Pengaruh strategi pembelajaran preview, question, read, reflect, recite, review (PQ4R) diintegrasikan dengan peta konsep dan gender terhadap keterampilan metakognitif, berpikir kristis, hasil belajar kognitif biologi, dan retensi siswa SMA di Kota Banjarmasin / Siti Ram
Main Author: | Ramdiah, Siti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/64634/ |
Daftar Isi:
- Tujuanpenelitianiniyaituuntuk(1)mengetahuipengaruhstrategipembelajaranPQ4RdiintegrasikandenganpetakonsepterhadapketerampilanmetakognitifberpikirkritisdanhasilbelajarkognitifbiologisertaretensisiswaSMAdikotaBanjarmasin(2)mengetahuipengaruhgenderterhadapketerampilanmetakognitifberpikirkritisdanhasilbelajarkognitifbiologisertaretensisiswakelasXISMAdikotaBanjarmasin(3)mengetahuipengaruhinteraksistrategiPQ4RdiintegrasikandenganpetakonsepdangenderterhadapketerampilanmetakognitifberpikirkritishasilbelajarkognitifbiologidanretensisiswaSMAdikotaBanjarmasin.Rancanganpenelitianinimenggunakanjenispenelitianeksperimensemu(quasieksperiment)denganmodelrancangannonequivalentprates-posttestcontrolgroupdesign.PopulasiadalahsiswaSMANegeridanSwastadikotaBanjarmasindanJumlahtotalsampelpadapenelitianiniyaitu96siswaterdiriatas48siswaputradan48siswaputri.Analisisdatadilakukandenganteknikstatistikdeskriptifdengantujuanmendeskripsikandatadarisetiapvariabelpenelitian.Pengujianhipotesisdilakukandenganteknikanalisiskovariansi(anacova)sertaujilanjutleassignificancedifference(LSD)menggunakanbantuanprogramSPSSversi17forWindows.HasilpenelitianeksperimenmenunjukkanbahwaadapengaruhyangsignifikanstrategipembelajaranPQ4RpetakonsepPQ4RdiintegrasikandenganpetakonsepdankonvensionalterhadapketerampilanmetakognitifberpikirkritisdanhasilbelajarkognitifbiologisertaretensisiswakelasXIIPASMAdikotaBanjarmasin.BerdasarkanhasilanalisisperbedaangendermempengaruhiketerampilanmetakognitifkemampuanberpikirkritishasilbelajarkognitifbiologidanretensisiswakelasXIIPASMAdikotaBanjarmasinsecarasignifikan.HasilanalisismenunjukkanbahwaterdapatinteraksiantarastrategipembelajaranPQ4RpetakonsepPQ4RdiintegrasikandenganpetakonsepkonvensionaldangenderterhadapretensisiswakelasXIIPASMAdikotaBanjarmasinnamuninteraksitersebuttidakterdapatpadavariabelketerampilanmetakognitifberpikirkritisdanhasilbelajarkognitifbiologisiswakelasXIIPASMAdikotaBanjarmasin.