Pengembangan model pembelajaran matematika melalui pemecahan masalah untuk mengembangkan penalaran matematis siswa / Maimunah
Main Author: | Maimunah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/64513/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKMaimunah2016.PengembanganModelPembelajaranMatematikamelaluiPemecahanMasalahuntukMengembangkanPenalaranMatematisSiswaDisertasi.ProgramStudiPendidikanMatematikaPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Drs.PurwantoPh.D.(II)Prof.Dr.CholisSadijahM.PdM.A.(III)Dr.SisworoM.Si.KataKuncimodelpembelajaranmatematikapenalaranmatematispemecahanmasalahPenalaranmerupakansalahsatutujuanpembelajaranmatematika.Kenyataanmenunjukkanbahwapenalaranmatematissiswabelummaksimalsehinggapenulisperlumelakukanpenelitianpengembangan.Produkyangdikehendakidalampenelitianiniadalahsebuahmodelpembelajaranmatermatikamemaluipemecahanmasalahuntukmengembangkanpenelaranmatematissiswa.TahapanpengembanganyangdilakukanmengikutitahapanpengembanganPlomp.Komponen-komponenmodelyangdirancangmerujukpadakomponenmodeldariJoiceWeilCalhoun.KualitasprodukyangdikembangkanmenurutNieveen.ProdukyangdikembangkanadalahbukumodelRPPdanLKS.Penilaianpengembanganprodukyaitukevalidandaritigavalidatorkepraktisandankeefektifandarihasilujicobalapangandenganduaorangpengamat.UntukujicobalapangandilakukansebanyakduakaliolehseorangguruyangmengajardiduakelasX.Ujicoba1menunjukkankriteriakepraktisantelahterpenuhitetapibelummaksimaldankriteriakeefektifanbelumterpenuhi.AkibatnyapenelitimerevisiprodukdenganmerevisiRPPdanLKS.Padaujicoba2kriteriakepraktisandankeefektifantelahterpenuhi.Kriteriakepraktisantersebutadalah(1)pembelajarandimulaidengankegiatanawalkegiataninti(memuatfasepenyajianmasalahinvestigasipresentasihasildanevaluasihasil)dankegiatanakhirsebagianbesarterlaksana(2)siswamenunjukkankeaktifandalambelajarbaiksecaraindividuberdiskusimenyelesaikanmasalahsecarakelompokmempresentasikanhasilkerjasertamenyimpulkanmateripelajarandan(3)responsiswaterhadapsituasipembelajaranLKSdanpengalamanbelajarmenyenangkan.Kriteriakeefektifanjugaberkembangyaitupenalaranmatematissiswamenjadilebihbaiksecaraklasikal.Halituditunjukkandengankemampuansiswadalammengajukandugaanmelakukanmanipulasimatematismemberialasandanmenarikkesimpulan.Rekomendasipenelitianiniantaralain(1)penerapanmodelPMPMolehgurumatematikadalamrangkamengembangkanpenalaranmatematissiswaadalahguruharussabardalammemberikanarahandansecarabertahapmenjawabpertanyaansiswadalammenyelesaikanmasalah(2)dalampenelitianinipenelititidakmengembangkaninstrumenkomponensistemsosialdanprinsipreaksisecarakhusus.Bagipeminatyanginginmelakukanpenelitianpengembanganberkenaandenganmodelinimakadapatmengembangkaninstrumenuntukkomponensistemsosialdanprinsipreaksisehinggamendapatkangambaranyanglebihrinciuntukkeduakomponentersebut.