Pengaruh penerapan perangkat pembelajaran deteksi kualitas air sungai dengan indikator biologi berbasis proyek terhadap hasil belajar siswa SMA di Kota Malang / Susriyati Mahanal

Main Author: Mahanal, Susriyati
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Online Access: http://repository.um.ac.id/64584/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKMahanalSusriyati.2009.PengaruhPenerapanPerangkatPembelajaranDeteksiKualitasSungaidenganIndikatorBiologiBerbasisProyekterhadapHasilBelajarSiswaSMAdiMalang.Disertasi.ProgramStudiPendidikanBiologiProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.A.D.CorebimaM.Pd(II)Prof.Drs.SutimanBambangSumitroS.U.D.Sc.(III)Dr.HediSutomoS.U.KataKuncideteksikualitassungaiindikatorbiologipembelajaranberbasisproyekhasilbelajarKemajuanteknologidanpertumbuhanpendudukmenyebabkankualitassungaicenderungterus-menerusturun.Idealnyapenanggulanganmenurunnyakualitassungaidilakukanmelaluiteknologiregulasidanpendidikansecarasimultan.Penanggulanganmelaluibidangpendidikanperludilakukandenganstrategiyangdapatmeningkatkansikapsiswaterhadaplingkunganhiduppenguasaankonsepdankemampuanberpikirkritissepertipembelajaranberbasisproyek.Penelitianinimenerapkanperangkatpembelajarandeteksikualitassungaidenganindikatorbiologiberbasisproyekuntukmelihatpengaruhnyaterhadaphasilbelajarsiswayangberkemampuanakademiktinggidanrendah.Penelitianinidilakukandalamduatahapyaitupenelitianpengembanganperangkatpembelajarandeteksikualitassungaidenganindikatorbiologidanpenelitianeksperimen.Pengembanganperangkatpembelajaranmengacupadamodelpengembangan4-D(definedesigndevelopdisseminate)dariThiagarajan(1974).Perangkatpembelajaranyangtelahdikembangkandiimplementasikanmelaluipenelitianeksperimendenganrancanganpenelitianeksperimensemu(quasi)Non-equivalentControlGroupDesignversifactorial2x2.PopulasipenelitianadalahsemuasiswakelasXSMAKotaMalangyangtergabungdalamjarring-jaringkomunikasipemantaukualitasair(JPKA)sebanyak14SMAbaiknegerimaupunswasta.Sampelpenelitianditetapkandenganteknikpurposivesamplesebanyak267siswa(8kelas)yaitusiswaSMAN2SMAN9SMAShalahuddindanSMALaboratoriumUniversitasNegeriMalang.Hasilpenelitianmenunjukkanhal-halberikut.1)PenerapanpembelajarandeteksikualitassungaidenganindikatorbiologiberbasisproyekberpengaruhterhadapkemampuanberpikirkritissiswaSMAdiKotaMalang.2)PenerapanpembelajarandeteksikualitassungaidenganindikatorbiologiberbasisproyekberpengaruhterhadappenguasaankonsepsiswaSMAdiKotaMalang.3)PenerapanpembelajarandeteksikualitassungaidenganindikatorbiologiberbasisproyekberpengaruhterhadapsikappadaekosistemsungaisiswaSMAdiKotaMalang.4)TingkatkemampuanakademikberpengaruhterhadapkemampuanberpikirkritissiswaSMAdiKotaMalang.5)TingkatkemampuanakademikberpengaruhterhadappenguasaankonsepsiswaSMAdiKotaMalang.6)TingkatkemampuanakademiktidakberpengaruhterhadapsikappadaekosistemsungaisiswaSMAdiKotaMalang.7)InteraksiantarapenerapanpembelajarandeteksikualitassungaidenganindikatorbiologiberbasisproyekdengankemampuanakademiktidakberpengaruhterhadapkemampuanberpikirkritissiswaSMAdiKotaMalang.8)InteraksiantarapenerapanpembelajarandeteksikualitassungaidenganindikatorbiologiberbasisproyekdengankemampuanakademiktidakberpengaruhterhadappenguasaankonsepsiswaSMAdiKotaMalang.9)InteraksiantarapenerapanpembelajarandeteksikualitassungaidenganindikatorbiologiberbasisproyekdengankemampuanakademiktidakberpengaruhterhadapsikappadaekosistemsungaisiswaSMAdiKotaMalang.Hasilpenelitianmengindikasikanbahwapembelajaranberbasisproyekmerupakanstrategiyangefektifuntukmemberdayakanhasilbelajarsiswa(penguasaankonsepkemampuanberpikirkritisdansikapsiswaterhadapekosistemsungai)sehinggamempersempitkesenjanganhasilbelajarpadakelompoksiswadengankemampuanakademikyangberbeda.Sesuaihasilpenelitianpembelajaranberbasisproyekdirekomendasikanuntukditerapkanolehgurubiologi.