Proses berpikir mahasiswa dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan abstraksi reflektif / Patma Sopamena

Main Author: Sopamena, Patma
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/64526/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPatmaSopamena2016.ProsesBerpikirMahasiswadalamMenyelesaikanMasalahMatematikaBerdasarkanAbstraksiReflektif.DisertasiProgramStudiPendidikanMatematikaProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.PromotorProf.Dr.TotoNusantaraM.Si.Ko-PromotorIDr.EdyBambangIrawanM.Pd.Ko-PromotorIIDr.SisworoM.Si.KataKunciProsesBerpikirMenyelesaikanMasalahdanAbstraksiReflektifAbstraksireflektifmenurutPiagetterdiridariempatjenisproseskonstruksiyaituinteriorisasi(I)koordinasi(K)enkapsulasi(E)dangeneralisasi(G).Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanprosesberpikirmahasiswadalammenyelesaikanmasalahmatematikaberdasarkanabstraksireflektif.Deskripsiprosesberpikirmahasiswadirincikansebagaiberikut1)mendeskripsikanjalurberpikirmahasiswadalammenyelesaikanmasalahberdasarkanproseskonstruksiabstraksireflektif.2)mendeskripsikankarakteristikjalurberpikirmahasiswadalammenyelesaikanmasalahmatematikaberdasarkanproseskonstruksiabstraksireflektif.Penelitianinitergolongpenelitianeksploratifdenganpendekatandeskriptifkualitatif.Subjekpenelitiansebanyak14orangmahasiswadariIAINAmbondanUniversitasPattimuraAmbon.Databerupahasilkerjatugaspenyelesaianmasalahlimitfungsidilengkapidengantranskripthinkalouddanwawancara.KombinasidatatersebutselanjutnyadiolahdandisusunmenjadidiagramstrukturberpikiryangdianalisisberdasarkanpadakerangkakonstruksiabstraksireflektifPiaget.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaadaduajalurberpikiryangdapatdilaluiolehsubjekketikamenyelesaikanmasalahmatematikaberdasarkankonstruksiabstraksireflektif.Duajalurtesebutadalaha)melaluijalurberpikirTipe1yaitulintasanberpikirtertutupsederhanayangdimulaidariprosesIKEGKEGdengansubstrukturkognitifyangtidaklengkapsehinggaterjadiperpindahanlintasanberpikirpadakonstruksiabstraksireflektifb)melaluijalurberpikirTipe2yaitulintasanberpikirtertutuptidaksederhanayangdimulaidariprosesIKEGIKEIdengansubstrukturkognitifyangtidaklengkapsehinggaterjadiperpindahanlintasanberpikirpadakonstruksiabstraksireflektif.Perpindahanjalurberpikirpadaproseskonstruksiabstraksireflektifterjadikarena1)tidaksempurnanyapembentukansubstrukturberpikirpadakonstruksikoordinasidanenkapsulasidalammenggeneralisasipenyelesaiandan2)adanyakegiatanmelakukanrefleksisehinggamunculkesadaranmembenahiprosespenyelesaianyangsalah.Karakteristikjalurberpikirmahasiswadalammenyelesaikanmasalahmatematikaberdasarkanproseskonstruksiabstraksireflektifdapatdijelaskansebagaiberikut1)tidaksempurnanyapembentukansubstrukturberpikirpadakonstruksikoordinasidanenkapsulasidalammenggeneralisasipenyelesaianterjadikarenaadanyaketidaksempurnaanpembentukansubstrukturberpikirpadaproseskonstruksikoordinasidanenkapsulasiyangmerupakanawalterjadinyaperpindahanlintasanberpikirdarikonstruksidan2)adanyakegiatanmelakukanrefleksisehinggamunculkesadaranmembenahiprosespenyelesaianyangsalah.Kegiatanmelakukanrefleksisehinggamunculkesadaranmembenahiprosespenyelesaianyangsalahterjadikarenaprosespenyelesaianmasalahyangspontan(sekedarmenebak)yangtidakdidasarkanpadaproseskoordinasidanenkapsulasiantarabeberapaproseskonstruksidarikomponen-komponenstrukuturkognitifyangsebenarnyasudahlengkap.Dorongankuatuntukmelakukanrefleksimunculkarenarasaragu(curiga)padapenyelesaianmasalahyangdibuattanpaadanyakoordinasiantarabeberapaproseskonstruksidarikomponanyangada.Ketidakmampuanmengoordinasikankomponenyangadadalamstrukturkognitifmendorongsubjekmengakomodasikanprosesberpikirnya.Kegiatanmelakukanrefleksisehinggamunculkesadaranmembenahiprosespenyelesaianyangsalahdengancaramengakomodasikanskemaberpikirmengenaiproseskonstruksipenyelesaianmasalah.Maknayangdiperolehkemudiandicocokkandengankomponenyangadadalamstrukturkognitifyangdimilikiuntukmenentukankebenaranjawabandariprosespenyelesaianmasalah.