Pengembangan modul multimedia pengelolaan sampah berwawasan sains, teknologi, dan masyarakat sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku peserta didik / Eni Setyowati

Main Author: Setyowati, Eni
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/64595/
Daftar Isi:
  • PendidikanBiologi.ProgramPascasarjana.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.Hj.MimienHenieIrawatiM.S.(II)Prof.Dr.Dra.UtamiSriHastutiM.Pd.dan(III)Dr.Ir.HarrySoekotjoDachlanM.Sc.KatakuncimodulmultimediapengelolaansampahpengetahuansikapperilakuPenelitiandanpengembanganprodukinibertujuanuntukmenghasilkanprodukpembelajaranberupamodulmultimediapengelolaansampahberwawasanSainsTeknologiMasyarakat(STM)yangterdiridari(1)modultertulisdanmultimediainteraktifyangdisimpandalamcompactdisk(CD).AlasandilakukanpenelitiandanpengembanganprodukiniialahadanyapermasalahanbahanajarmatapelajaranpendidikanlingkunganhidupdiSMAKabupatenTulungagung.Bahanajaryangadamasihmenekankanpadaaspekkognitifsaja.Pengembangberanggapanbahwapemecahanmasalahdenganprodukakanmenjadisalahsatualternatifpemecahanatasketidakberhasilanpembelajaranpengelolaansampahdisekolah.Selainitupengembangjugaberanggapanbahwaperludikembangkanbahanajarberbantuankomputeryangberdasarkanprinsippembelajaranmemudahkanbelajarpesertadidik.MetodepenelitiandanpengembanganinimenggunakansikluspenelitiandanpengembanganBorgGall(1985)yangdimodifikasi.Alasanpemilihanpenelitiandanpengembangan(RD)iniialahkarenaRDialahmetodeyangsesuaidengantujuanpenelitiandanpengembanganinidanRDmemilikibeberapakarakteryangsesuaidalamprosespengembanganprodukbahanajaryangidealdiantaranyaRDdapatmelibatkankolaborasiberkelanjutanantarapraktisidanpenelitisertadapatmenjembatanikesenjanganantarateoridanpraktek.Datadiperolehmelaluiserangkaianujicobayangdibedakanberdasarkanfungsinyamenjadi(1)datadariujivaliditasolehpakardanpraktisilapanganuntukmereviewprodukpengembangandan(2)datadariujicobalapanganskalakecildanskalabesaruntukmengetahuikelayakandankeefektifanprodukpengembangan.Datayangberasaldaripakardigunakanuntukanalisisisiyangdilakukandenganmengelompokkaninformasi-informasiyangberupamasukantanggapandansaranperbaikan.Hasilanalisisinikemudiandigunakansebagaidasaruntukmereviewprodukyangdikembangkan.Datadariujicobalapangandianalisisdenganpatokanacuanpenilaian(PAP)UniversitasNegeriMalangdangainscoreternormalisasiyangdigunakanuntukmenganalisisnilaipretestdanposttest.Berdasarkanhasilujivaliditasdaripakardanpraktisilapangandinilaisangatlayak.Berdasarkanujicobalapanganskalakecildiperolehnilaipretestpengetahuansebesar7640%tergolongtingginilaiposttestpengetahuansebesar9528%tergolongsangattinggi.Nilaipretestsikapsebesar8312%tergolongtingginilaiposttestsikapsebesar9324%tergolongsangattinggi.Nilaipretestmanifestasiperilakusebesar6043%tergolongcukupnilaiposttestmanifestasiperilakusebesar8348%tergolongtinggi.Gainscorepadapengetahuanpesertadidikterhadapmateripengelolaansampahsebesar08tergolongtinggi.Gainscorepadasikappesertadidikterhadapsampahsebesar06tergolongcukup.Gainscoremanifestasiperilakusebesar05tergolongcukup.HasilanalisismenunjukkanbahwabaikpengetahuansikapdanmanifestasiperilakupesertadidikmengalamikenaikansetelahpembelajarandenganmodulmultimediapengelolaansampahberwawasanSTM.Berdasarkanujicobalapanganskalaluasdiperolehnilaipretestpengetahuansebesar8065%tergolongtingginilaiposttestpengetahuansebesar9627%tergolongsangattinggi.Nilaipretestsikapsebesar8123%tergolongtingginilaiposttestsikapsebesar9798%tergolongsangattinggi.Nilaipretestmanifestasiperilakusebesar6882%tergolongcukupnilaiposttestmanifestasiperilakusebesar9489%tergolongtinggi.Gainscorepadapengetahuanpesertadidikterhadapmateripengelolaansampahsebesar080tergolongtinggi.Gainscorepadasikappesertadidikterhadapsampahsebesar086tergolongsangattinggi.Gainscoremanifestasiperilakusebesar084tergolongtinggi.HasilanalisismenunjukkanbahwabaikpengetahuansikapdanmanifestasiperilakupesertadidikmengalamikenaikansetelahpembelajarandenganmodulmultimediapengelolaansampahberwawasanSTM.Berdasarkanpengamatandiketahuibahwasemuatahapkegiatandapatdikerjakandengansangatbaik.Pesertadidikterlihatantusiasdandapatmeningkatkanperangurusebagaifasilitator.InimenunjukkanbahwamodulmultimediapengelolaansampahberwawasanSTMdapatmeningkatkanpengetahuansikapdanperilakupesertadidik.Beberapasaranterkaitdenganhasilpenelitiandanpengembanganantaralain1)bagigurupenerapanmodulmultimediainiakanlebihbaikmanfaatnyajikadilakukanpersiapansecaramatangdangurumenjadilebihkreatifmenampilkanpembelajaranyanginovatiftidakmembosankanbagipesertadidiksertalebihmemudahkanpesertadidikuntukmemahamimateripengelolaansampah2)bagilembagaataudinasterkaitprodukinidapatdigunakansebagaimediaalatatausaranadalamstrategipenyampaianpesanpadaprosespembelajarandariseorangpendidikkepadapesertadidik3)bagipesertadidikprodukiniakanlebihbaikmanfaatnyajikapesertadidiksudahmempelajariterlebihdahulupetunjukpembelajarandansudahtahumengoperasikanmultimediasertamembacasecararuntutdariawalsampaiakhir4)saranterhadapdisemiansiprodukialahagarprodukinidapatdisebarkansecaraluasbaikkepadapesertadidikditingkatSMAataudimasyarakatluasdan5)saranuntukpengembanganlebihlanjutialahdiharapkandapatmenambahtampilanyanglebihbervariasidandapatmengangkattemayanglainsertadapatmenambahkandenganperangkatlunaklainagarproduklebihinovatif.