Pengaruh model implementasi lesson study dalam kegiatan MGMP terhadap peningkatan kompetensi guru dan hasil belajar biologi siswa / Ibrohim

Main Author: Ibrohim
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/64578/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKIbrohim2009.PengaruhModelImplementasiLessonStudydalamKegiatanMGMPterhadapPeningkatanKompetensiGurudanHasilBelajarBiologiSiswa.DisertasiProgramStudiPendidikanBiologiProgramPascaSarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dra.HerawatiSusiloM.Sc.Ph.D.(II)Prof.Dr.A.DuranCorebimaM.Pddan(III)Dr.HediSutomoS.U.KataKuncipengaruhmodelimplementasilessonstudykompetensigurubiologimotivasiguruminatsikapdanmotivasibelajarsiswadanhasilbelajarbiologisiswa.PenelitiantentangpengaruhimplementasilessonstudydalamkegiatanMGMPyangdipadudenganPTKatauportofolioterhadappeningkatankompetensigurudanhasilbelajarbiologisiswaSMPdilatarbelakangioleh(1)Adanyaberbagaiupayauntukmeningkatkankemampuangurudankualitaspendidikanyangsejauhinicenderungmasihrendah(2)Adanyaberbagaipelatihangurudalamjabatan(In-ServiceTeacherTraining/INSET)diIndonesiayangdirasakanbelumsecarasignifikanmeningkatkankemampuangurudankualitaspendidikan(3)AdanyaimplementasilessonstudymelaluiProgramSISTTEMSdiKabupatenPasuruandalamrangkameningkatkankualitaspendidikanmatematikadanIPAyangperluditelitidampaknyasecarajelasdan(4)Perlunyamenemukanmodelimplementasilessonstudyyangpalingefektifuntukmeningkatkankemampuangurudankualitaspembelajaran.BerkaitandenganhaltersebuttelahdilakukantigamodelimplementasilessonstudyditigaMGMPwilayahdiKabupatenPasuruanyakni(1)implementasilessonstudytanpadipadudengankegiatanlain(2)implementasilessonstudyyangdipadudenganpenyusunanportofoliohasillessonstudyolehgurudan(3)implemetasilessonstudyyangdipadudenganPTK(PenelitianTindakanKelas)secarakolaboratifsetelahpelaksanaanlessonstudydiMGMP.Berkaitandenganlatarbelakangtersebutdirumuskanmasalahutamapenelitianyakni(1)BagaimanapolapelaksanaandankeefektifankegiatanMGMPSainsdiKabupatenPasuruan(2)AdakahperbedaanpengaruhmodelimplementasilessonstudyterhadappeningkatankompetensigurubiologiSMPmotivasiberprestasipersepsidansikapguruterhadapMGMPminatsikapmotivasidanhasilbelajarbiologisiswaSMPdiKabupatenPasuruanSecaragarisbesartujuanpenelitianiniadalah(1)MendeskripsikanpolapelaksanaandankeefektifankegiatanMGMPSainsdiSMPKabupatenPasuruansebelumimplementasilessonstudy(2)MengungkapkanadatidaknyaperbedaanpengaruhmodelimplementasilessonstudyterhadappeningkatankompetensigurubiologiSMPmotivasiberprestasipersepsidansikapguruterhadapMGMPsertaminatsikapmotivasidanhasilbelajarbiologisiswaSMPKabupatenPasuruan.Penelitiandilakukandalamduabentukyakni(1)penelitianpendahuluanyangbersifatdeskriptif-eksploratifuntukmendeskripsikanpolapelaksanaandankeefektifankegiatanMGMPsainssebelumimplementasilessonstudydan(2)penelitianeksperimensemuuntukmengujipengaruhmodelimplementasilessonstudyterhadapkompetensigurudanhasilbelajarsiswa.DatatentangaspekkompetensimotivasipersepsidansikapguruterhadapMGMPsertaminatsikapmotivasidanhasilbelajarsiswadiambilpadaawaldanakhirperlakuanyakniimplementasimodellessonstudy.PenelitiandimulaiBulanOktober2006sampaiApril2008.TigamacamperlakuanyangdiberikankepadaguruadalahimplementasilessonstudydiMGMPSains-Biologi(WilayahBeji)lessonstudydipadudenganportofolioguru(WilayahNguling)danlessonstudydipadudenganPTK(WilayahPurwosari).SementarakelompokgurulainsebagaikontrolatauyangtidakdiimplementasilessonstudydiambildiSMPKotaPasuruan.Darihasilpenelitianditemukanbahwapadadasarnyakegiatan-kegiatanyangdilakukanMGMPsainsdiKabupatenPasuruantelahsesuaidengantujuanperandanfungsiMGMPnamunpolapelaksanaannyabelumkonsistendanbelumefektifuntukmeningkatkankeprofesionalanguru.Modelimplementasilessonstudyberpengaruhsangatsignifikanterhadappemahamanteknikedukatifguru(p0001)kemampuanmengajarguru(p0009)persepsidansikapguru(p0002)hasilbelajarbiologisiswa(p0010)namuntidakmemberikanpengaruhyangsignifikanterhadappenguasaankonsepbiologiguru(p0058)motivasiberprestasiguru(p0505)sertaminatsikapdanmotivasibelajarbiologisiswaSMP(p0498).ModelimplementasilessonstudyyangsecarakonsistenmemberikanpengaruhpalingbesarterhadappeningkatanpenguasaankonsepbiologipemahamanteknikedukatifkemampuanmengajargurubiologipersepsidansikapguruterhadapMGMPdanhasilbelajarsiswaadalahlessonstudyyangdipadudenganportofolio.Kesimpulandaripenelitianadalah(1)Kegiatan-kegiatanyangdilakukandalamMGMPSainsdiKabupatenPasuruansebelumimplementasilessonstudytelahsesuaidengantujuandanfungsiMGMPnamunpolapelaksanaanbelumkonsistendankeefektifannyadalammeningkatkankemampuanmasihrendah.2)ModelimplementasilessonstudydalamkegiatanMGMPSains-biologiSMPdiKabupatenPasuruanberpengaruhsangatsignifikanterhadappeningkatanpemahamanteknikedukatifgurukemampuanmengajarpersepsidansikapguruterhadapMGMPsertapeningkatanhasilbelajarbiologisiswanamuntidakberpengaruhsecarasignifikanterhadappeningkatanpenguasaankonsepbiologigurumotivasiberprestasigurusertaminatsikapdanmotivasibelajarsiswa.BerdasarkanhasilpenelitiandapatdirekomendasikanagardalamupayameningkatkankemampuanguruberbasisMGMPmemilihmodelimplementasilessonstudyyangdipadudenganportofolio.Penyusunanportofoliosetelahmelaksanakanlessonstudydapatmeningkatkankemampuanmerefleksimengembangkanmetakognisidanmendoronggurubelajarsecaramandiriuntukmemecahkanmasalahnya.