Pengaruh jenis asesmen biologi dalam pembelajaran kooperatif TPS (Think Pair Hsare) terhadap kemampuan kognitif, berpikir kritis, berpikir kreatif, dan kesadaran metakognitif siswa SMA di kota Malang / Yuni Pantiwati
Main Author: | Pantiwati, Yuni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/64588/ |
Daftar Isi:
- KataKunciAsesmenAutentikPembelajaranKooperatifTPS(ThinkPairShare)KemampuanKognitifBepikirKritisBerpikirKreatifKesadaranMetakognitif.AsesmenmatapelajaranBiologidiSMAKotaMalangpadaumumnyamasihmenggunakanpaperandpenciltest.Carapenilaiantersebuttidakdapatmenilaisecaraberkesinambungandantidakmencakupseluruhaspekpadadiripesertadidikbaikaspekkognitifafektifmaupunpsikomotor.Paperandpenciltesthanyamembuatanakpandaimenghafaltetapitidakterampilberpikirolehkarenaitudiperlukanasesmenyangbaikdanbermakna.Asesmenautentikadalahsalahsatualternatifsolusidalammenilaiperkembanganbelajarsiswasecaralebihkomprehensifobjektiflebihmenekankanpadapengembanganasesmenyanglebihakuratdandapatmencerminkansertamengukurapayangdinilai.Tujuanpenelitianiniadalah1)mengidentifikasisistempenilaianyangdilakukangurudalamprosesbelajarmengajaruntukmengukurpencapaiankompetensidasarmatapelajaranBiologipadasiswadiSMAKotaMalang2)menemukanperbedaankemampuankognitifberpikirkritisberpikirkreatifdankesadaranmetakognitifsiswayangpenilaiannyamenggunakanasesmenautentikdenganasesmenkonvensionalpadasekolahdengankategoritinggidankategorirendahdalampembelajarankooperatifTPS.Penelitianiniterdiridariduajenispenelitianyaitusurvaidaneksperimen.Tahappertamasurvaidi11sekolahSMAKotaMalanguntukmendapatkangambaransistempenilaianmatapelajaranBiologiyangdigunakanolehgurudansekolah.Tahapkeduaeksperimendenganrancanganfaktorial2x2desaineksperimensemu(QuasiExperimentalDesigns).SampelpenelitianadalahsiswakelasXI.1dankelasXI.2SMANIKotaMalangsiswakelasXISMAMuhammadiyahKotaMalangdansiswakelasXISMAWahidHasyimKotaMalang.TeknikanlisisdatadilakukansecaradeskriptifdananlisisstatistikANACOVAyangdilanjutkanujilanjutdenganujibedamenggunakanLeastSignificantDifferent(LSD).Hasilpenelitianmenunjukkanhal-halberikut1)SistempenilaianyangdilakukangurudalamprosesbelajarmengajaruntukmengukurpencapaiankompetensidasarmatapelajaranBiologipadasiswadiSMAKotaMalangpadaumumnyamasihsecaratradisionaldenganlebihmengutamakanpaperandpenciltestterutamadisekolahdengankategoritinggisedangpadasekolahkategorirendahdanmenengahsudahmenggunakansistempenilaianyangbervariasitetapiasesmenbelumdigunakandenganbenar2)AdaperbedaankemampuankognitifantarasiswayangpenilaiannyamenggunakanasesmenautentikdenganasesmenkonvensionaldalampembelajarankooperatifTPS.Penggunaanasesmenautentikberpengaruhlebihtinggidanberbedasignifikanterhadapkemampuankognitifdibandingdenganpenggunaanasesmenkonvensional.AdaperbedaankemampuankognitifantarasiswayangbelajarpadasekolahkategoritinggidenganpadasekolahkategorirendahdalampembelajarankooperatifTPS.Pembelajaranpadasekolahkategoritinggiberpengaruhlebihtinggidanberbedasignifikanterhadapkemampuankognitifdibandingdenganpembelajaranpadasekolahkategorirendah.SecarainteraksitidakadainteraksiantarajenisasesmendengankategorisekolahdalampembelajarankooperatifTPSyangmenyebabkanperbedaankemampuankognitif3)AdaperbedaankemampuanberpikirkritisantarasiswayangpenilaiannyamenggunakanasesmenautentikdenganasesmenkonvensionaldalampembelajarankooperatifTPS.Penggunaanasesmenautentikberpengaruhlebihtinggidanberbedasignifikanterhadapkemampuanberpikirkritisdibandingdenganpenggunaanasesmenkonvensional.AdaperbedaankemampuanberpikirkritisantarasiswayangbelajarpadasekolahkategoritinggidenganpadasekolahkategorirendahdalampembelajarankooperatifTPS.Pembelajaranpadasekolahkategoritinggiberpengaruhlebihtinggidanberbedasignifikanterhadapkemampuanberpikirkritisdibandingdenganpembelajaranpadasekolahkategorirendah.SecarainteraksitidakadainteraksiantarajenisasesmendengankategorisekolahdalampembelajarankooperatifTPSyangmenyebabkanperbedaankemampuanberpikirkritis4)AdaperbedaankemampuankreatifantarasiswayangpenilaiannyamenggunakanasesmenautentikdenganasesmenkonvensionaldalampembelajarankooperatifTPS.PenggunaanasesmenautentikberpengaruhlebihtinggidanberbedasignifikanterhadapkemampuanberpikirkreatifdibandingdenganpenggunaanasesmenkonvensionalAdaperbedaankemampuanberpikirkreatifantarasiswayangbelajarpadasekolahkategoritinggidenganpadasekolahkategorirendahdalampembelajarankooperatifTPS.PembelajaranpadasekolahkategoritinggiberpengaruhlebihtinggidanberbedasignifikanterhadapkemampuanberpikirkreatifdibandingdenganpembelajaranpadasekolahkategorirendahSecarainteraksiadainteraksiyangsignifikanantarajenisasesmendengankategorisekolahdalampembelajarankooperatifTPSyangmenyebabkanperbedaankemampuanberpikirkreatif5)TidakadaperbedaankesadaranmetakognitifantarasiswayangpenilaiannyamenggunakanasesmenautentikdenganasesmenkonvensionaldalampembelajarankooperatifTPS.TidakadaperbedaankesadaranmetakognitifantarasiswayangbelajarpadasekolahkategoritinggidenganpadasekolahkategorirendahdalampembelajarankooperatifTPS.SecarainteraksiadainteraksiyangsignifikanantarajenisasesmendengankategorisekolahdalampembelajarankooperatifTPSyangmenyebabkanperbedaankesadaranmetakognitif6)Asesmenautentiksebagaistrategipembelajaranyangefektifdalammeningkatkanhasilbelajarterbuktikelompokdengankemampuanakademikrendahyangmenggunakanasesmenautentikmemilikikemampuankognitifberpikirkritisdanberpikirkreatifsamadengankelompokyangkemampuanakademiknyatinggiyangmenggunakanasesmenkonvensional7)guruharusmerubahsistempenilaiandarikonvensionaldengandominasipaperandpenciltestmenujuparadigmabarudenganmenggunakanasesmenautentikdalamstrategipembelajarandisekolah.