Pengaruh strategi pembelajaran berpola pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan (PBMP) dengan Thinh Pair Share (TPS) terhadapo sikap sosial, keterampilan berpikir kritis, pemahaman konsep, dan terensi biologi siswa multietnis di SMP Kota Samarinda / Vandalita Maria Magd

Main Author: Rambitan, Vandalita Maria Magdalena
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/64616/
Daftar Isi:
  • KataKunciPBMPTPSmultietnissikapsosialketerampilanberpikirkritispemahamankonsepretensi.KemajemukankotaSamarindasebagaisalahsatudaerahmultietnisdiIndonesiatercermindisekolahdimanasejumlahetnissiswamelakukankegiatanpembelajaran.Penerapanstrategipembelajaranyangtepatdiperlukanuntukmengakomodasikarakteristiksiswadariberbagaietnistersebutsehinggalebihjauhdapatmeningkatkankesadaranmerekauntukselaluberpikirhumanispluralisdandemokratis.PembelajaranIPABiologiseharusnyamenggunakanstrategipembelajarankooperatifyangtepatbagisiswamultietnisantaralainstrategipembelajaranberpolaPBMPTPSPBMPdipaduTPSuntukmemberdayakansikapsosialketerampilanberpikirkritispemahamankonsepdanretensimereka.PenelitianinidilakukandengantujuanuntukmengetahuipengaruhstrategipembelajaranPBMPTPSPBMPdipaduTPSterhadapsikapsosialketerampilanberpikirkritispemahamankonsepdanretensibiologisiswamultietnisdiSMPKotaSamarindatahunpembelajaran2011/2012.Penelitianinimerupakaneksperimensemu(quasiexperiment)denganrancanganpretest-posttestnonequivalentcontrolgroupdesigndenganpolafaktorial4x5.DatayangdiperolehdianalisisstatistikinferensialAnakovadandilanjutkandenganujiLeastSignificantDifference(LSD)padatarafsignifikansi005.HasilanalisisdatamenunjukkanadanyapengaruhstrategipembelajaranterhadapsikapsosialketerampilanberpikirkritispemahamankonsepdanretensibiologisiswamultietnisdiSMPKotaSamarinda.Rata-ratapersentasepeningkatansikapsosialsiswayangpalingtinggipadakelompokstrategipembelajaranTPSsebesar346%sedangkanyangpalingrendahkelompokstrategipembelajaranPBMPdipaduTPSsebesar094%dengandemikiansikapsosialsiswapadastrategipembelajaranTPS274%lebihbaikdibandingkandenganPBMPdipaduTPS.Etnistidakmempengaruhisikapsosialsiswaakantetapipeningkatansikapsosialsiswaterlihatdarihasilrata-ratapretesdanpostes.Rata-ratapersentasepeningkatansikapsosialsiswapadakelompokkombinasistrategipembelajaranTPSetnisBugissebesar576%yangpalingtinggisedangkanyangpalingrendahkelompokkombinasiPBMPdipaduTPSetnisBanjarsebesar056%.DengandemikiansikapsosialsiswapadakelompokkombinasistrategipembelajaranTPSetnisBugis542%lebihbaikdibandingkandenganPBMPdipaduTPSetnisBanjar.Rata-ratapersentasepeningkatanketerampilanberpikirkritisyangpalingtinggipadakelompokstrategipembelajaranPBMPdipaduTPSsebesar19991%sedangkanyangpalingrendahkelompokstrategipembelajaranTPSsebesar10252%.DengandemikianketerampilanberpikirkritissiswapadastrategipembelajaranPBMPdipaduTPSsebesar4449%lebihbaikdibandingkandenganTPS.Etnistidakmempengaruhiketerampilanberpikirkritissiswaakantetapipeningkatanketerampilanberpikirkritissiswaterlihatdarihasilrata-ratapretesdanpostes.KombinasistrategipembelajaranPBMPdipaduTPSetnisBugissebesar24104%merupakanrata-ratapersentasepeningkatanyangpalingtinggisedangkanyangterendahPBMPetnisButonsebesar4507%.DengandemikianketerampilanberpikirkritissiswapadakelompokkombinasistrategipembelajaranPBMPdipaduTPSetnisBugissebesar10694%lebihbaikdibandingkandenganPBMPetnisButon.PemahamankonsepyangtertinggidiperlihatkanolehkelompokkombinasistrategipembelajaranPBMPdipaduTPSdenganrata-ratapersentasepeningkatansebesar55827%sedangkanyangterendahpadakelompokstrategipembelajaranTPSsebesar11933%.DengandemikianpemahamankonsepsiswapadastrategipembelajaranPBMPdipaduTPSsebesar6099%lebihbaikdibandingkandenganTPS.Etnistidakmempengaruhipemahamankonsepsiswaakantetapiterjadipeningkatanpemahamankonsepsiswasepertiterlihatdarirata-ratapretesdanpostes.KelompokkombinasistrategipembelajarandanetnisyangtertinggiterlihatpadakelompokstrategipembelajaranPBMPdipaduTPSetnisButondenganrata-ratapersentasepeningkatansebesar55616%sedangkanterendahkelompokstrategipembelajaranPBMPetnisTorajasebesar5782%.DengandemikianpemahamankonsepsiswapadakelompokkombinasistrategipembelajaranPBMPdipaduTPSetnisButonsebesar12383%lebihbaikdibandingkandenganPBMPetnisToraja.Retensibelajarmenunjukkanterjadinyarata-ratapersentasepenurunanretensipadakelompokstrategipembelajaranPBMPsebesar-1973%sedangkankelompokstrategipembelajaranTPSsebesar-5303%.DengandemikianretensibelajarsiswapadastrategipembelajaranPBMPsebesar5958%lebihbaikdibandingkandenganTPS.Retensibelajarmasing-masingetnistidakmenunjukkanperbedaanyangsignifikanakantetapiterjadipenurunanretensibelajarsiswasepertiterlihatdarihasilrata-ratapretesdanpostes.PenurunanretensipadakelompokkombinasistrategipembelajaranPBMPetnisTorajarata-ratapersentasepenurunansebesar271%sedangkanpadakelompokstrategipembelajaranTPSetnisButonsebesar-5680%.DengandemikianretensibelajarsiswapadakelompokkombinasistrategipembelajaranPBMPetnisToraja12231%lebihbaikdibandingkandenganTPSetnisButon.BerdasarkanhasilpenelitiandanpembahasandisarankanagarpengajarmenerapkanstrategipembelajaranTPSuntukmeningkatkansikapsosialstrategipembelajaranPBMPdipaduTPSuntukmeningkatkanketerampilanberpikirkritisdanpemahamankonsepsertastrategipembelajaranPBMPuntukmeningkatkanretensibelajarsiswamultietnis.DiperlukanpelatihanbagigurudalampenggunaanstrategiinovatifyangsesuaiuntuksiswamultietnisdanmemasukkannyadalamperkuliahandiLPTK.PerludipertimbangkanuntukmemasukkankebijakanmultietnisdalamPerdaKotaSamarinda.PerlunyapenelitianlanjutanuntukmengimplementasikanstrategipembelajaranyangsamapadaetnislainyangberbedadikotaSamarinda.