Pengaruh strategi pembelajaran preview, question, read, reflect, recite, review (PQ4R) diintegrasikan dengan peta konsep dan gender terhadap keterampilan metakognitif, berpikir kristis, hasil belajar kognitif biologi, dan retensi siswa SMA di Kota Banjarmasin / Siti Ram

Main Author: Ramdiah, Siti
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/64634/
Daftar Isi:
  • Tujuanpenelitianiniyaituuntuk(1)mengetahuipengaruhstrategipembelajaranPQ4RdiintegrasikandenganpetakonsepterhadapketerampilanmetakognitifberpikirkritisdanhasilbelajarkognitifbiologisertaretensisiswaSMAdikotaBanjarmasin(2)mengetahuipengaruhgenderterhadapketerampilanmetakognitifberpikirkritisdanhasilbelajarkognitifbiologisertaretensisiswakelasXISMAdikotaBanjarmasin(3)mengetahuipengaruhinteraksistrategiPQ4RdiintegrasikandenganpetakonsepdangenderterhadapketerampilanmetakognitifberpikirkritishasilbelajarkognitifbiologidanretensisiswaSMAdikotaBanjarmasin.Rancanganpenelitianinimenggunakanjenispenelitianeksperimensemu(quasieksperiment)denganmodelrancangannonequivalentprates-posttestcontrolgroupdesign.PopulasiadalahsiswaSMANegeridanSwastadikotaBanjarmasindanJumlahtotalsampelpadapenelitianiniyaitu96siswaterdiriatas48siswaputradan48siswaputri.Analisisdatadilakukandenganteknikstatistikdeskriptifdengantujuanmendeskripsikandatadarisetiapvariabelpenelitian.Pengujianhipotesisdilakukandenganteknikanalisiskovariansi(anacova)sertaujilanjutleassignificancedifference(LSD)menggunakanbantuanprogramSPSSversi17forWindows.HasilpenelitianeksperimenmenunjukkanbahwaadapengaruhyangsignifikanstrategipembelajaranPQ4RpetakonsepPQ4RdiintegrasikandenganpetakonsepdankonvensionalterhadapketerampilanmetakognitifberpikirkritisdanhasilbelajarkognitifbiologisertaretensisiswakelasXIIPASMAdikotaBanjarmasin.BerdasarkanhasilanalisisperbedaangendermempengaruhiketerampilanmetakognitifkemampuanberpikirkritishasilbelajarkognitifbiologidanretensisiswakelasXIIPASMAdikotaBanjarmasinsecarasignifikan.HasilanalisismenunjukkanbahwaterdapatinteraksiantarastrategipembelajaranPQ4RpetakonsepPQ4RdiintegrasikandenganpetakonsepkonvensionaldangenderterhadapretensisiswakelasXIIPASMAdikotaBanjarmasinnamuninteraksitersebuttidakterdapatpadavariabelketerampilanmetakognitifberpikirkritisdanhasilbelajarkognitifbiologisiswakelasXIIPASMAdikotaBanjarmasin.