Pengembangan perangkat pembelajaran biologi yang mengimplementasikan PBL dan strategi metakognitif serta efektivitasnya terhadap kemampuan metakognitif, pemecahan masalah, dan penguasaan konsep biologi siswa SMA di Sleman-Yogyakarta / Paidi
Main Author: | Paidi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/64569/ |
Daftar Isi:
- RendahnyakualitashasilbelajarbiologidikalangansiswaSMAmasihmenjadisorotanpublikyangpedasbagikomunitassekolahkhususnyadanduniapendidikanpadaumumnya.BeberapaindikatorklasikkualitashasilbelajariniantaralainadalahprestasiliterasidibidangIPApadaskalanasionalregionaldaninternational.Indikatorlainadalahrendahnyakemampuanberpikirsiswadansulitnyakebanyakansiswauntukmemahamipersoalanbiologikontekstualyangmemerlukanpemahamanpikiranreflektifkritissertaanalitis.SelainkemampuanpenguasaankonsepkemampuanmetakognitifdanpemecahanmasalahyangbanyakmemberdayakanberpikirreflektifkritisdananalitisdirasaperludimilikisiswaterutamasiswaSMA.Problem-BasedLearning(PBL)danstrategimetakognitifconceptmappingdipandangpotensialefektifuntukmeningkatkankemampuanmetakognitifpemecahanmasalahsertapenguasaankonsep.NamunhasilpenelitianpendahuluanmenunjukkanbahwauntukwilayahKabupatenSleman-DIYpemberdayaanberpikirmelaluiPBLdanconceptmappingtersebutbelumdikembangkanakibatbelumadanyacontohdanperangkatyangrelevan.OlehkarenanyapenyiapanpengadaandanataupengembanganperangkatpembelajaranPBLdanstrategibelajarmetakognitifbagisiswaSMAinimelaluilangkahpenelitianperludilakukan.Langkahpene-litianinidianggapperluagardiperolehperangkatpembelajaraninovatifyangbenar-benarterujikehandalandanefektivitasnyabagipeningkatankemampuanmetakognitifpemecahanmasalahdanpenguasaankonsepbiologi.Penelitiandisertasiinidilakukanuntukmemberikanjawabanempiriktantangantersebut.Jawabaniniakandirumuskanberdasarkan2penelitianyangberangkaiialahpenelitianpengembangandanpenelitianeksperimental.Penelitianpengembangandilakukanuntukmenghasilkanperangkatpembelajaranyanghandaldanpotensial.Sementarapenelitianeksperimentaldilakukanuntukmengujiefektivitasperangkatpembelajaranyangdikembangkaniniterhadaphasilbelajar(kemampuanmetakognitifpemecahanmasalahdanpenguasaankonsepbiologi)bagiparasiswaSMAdiSleman-DIY.PerangkatpembelajaranyangdikembangkanbaikuntukPBLmaupunPBLdengankomplemenstrategimetakognitif(PBLSM)terdiridarisilabusRPPLKSdaninstrumenpenilaian.PenelitianeksperimentaldilakukanuntukKelas-Xdi2SMANdiwilayahKabupatenSleman.UntuktiapSMANdigunakan3kelasmasing-masinguntukKelasPBL(A1)KelasPBLSM(A2)danKontrol(A3).Selainfaktorpengimplementasianperangkatpembelajarandalampenelitianeksperimentaljugadilihatpengaruhfaktorpotensiakademiksiswa(PA)yanguntukmasing-masingkelasdibedakanmenjadiPAlevelatas(B1)sedang(B2)danbawah(B3).Penelitianeksperimentalkuasiinidirancangdenganrancanganfaktorial3X3.Datayangdiperolehdianalisissecaradeskriptifdaninferensial.Analisisinferensialanakovafaktorial3X3dilakukanuntukmengetahuipengaruh2faktorinteraksi2faktorsertakemampuanawalterhadaphasilbelajar.Analisisinferensialanovafaktorial3X3dilakukanuntukmengetahuipengaruh2faktordaninteraksinyaterhadapvariabelantara.Analisiskorelasidilakukanuntukmengetahuihubunganantaravariabelantaradenganhasilbelajardaninterkorelasiantarkomponenhasilbelajar(kemampuanmetakognitifpemecahanmasalahdanpenguasaankonsepbiologi).HasilpenelitianmenunjukkanbahwaperangkatuntukPBLdanPBLSMyangtelahdikembangkanpotensialataureliabeluntukdiimplementasikangunapeningkatanhasilbelajar(kemampuanmetakognitifpemecahanmasalahdanpenguasaankonsepbiologi)padasiswaSMAdiSleman-DIY.Pengimplementasianperangkatpembelajaranberpengaruhterhadaphasilbelajar(kemampuanmetakognitifpemecahanmasalahdanpenguasaankonsepbiologi).Pengimplementasianperangkatpembelajaranjugaberpengaruhterhadapmotivasibelajardankemampuanbekerjasamasebagaivariabelantara.PerangkatpembelajaranPBLSMterbuktilebihefektifuntukmeningkatkanhasilbelajarmotivasidankemampuanbekerjasamadibandingkandenganperangkatpembelajaranPBL.Potensiakademikhanyaberpengaruhterhadapkemampuanbekerjasamanamuntidakberpengaruhterhadapmotivasiataupunhasilbelajar.Adakorelasipositifantaravariabelantaradenganhasilbelajar.Adainterkorelasiyangpositifantarkomponenhasilbelajar(kemampuanmetakognitifpemecahanmasalahdanpenguasaankonsepbiologi).HasilanalisisdeskriptifmenunjukkanbahwaperangkatpembelajaranuntukPBLdengankomplemenstrategimetakognitif(conceptmapping)cenderunglebihefektifdibandingkandenganperangkatpembelajaranuntukPBLdalammeningkatkankemampuankognitifuntukjenjangC3C4danC5.PBLyangdikembangkanpadakelompokA2danA1lebihefektifdalammeningkatkanpenguasaanmetakognitifsiswauntukaspekdeclarativeknowledgeconditionalknowledgeinformationmanagementstrategiesdandebuggingstrategies.Adabeberapasaranbaikyangterkaitdenganpengembanganmaupunpengimplementasianperangkatpembelajarantersebut.Saranyangterkaitdenganpengembanganperangkatpembelajaranadalahperlunyaditemukanindikatorpengimplementasianperangkatpembelajarandandisusunintrumenpengukur-annyasehinggamenghasilkandataberskalaukurintervalataurasio.Saranyangterkaitpengimplementasianperangkatpembelajaranadalah1)perlunyapengimplementasianperangkatpembelajaranPBLdanatauPBLSMinipadasekolahataulokasiyangmempunyaiatautersediafasilitasuntukmelakukaneksperimenobservasiataubentukkegiataninvestigasimenggunakanobjeklangsung/asli2)perlunyapengimplementasianperangkatpembelajaranPBLdanatauPBLSMinipadasekolahataulokasiyangmempunyaiataulebihtersediafasilitasuntukmeng-aksesinternet3)perlunyadilakukanpembatasanatauseleksimateripembelajarangunamemberikanwaktuyanglebihlonggarbagikegiatanconceptmapping(terkaitdenganperangkatpembelajaranPBLSM).