiAnakovapadatarafsignifikansi5%(p