Pengaruh jenis asesmen biologi dalam pembelajaran kooperatif TPS (Think Pair Hsare) terhadap kemampuan kognitif, berpikir kritis, berpikir kreatif, dan kesadaran metakognitif siswa SMA di kota Malang / Yuni Pantiwati

Main Author: Pantiwati, Yuni
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/64588/
Daftar Isi:
  • KataKunciAsesmenAutentikPembelajaranKooperatifTPS(ThinkPairShare)KemampuanKognitifBepikirKritisBerpikirKreatifKesadaranMetakognitif.AsesmenmatapelajaranBiologidiSMAKotaMalangpadaumumnyamasihmenggunakanpaperandpenciltest.Carapenilaiantersebuttidakdapatmenilaisecaraberkesinambungandantidakmencakupseluruhaspekpadadiripesertadidikbaikaspekkognitifafektifmaupunpsikomotor.Paperandpenciltesthanyamembuatanakpandaimenghafaltetapitidakterampilberpikirolehkarenaitudiperlukanasesmenyangbaikdanbermakna.Asesmenautentikadalahsalahsatualternatifsolusidalammenilaiperkembanganbelajarsiswasecaralebihkomprehensifobjektiflebihmenekankanpadapengembanganasesmenyanglebihakuratdandapatmencerminkansertamengukurapayangdinilai.Tujuanpenelitianiniadalah1)mengidentifikasisistempenilaianyangdilakukangurudalamprosesbelajarmengajaruntukmengukurpencapaiankompetensidasarmatapelajaranBiologipadasiswadiSMAKotaMalang2)menemukanperbedaankemampuankognitifberpikirkritisberpikirkreatifdankesadaranmetakognitifsiswayangpenilaiannyamenggunakanasesmenautentikdenganasesmenkonvensionalpadasekolahdengankategoritinggidankategorirendahdalampembelajarankooperatifTPS.Penelitianiniterdiridariduajenispenelitianyaitusurvaidaneksperimen.Tahappertamasurvaidi11sekolahSMAKotaMalanguntukmendapatkangambaransistempenilaianmatapelajaranBiologiyangdigunakanolehgurudansekolah.Tahapkeduaeksperimendenganrancanganfaktorial2x2desaineksperimensemu(QuasiExperimentalDesigns).SampelpenelitianadalahsiswakelasXI.1dankelasXI.2SMANIKotaMalangsiswakelasXISMAMuhammadiyahKotaMalangdansiswakelasXISMAWahidHasyimKotaMalang.TeknikanlisisdatadilakukansecaradeskriptifdananlisisstatistikANACOVAyangdilanjutkanujilanjutdenganujibedamenggunakanLeastSignificantDifferent(LSD).Hasilpenelitianmenunjukkanhal-halberikut1)SistempenilaianyangdilakukangurudalamprosesbelajarmengajaruntukmengukurpencapaiankompetensidasarmatapelajaranBiologipadasiswadiSMAKotaMalangpadaumumnyamasihsecaratradisionaldenganlebihmengutamakanpaperandpenciltestterutamadisekolahdengankategoritinggisedangpadasekolahkategorirendahdanmenengahsudahmenggunakansistempenilaianyangbervariasitetapiasesmenbelumdigunakandenganbenar2)AdaperbedaankemampuankognitifantarasiswayangpenilaiannyamenggunakanasesmenautentikdenganasesmenkonvensionaldalampembelajarankooperatifTPS.Penggunaanasesmenautentikberpengaruhlebihtinggidanberbedasignifikanterhadapkemampuankognitifdibandingdenganpenggunaanasesmenkonvensional.AdaperbedaankemampuankognitifantarasiswayangbelajarpadasekolahkategoritinggidenganpadasekolahkategorirendahdalampembelajarankooperatifTPS.Pembelajaranpadasekolahkategoritinggiberpengaruhlebihtinggidanberbedasignifikanterhadapkemampuankognitifdibandingdenganpembelajaranpadasekolahkategorirendah.SecarainteraksitidakadainteraksiantarajenisasesmendengankategorisekolahdalampembelajarankooperatifTPSyangmenyebabkanperbedaankemampuankognitif3)AdaperbedaankemampuanberpikirkritisantarasiswayangpenilaiannyamenggunakanasesmenautentikdenganasesmenkonvensionaldalampembelajarankooperatifTPS.Penggunaanasesmenautentikberpengaruhlebihtinggidanberbedasignifikanterhadapkemampuanberpikirkritisdibandingdenganpenggunaanasesmenkonvensional.AdaperbedaankemampuanberpikirkritisantarasiswayangbelajarpadasekolahkategoritinggidenganpadasekolahkategorirendahdalampembelajarankooperatifTPS.Pembelajaranpadasekolahkategoritinggiberpengaruhlebihtinggidanberbedasignifikanterhadapkemampuanberpikirkritisdibandingdenganpembelajaranpadasekolahkategorirendah.SecarainteraksitidakadainteraksiantarajenisasesmendengankategorisekolahdalampembelajarankooperatifTPSyangmenyebabkanperbedaankemampuanberpikirkritis4)AdaperbedaankemampuankreatifantarasiswayangpenilaiannyamenggunakanasesmenautentikdenganasesmenkonvensionaldalampembelajarankooperatifTPS.PenggunaanasesmenautentikberpengaruhlebihtinggidanberbedasignifikanterhadapkemampuanberpikirkreatifdibandingdenganpenggunaanasesmenkonvensionalAdaperbedaankemampuanberpikirkreatifantarasiswayangbelajarpadasekolahkategoritinggidenganpadasekolahkategorirendahdalampembelajarankooperatifTPS.PembelajaranpadasekolahkategoritinggiberpengaruhlebihtinggidanberbedasignifikanterhadapkemampuanberpikirkreatifdibandingdenganpembelajaranpadasekolahkategorirendahSecarainteraksiadainteraksiyangsignifikanantarajenisasesmendengankategorisekolahdalampembelajarankooperatifTPSyangmenyebabkanperbedaankemampuanberpikirkreatif5)TidakadaperbedaankesadaranmetakognitifantarasiswayangpenilaiannyamenggunakanasesmenautentikdenganasesmenkonvensionaldalampembelajarankooperatifTPS.TidakadaperbedaankesadaranmetakognitifantarasiswayangbelajarpadasekolahkategoritinggidenganpadasekolahkategorirendahdalampembelajarankooperatifTPS.SecarainteraksiadainteraksiyangsignifikanantarajenisasesmendengankategorisekolahdalampembelajarankooperatifTPSyangmenyebabkanperbedaankesadaranmetakognitif6)Asesmenautentiksebagaistrategipembelajaranyangefektifdalammeningkatkanhasilbelajarterbuktikelompokdengankemampuanakademikrendahyangmenggunakanasesmenautentikmemilikikemampuankognitifberpikirkritisdanberpikirkreatifsamadengankelompokyangkemampuanakademiknyatinggiyangmenggunakanasesmenkonvensional7)guruharusmerubahsistempenilaiandarikonvensionaldengandominasipaperandpenciltestmenujuparadigmabarudenganmenggunakanasesmenautentikdalamstrategipembelajarandisekolah.