Pengembangan perangkat pembelajaran praktikum IPA berbasis masalah menggunakan bahan daur ulang untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis, keterampilan proses sains, dan sikap ilmiah pada mahasiswa Universitas Terbuka berkemampuan akademik berbeda / Setiyo Prajoko

Main Author: Prajoko, Setiyo
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/64657/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSetiyoPrajoko2010.PengembanganPerangkatPembelajaranPraktikumIPABerbasisMasalahMenggunakanBahanDaurUlanguntukMeningkatkanKeterampilanBerpikirKritisKeterampilanProsesSainsDanSikapIlmiahPadaMahasiswaUniversitasTerbukaBerkemampuanAkademikBerbeda.DisertasiProgramStudiPendidikanBiologiPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.Agr.MohamadAminM.Si.(II)Dr.FatchurRohmanM.Si.(III)Dr.MuhanaGipayanaM.Pd.KatakuncipendidikanIPAAbadKe-21praktikumIPAPembelajaranBerbasisMasalahbahandaurulangketerampilanberpikirkritisketerampilanprosessainssikapilmiahkemampuanakademik.Menjalaniabadke-21mahasiswadituntutuntukmemilikiketerampilan-keterampilankhususyangdisebutdenganketerampilanAbadke-21.Keterampilantersebutdibutuhkanagarmahasiswamampuberdayasaingdandapatmengikutiperkembanganzaman.Keterampilan-keterampilantersebutdiantaranyaadalahketerampilanberpikirkritisdanketerampilanprosessains.Selainketerampilanmahasiswajugadituntutuntukmemilikisikapilmiah.PembelajaranIPAabadke-21dituntutbukanhanyamembelajarkanproduk-produksainssajatetapijugauntukmengembangkanketerampilanprosessainsdansikapilmiahsesuaidenganhakikatsains.KegiatanPraktikumIPAmemilikiperanyangpentingsebagaifondasidalampembelajaranIPAabadke-21.PraktikumIPAdiharapkandapatmemfasilitasimahasiswadalammengembangkanketerampilanberpikirkritisketerampilanprosessainsdansikapilmiah.NamunfaktanyakegiatanpraktikumIPAtidakselaluberjalansebagaimanamestinya.SepertipadapembelajaranpraktikumIPAdiSDdiUniversitasTerbukadiSurakarta.SurvaimengungkapkanbahwahasilevaluasiketerampilanberpikirkritisketerampilanprosessainsdansikapilmiahmahasiswaUTbelumoptimal.Halinidisebabkanolehpertamaperangkatpembelajaranyangbelummencerminkanpengembanganketerampilanberpikirkritisketerampilanprosessainsdansikapilmiahmahasiswa.KeduaSaranadanprasaranapraktikumbelumsesuaidengankebutuhanmahasiswa.KetigaPembelajaranbelummemperhatikanlatarbelakangakademikmahasiswayangbervariasi.Dengandemikianperlusolusiuntukmengatasimasalahtersebut.Untukmengembangkanketerampilanberpikirkritiskegiatanpraktikumsajabelumcukup.Olehkarenaitukegiatanpraktikumperludiintegrasikandenganmodelpembelajaranyangdapatmelatihketerampilanberpikirkritis.Salahsatumodelpembelajarantersebutadalahmodelpembelajaranberbasismasalah.Saranadanprasaranapraktikumjugamemilikiperanpentingagarkegiatanpraktikumberjalandenganbaik.Ketiadaansaranadanprasaranakhususnyaperalatandanbahanpraktikumdapatmenyebabkanlumpuhnyakegiatanpraktikum.Penggunaanbahandaurulangmerupakansalahsatualternatifuntukmenggantiperalatandanbahanpraktikum.Kemampuanakademikmahasiswayangbervariasiperludiperhatikandalampembelajaranpraktikum.BerdasarkanlatarbelakangkiranyaperludilakukankegiatanpenelitiandanpengembanganperangkatpembelajaranpraktikumberbasismasalahmenggunakanbahandaurulanguntukmeningkatkanketerampilanberpikirkritisketerampilanprosessainsdansikapilmiahmahasiswaUniversitasTerbukaberkemampuanakademikberbeda.Penelitianinimenggunakanmetodepenelitiandanpengembanganyangdidalamnyaterdapatpenelitianquasyexperiment.PenelitiandanpengembanganbertujuanuntukmenghasilkanprodukberupaperangkatpembelajaranpraktikumIPAberbasismasalahmenggunakanbahandaurulangdanpengaruhnyaterhadapketerampilanberpikirkritisketerampilanprosessainsdansikapilmiahpadamahasiswaberkemampuanakademikberbeda.Penelitianinimenggunakanmodelpengembangan4-D(DefineDesignDevelopdanDisseminate)yangdidalamnyaterdapatpenelitianquasyexperimentyangbertujuanuntuk(1)MenjelaskanpengaruhpenggunaanperangkatpembelajaranpraktikumIPAberbasismasalahyangmenggunakanbahandaurulangterhadapketerampilanberpikirkritis(2)MenjelaskanpengaruhpenggunaanperangkatpembelajaranpraktikumIPAberbasismasalahyangmenggunakanbahandaurulangterhadapketerampilanprosessains(3)MenjelaskanpengaruhpenggunaanperangkatpembelajaranpraktikumIPAberbasismasalahyangmenggunakanbahandaurulangterhadapsikapilmiah(4)Menjelaskanpengaruhtinggirendahnyakemampuanakademikmahasiswaterhadapketerampilanberpikirkritis(5)Menjelaskanpengaruhtinggirendahnyakemampuanakademikmahasiswaterhadapketerampilanprosessains(6)Menjelaskanpengaruhtinggirendahnyakemampuanakademikmahasiswamenggunakanbahandaurulangterhadapsikapilmiah.DatadikumpulkanmenggunakanteskemampuanakademikTesketerampilanberpikirkritistesketerampilanprosessainsdaninventorisikapilmiah.Hasilpenelitiandanpengembanganberupaprodukperangkatpembelajaranyangmemenuhivaliditasisimaupunvaliditaskonstruk.BerdasarkanUjistatistikKruskalWallishasilpenelitianinimenunjukkanbahwa(1)penggunaanperangkatpembelajaranpraktikumIPAberbasismasalahyangmenggunakanbahandaurulangmampumeningkatkanketerampilanberpikirkritis(2)penggunaanperangkatpembelajaranpraktikumIPAberbasismasalahyangmenggunakanbahandaurulangmampumeningkatkanketerampilanprosessains(3)penggunaanperangkatpembelajaranpraktikumIPAberbasismasalahyangmenggunakanbahandaurulangmampumeningkatkansikapilmiah(4)tinggirendahnyakemampuanakademikmahasiswaberpengaruhterhadappeningkatanketerampilanberpikirkritis(5)tinggirendahnyakemampuanakademikmahasiswaberpengaruhterhadappenignkatanketerampilanprosessains(6)tinggirendahnyakemampuanakademikmahasiswaberpengaruhterhadappeningkatansikapilmiah.Berdasarkanhasilpenelitianmakadapatdiberikansaransebagaiberikut(1)Bagidosen/TutordapatmenerapkanmodelpraktikumIPAberbasismasalahmenggunakanbahandaurulangsebagaialternatifmodelpembelajaranuntukmeningkatkanketerampilanberpikirkritisketerampilanprosessainsdansikapilmiah.(2)Mahasiswadapatmengembangkanketerampilanberpikirkritisketerampilanprosessainsdansikapilmiahmelaluipembelajaranpraktikumberbasismasalahmenggunakanbahandaurulang(3)InstitusiUniversitasTerbukaagarmempertimbangkanpenggunaanbahandaurulanguntukpembelajaranpraktikumberbasismasalahdalampenyusunankurikulumkhususnyapadamatakuliahpraktikumIPAdiSD.