Pengembangan model pembelajaran RMS (Reading, Mind Mapping, And Sharing) dan pengaruhnya terhadap penguasaan konsep, keterampilan berpikir kritis, keterampilan metakognitif, serta retensi mahasiswa berkemampuan akademik berbeda / Ahmad Muhlisin
Main Author: | Muhlisin, Ahmad |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/64654/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKAhmadMuhlisin.2016.PengembanganModelPembelajaranRMS(ReadingMindMappingandSharing)danPengaruhnyaterhadapPenguasaanKonsepKeterampilanBerpikirKritisKeterampilanMetakognitifsertaRetensiMahasiswaBerkemampuanAkademikBerbeda.Disertasi.ProgramStudiPendidikanBiologiPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dra.HerawatiSusiloM.Sc.Ph.D.(II)Prof.Dr.Agr.Moh.AminM.Si.(III)Dr.FatchurRohmanM.Si.KatakunciModelPembelajaranRMSPenguasaanKonsepKeterampilanBerpikirKritisKeterampilanMetakognitifRetensiKemampuanAkademik.PenguasaankonsepketerampilanberpikirkritismetakognitifdanretensimahasiswabelumdirencanakandandiberdayakandenganbaikpadaperkuliahanKonsepDasarIPAdiPGSDUniversitasPGRISemarang.Modelpembelajaranyangdigunakanbelummengupayakanmahasiswauntukaktifdalamperkuliahan.Olehkarenaitudiperlukaninovasimodelpembelajaranbaruyangmampumengaktifkanmahasiswadalampembelajaransehinggatujuanpembelajarandanketerampilanberpikirmahasiswadapatditingkatkan.Penelitiandanpengembanganmodelpembelajaranmengacupadalangkahlearningdevelopmentcycle(LDC)yaituscopecreationuserexperiencemetaevaluationdanevaluation.DatayangdiperolehterdiridarilembarvalidasiisimodelkonstruksmodelRPSRPPLKMevaluasidanketerlaksanaansintakspembelajaran.Selainitujugadihasilkandatatespenguasaankonsepketerampilanberpikirkritisketerampilanmetakognitifdanretensi.Implementasimodelpembelajarandikelasdilakukandenganpenelitianquasieksperimen.Rancanganpenelitiandenganmenggunakandesainnonequivalentgroupdesign.PopulasipenelitianadalahsemuamahasiswayangmenempuhmatakuliahKonsepDasarIPA2denganjumlah418mahasiswayangtersebarpada9kelas.Penarikansampeldenganteknikclusterrandomsamplingyangterlebihdahuludiujikesetaraandenganmenggunakandataindeksprestasi(IP)semesterganjildengananalisisvarian(anova).Kelas-kelasyangdijadikansampelpenelitianterlebihdahuludiujikesetaraandenganmenggunakandataindeksprestasi(IP)semesterganjildengananalisisvarian(anova).PenentuankemampuanakademikberdasarkanrentangIPyaituIP8805325kategoriakademikatas(AA)danIP8804290kategoriakademikbawah(AB).Kelasperlakuanyaknikelas2A(kelaskonvensional)denganrincian15AAdan15ABdankelas2Cdenganrincian16AAdan16AB.Teknikanalisisstatistikinferensialparametrikuntukmengujipengaruhpadapenelitianeksperimenmenggunakanujimancovadanujianacova.Hasilpenelitiandanpengembangandiperoleh1)modelpembelajaranRMSyanglayakdalamupayameningkatkanpenguasaankonsepketerampilanberpikirkritisketerampilanmetakognitifdanretensimahasiswaberkemampuanakademikberbedayangditunjukkandengannilairata-ratapenilaian405dengankriteriavalidketerlaksanaanprosespembelajaranyangditunjukkandengannilairata-ratapenilaian485dengankriteriaatas2)KarakteristiklangkahmodelpembelajaranRMSmeliputireading(membacasecarakritisinformasidariberbagaisumberbelajar)mindmapping(membuatmindmapsecaraindividudankelompokkolaboratif)dansharing(kegiatantukarpikiranberdasarkanhasilmindmapkolaboratif).KarakteristikprosespembelajaranpadamodelpembelajaranRMSyaituberlandaskanempatpilarpendidikanyangdirekomendasikanolehUNESCOuntukpembelajaranabad21literasiinformasi(menggalipengetahuandariberbagaiinformasi)menghasilkanprodukmindmapdanmelaporkannyadanmenuntutkegiatanindividudankolaboratif3)TerdapatpengaruhsecarasignifikanpenerapanmodelpembelajaranRMSterhadappenguasaankonsepketerampilanberpikirkritisketerampilanmetakognitifdanretensimahasiswa4)Tidakterdapatpengaruhkemampuanakademikberbedaterhadappenguasaankonsepketerampilanberpikirkritisketerampilanmetakognitifdanretensimahasiswa5)TidakterdapatpengaruhinteraksiantaramodelpembelajaranRMSdankemampuanakademikberbedaterhadappenguasaankonsepketerampilanberpikirkritisketerampilanmetakognitifdanretensimahasiswa.Berdasarkanhasilpenelitianmakamerekomendasikana)menerapkanmodelpembelajaranRMSolehdosenpadamatakuliahKonsepDasarIPAmatakuliahBiologib)menelitilebihlanjutuntukmenerapkannyapadasekolahmenengahatassekolahmenengahpertamadansekolahdasarc)menelitilebihlanjutpengaruhmodelpembelajaranRMSterhadapvariabelselainpenguasaankonsepketerampilanberpikirkritisketerampilanmetakognitifdanretensid)menelitilebihlanjutuntukmatakuliahyanglainselainKonsepDasarIPAdanBiologi.