Pengembangan perangkat pembelajaran IPA biologi SMP berbasis inkuiri terbimbing dipadu kooperatif STAD serta pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi, metakognisi, dan keterampilan proses sains pada siswa berkemampuan akademik atas dan bawah / Baskoro Adi
Main Author: | Prayitno, Baskoro Adi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/64593/ |
Daftar Isi:
- KatakunciInkuiriSTADberpikirmetakognisiketerampilanprosessainsBiologiterdiridariaspekprodukdanproses.PembelajaranBiologidiIndonesiasebagianbesarterbataspadaaspekproduk.Pembelajaranyangterbataspadaaspekprodukmenyebabkanpembelajaranberbasisisi.Keberhasilanpembelajaranberbasisisidiukurdaribanyaknyakonsepyangberhasildihafalkanolehsiswaakibatnyakemampuanberpikirtinggimetakognisidanketerampilanprosessainssiswamemprihatinkan.Permasalahanpentinglainnyaadalahmensejajarkanprestasibelajarsiswaberkemampuanakademikbawah(AB)dengansiswaberkemampuanakademikatas(AA).VygotskymenyatakansiswaAAdanABdapatsejajarprestasibelajarnyajikamemperolehscaffoldingdarigurudantemansebayanya.StrategipembelajaranyangberpotensimenyelesaikanpermasalahantersebutadalahInkuiriterbimbingdanSTAD.Inkuiriterbimbingterbuktimampumelatihkanberpikirtinggimetakognisidanketerampilanprosessains.StrategiSTADterbuktimampumelatihkanberpikirtinggidanmetakognisiselainitukegiatandiskusipadastrategiSTADmampumemfasilitasiprosesscaffoldingmelaluitutorialsebaya.IntegrasisintaksinkuiriterbimbingdanSTADberpotensimampumeningkatkankemampuanberpikirtinggimetakognisidanketerampilanprosessainssertamampumensejajarkanprestasibelajarsiswaAAdanAB.Tujuanpenelitianterdiridaritujuanpenelitianpengembangandaneksperimen.Penelitianpengembanganbertujuanmengembangkanperangkatpembelajaran.Penelitianeksperimenbertujuansebagaiberikut.(1)Mengetahuipengaruhstrategipembelajaranterhadapkemampuanberpikirtinggimetakognisidanketerampilanprosessains.(2)Mengetahuipengaruhkemampuanakademikterhadapberpikirtinggimetakognisidanketerampilanprosessains.(3)Mengetahuipengaruhinteraksistrategipembelajarandengankemampuanakademikterhadapkemampuanberpikirtinggimetakognisidanketerampilanprosessains.TahappengembanganmerujukpadaBorgGallyaitutahapanalisiskebutuhantahappengembangandantahapujicobaproduk.Rancanganeksperimenmenggunakankuasieksperimenpretes-postesnonequivalentcontrolgroupdesign.Variabelbebasadalahstrategipembelajarandankemampuanakademik.Variabelterikatadalahkemampuanberpikirtinggimetakognisidanketerampilanprosessains.PopulasipenelitianadalahseluruhsiswakelasVIISMPNdiSurakarta.Penarikansampelmenggunakanstratifieldrandomsamplinguntukmenetapkan8sampelsekolah.Setiapsampelsekolahdiambil1sampelkelassecaraacak.Sampelpenelitiansebanyak136orangsiswaterdiridarimasing-masing68orangsiswaAAdanAB.Kemampuanberpikirtinggidanketerampilanprosessainsdiukurmenggunakantesesai.KemampuanmetakognisidiukurmenggunakanMAI(metacognitiveawarnessinventory)danrubrikmetakognisi.Instrumenterlebihdahuludiujivaliditasreliabilitastingkatkesukarandandayabeda.Datadiambilsaatpretesdanpostes.AnalisisdatamenggunakananalisisdeskriptifdananakovadilanjutkanujiLSD.Sebelumujianakovadilakukanujiasumsinormalitasdanhomogenitasvarians.UjinormalitasmenggunakanujiKolmogorov-Smirnov.UjihomogenitasmenggunakanujiLevenes.SemuapenghitunganmenggunakanprogramSPSSversi160padatarafsignifikansi005(P005).Hasilpengembanganmenunjukkanperangkatpembelajaranandaldalammeningkatkankemampuanberpikirtinggimetakognisidanketerampilanprosessains.Hasileksperimensebagaiberikut.(1)Strategibelajarberpengaruhterhadapkemampuanberpikirtinggimetakognisiyangdiukurmenggunakanrubrikdanketerampilanprosessains.StrategibelajartidakberpengaruhterhadapkemampuanmetakognisiyangdiukurmenggunakanMAI.(2)TerdapatperbedaankemampuanberpikirtinggimetakognisidanketerampilanprosessainspadakemampuanAAdanAB.(3)Terdapatpengaruhinteraksistrategipembelajarandengankemampuanakademikterhadapkemampuanberpikirtinggidanmetakognisiyangdiukurmenggunakanrubrik.TidakterdapatpengaruhinteraksistrategipembelajarandengankemampuanakademikterhadapkemampuanmetakognisiyangdiukurmenggunakanMAIdanketerampilanprosessains.StrategiinkuiriterbimbingSTADdangabungan(inkuiri-STAD)mampumemberdayakanberpikirtinggimetakognisidanketerampilanprosessains.Strategigabungan(inkuiri-STAD)andaldalammemberdayakankemampuanberpikirtinggi.Strategigabungan(inkuiri-STAD)andaldalammemberdayakankemampuanmetakognisidanketerampilanprosessainssetaradenganstrategiinkuiriterbimbing.InteraksistrategipembelajarandengankemampuanakademikmenunjukkanstrategiSTADdangabungan(inkuiri-STAD)mampumensejajarkankemampuanberpikirtinggimetakognisidanketerampilanprosessainspadasiswaAAdanAB.StrategiinkuiriterbimbingdankonvensionalkurangmampumensejajarkankemampuanberpikirtinggimetakognisidanketerampilanprosessainspadasiswaAAdanAB.Persentasepergeseranrata-rataskorberpikirtinggimetakognisidanketerampilanprosessainsdaripreteskepostespadastrategiinkuiriterbimbingSTADdangabungan(inkuiri-STAD)menunjukkansiswaABmemilikinilailebihtinggidibandingkansiswaAA.Gurudisarankanmenerapkanstrategigabungan(inkuiri-STAD)untukmelatihkankemampuanberpikirtinggimetakognisidanketerampilanprosessains.Pembentukankelasdengankemampuanakademikhomogenperludipertimbangkankarenamenyebabkantidakefektifnyaprosesscaffolding.PembelajaranberbasiskompetisimenyebabkankesenjanganprestasibelajarsiswaAAdanABperludipertimbangkanpenggunaanpembelajaranberbasiskooperatifbaikditerapkansecaramandiriataudigabungdenganstrategilaindalampembelajaranbiologi.