Pengaruh argument-driven inquiry dengan scaffolding dan kemampuan akademik terhadap keterampilan argumentasi, keterampilan berpikir kritis, dan pemahaman konsep biologi dasar mahasiswa Jurusan Pendidikan MIPA Universitas Lampung / Neni Hasnunidah

Main Author: Hasnunidah, Neni
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/64645/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKHasnunidahNeni.2016.PengaruhArgument-DrivenInquirydenganScaffoldingdanKemampuanAkademikterhadapKeterampilanArgumentasiKeterampilanBerpikirKritisdanPemahamanKonsepBiologiDasarMahasiswaJurusanPMIPAUniversitasLampung.DisertasiProgramStudiPendidikanBiologiPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dra.HerawatiSusiloM.Sc.Ph.D.(II)Prof.Dr.Hj.MimienHenieIrawatiM.S.(III)Dr.HadiSuwonoM.Si.Katakunciargument-DrivenInquiryscaffoldingketerampilanargumentasiketerampilanberpikirkritispemahamankonsep.KualitaspendidikandiIndonesiaperluterusditingkatkandalamrangkamenghadapipersaingandieraglobalisasi.PersiapansumberdayamanusiayangberkualitasdiPerguruanTinggimerupakanfaktorkuncimenujukemajuanmasyarakatataubangsa.Polaperkuliahanadalahsalahsatuaspekpentingyangperluterusdisempurnakan.BerbagaiaktivitasbelajarmasihdidominasiolehdosenpadaperkuliahanBiologiDasardiJurusanPMIPAUniversitasLampungsehinggaketerlibatanaktifmahasiswadalamprosespembelajaranmasihkurang.Kondisiinimenyebabkankurangoptimalnyaperkuliahandalammengembangkanwacanaargumentatifdanmemberdayakanketerampilanberpikirkritismahasiswasehinggapemahamankonsepnyacenderungrendah.DiperlukanperbaikanprosesperkuliahanmelaluimodelpembelajaranArgument-DrivenInquiry(ADI)denganScaffolding.ADIdenganScaffolding(ADIS)adalahmodifikasipenggunaanmodelpembelajaranADIdenganbimbinganargumentasiberjenjangdaritingkatkelaskelompokdanindividuyangdiawalidenganadanyastandpointpadasetiapjenjang.ModelpembelajaranADISmemungkinkanmahasiswamengkonstruksisendiripengetahuannyamelaluiketerlibatanaktifdalamkegiatanpenyelidikanargumentasimenulisdanmereviuyangdilatihkandaritingkatkelaskelompokdanindividu.Dengandemikianmahasiswadapatlebihmemahamimateriperkuliahanmeningkatkanpemikirankritisdanberagumentasisecaraaktif.PenelitianinibertujuanuntukmengkajipengaruhArgument-DrivenInquirydenganScaffoldingdankemampuanakademikterhadapketerampilanargumentasiketerampilanberpikirkritisdanpemahamankonsepBiologiDasarmahasiswaJurusanPMIPAUniversitasLampung.Penelitiankuasieksperimendigunakandenganpretestposttestnonequivalentcontrolgroupdesignpadasemesterganjiltahunakademik2014/2015.Unitperlakuanyangdigunakanadalahfaktorial3x2denganvariabelbebasadalahmodelpembelajaranADIADISdanKonvensional.Sebagaivariabelmoderatoradalahkemampuanakademikyaitukemampuanakademikatasdankemampuanakademikbawah.Sebagaivariabelterikatadalahketerampilanargumentasiketerampilanberpikirkritisdanpemahamankonsep.PopulasipadapenelitianiniadalahseluruhmahasiswayangmenempuhperkuliahanBiologiDasardiJurusanPMIPAUnila.PenentuankelassampelmenggunakanteknikclusterrandomsamplingpadaprogramstudiBiologiKimiaFisikadanMatematika.Setiapmodelpembelajaran(ADIADISdanKonvensional)diwakilioleh2kelas.KeenamkelaseksperimenhomogenberdasarkandatagroupingyangberasaldarinilaiUNdannilaitespenempatan.Pengumpulandatadilakukandenganmenggunakaninstrumen-instrumenberikuttesketerampilanargumentasiketerampilanberpikirkritisdanpemahamankonseplembarobservasiargumentasidantranskripsiperekamanaudio-visuallembarobservasiketerlaksanaansintaksdankuesionertanggapanmahasiswa.DatahasilpretesdanpostesdianalisisdenganujiMANCOVApadatarafsignifikansi5%.UjilanjutmenggunakanujiLSD(LeastSignificansDifference).UjiasumsiuntukMANCOVAadalahujinormalitassebarandatamenggunakanOneSampleKolmogorov-SmirnovTestdanujihomogenitasvariansdatamenggunakanLeveneTestofEqualityofErrorVariances.Analisisregresidilakukanuntukmengujihubungandiantaraketigavariabelterikat.Ujiasumsiuntukanalisisregresiyaituujinormalitasdatamultikolinearitasheteroskedastisitasdanautokorelasi.Temuanpenelitianiniadalah1)modelpembelajaranberpengaruhterhadapketerampilanargumentasiketerampilanberpikirkritisdanpemahamankonsep.ModelADISmemberikanpencapaianketerampilanargumentasiyanglebihtinggi1259%daripadaADIdan1993%daripadaKonvensional.PencapaianketerampilanberpikirkritisdenganmodelADISsamadenganADInamunlebihtinggi835%dan1168%daripadaKonvensional.PencapaianpemahamankonsepdenganmodelADISsamadenganADInamunlebihtinggi1137%dan1394%daripadaKonvensional2)kemampuanakademikberpengaruhterhadapketerampilanargumentasiketerampilanberpikirkritisdanpemahamankonsep.Pencapaianketerampilanberpikirkritisdanpemahamankonsepmahasiswaberkemampuanakademikataslebihtinggi685%dan769%daripadabawah.Namuntidakterdapatperbedaanketerampilanargumentasiantaramahasiswaberkemampuanakademikatasdanbawah3)tidakterdapatpengaruhinteraksimodelpembelajarandengankemampuanakademikterhadapketerampilanargumentasiketerampilanberpikirkritisdanpemahamankonsep4)tidakterdapathubunganantaraketerampilanargumentasidenganberpikirkritismahasiswapadamodelpembelajaranADIADISdanKonvensional5)tidakterdapathubunganantaraketerampilanargumentasidenganpemahamankonsepmahasiswapadamodelpembelajaranADIADISdanKonvensional6)terdapathubunganantaraberpikirkritisdenganpemahamankonsepmahasiswapadamodelpembelajaranADIADISdanKonvensional.ModelpembelajaranArgument-DrivenInquirydenganScaffolding(ADIS)terbuktiefektifdalammeningkatkanketerampilanargumentasikeerampilanberpikirkritisdanpemahamankonsepmahasiswaberkemampuanakademikatasmaupunbawah.Olehkarenaitudirekomendasikankepada1)seluruhsivitasakademikadiPTagarhasilpenelitianinidapatdigunakansebagaibahanreferensibagipengembanganilmupendidikankhususnyaPendidikanBiologitentangmodelpembelajaranyangmampumengembangkanketerampilanargumentasimemberdayakanketerampilanberpikirkritisdanmeningkatkanpemahamankonsepmahasiswa2)dosenpengampumatakuliahBiologiDasaragarlebihmemilihdanmenggunakanmodelpembelajaranADISdalamperkuliahanatausedapatmungkindosenlaindapatmenjadikannyasebagaiacuandalampenyusunanperangkatperkuliahanpadamatakuliahlainnya3)penelitilainnyauntukmelaksanakanpenelitianlanjutandalamrangkapengujianyangdiperluaspadaberbagaibidangilmudanjenjangpendidikan(SDSMPdanSMA)sertamelibatkansubjekpenelitianyanglebihbanyak.DengandemikiandiharapkandapatmenjadibidangpenelitianbaruyangakanmenyempurnakanmodelpembelajaranADISsehinggamenjadilebihhandaldanteruji.