Senior High School Teachers' Assessment on Students' Writing Skill / Hartono

Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/64493/
Daftar Isi:
  • KeywordsassessmentwritingassessmentwritinginstructionPenilaianketrampilanmenulisberperanpentingdalamprosesbelajar-mengajarkarenahasilpenilaian(1)menginformasikankepadagurumaupunsiswatentangseberapabanyakmateriyangtidakataubelumdikuasaisiswa(2)membantugurumembuatkeputusantentangtujuanpembelajaran(3)mengidentifikasikekuatandankelemahansiswauntukmerencanakankegiatanremedialdan(4)mengetahuiapakahsiswamemilikikemampuanyangcukupuntukmenyelesaikanujian.Disampingitutanpapenilaiansulituntuk(1)mengidentifikasikebutuhanbelajarindividumaupunkelompoksiswa(2)mereviewketepatantujuanmaupunisikurikulum(3)mengidentifikasisiswayangberkebutuhankhusus(4)mengevaluasikualitaspembelajaran.Disampingitupenelitianawaltentangpenilaianketrampilanmenulismenunjukkanbahwapenilaianketrampilanmenulissiswadisekolah-sekolahmenengahumum(SMU)diKotaMalangberbeda-beda.OlehkerenaitupenelitianinidimaksudkanuntukmendeskripsikandanmenjelaskanbagaimanaguruSMUmenilaiketrampilanmenulissiswa.Penelitianinibersifatdeskriptifdankualitatif.Datatersebutdikumpulkanmelalui(1)wawancaramendalamdenganguruSMUyangterpilihuntukmemperolehpemahamanyangmendalamtentangpenilaianmenulismereka(2)observasikelasuntukmelengkapidanmemverifikasidatayangdiperolehdariwawancaradan(3)analisisdokumendarisilabusrencanapelaksanaanpembelajaran(RPP)danberbagaijenispenilaianyangdilakukangurudalamketrampilanmenulissiswa.DatakemudiandianalisisdenganmenggunakanproseduranalisisMilesdanHubermanyangmelibatkantigatahap(1)reduksidatayangdilakukandenganmenyeleksimenyederhanakanmeringkasmemilahdan/ataumengelompokkantema(2)analisisdanklasifikasidatadenganmenggunakankategori-kategoriyangdidasarkanpadafokusmasalahdan(3)kesimpulanyangdirumuskansecaraberkelanjutansepanjangprosespenelitian.HasilanalisisdatamenunjukkanbahwapertamacaraguruSMUmendifinisikanketrampilanmenulissiswayangperludinilaiberpijakpadapemahamanmerekaterhadapkonsep(construct)tentangapayangdipahamisebagaitulisanyangbaik.Tulisanyangbaik(1)adalahtulisanyangpadaumumnyamengekspresikangagasansiswadalamdiskurustulispendeksecaraterorganisirdenganmenggunakanbahasayangbaik(2)tidakhanyaberkaitandengantulisanyangbenartettapijugadenganapayangdiharapkanolehpembacanya(3)mencakupjenistulisanyangberbeda-beda(4)memilikiberagambentuk.Secaralebihspesifiktulisanyangbaik(1)memilikitujuanyangjelas(2)memilikigagasanyangjelasdanmendukunggagasantersebutdenganinformasispesifik(3)berisigagasanyangmenarikpentingdanterorganisirdenganbaik(4)menggunakankalimat-kalimatyangjelasringkasdanbenar(5)mencerminkanorganisasigagasanyanglogisdanefektifdan(6)mengikutikonvensiyangbenardankomunikatif.KeduaguruSMUmenggunakanberbagaimetode/teknikpenilaianketrampilanmenulissiswasepertipenilaian(ketrampilan)menulislangsungpenilaian(ketrampilan)menulistak-langsungpenilaianmenulissemi-terpandupenilaianberdasarportofoliodanpenilaiansehari-hari.Agardapatmenggunakanmetode/teknikpenilaianyangtepatmerekaterlebihdahulumenentukanapakahsemuakomponenperludinilaiatauapakahbeberapakomponenkurangpentingdantidakperludinilai.Ketikamenerapkanmetodepenilaianlangsungmerekamenggunakanteknikpenskoranholisticdananalitik.Disampingmenggunakanteknikpenskoranholisitikdananalitikmerekamenggunakancarapenilaianlainyaitumemberikanumpanbalikkepadasiswaagarmerekadapatbelajardanmelakukanperbaikanpadatulisanmereka.TerakhirguruSMUmengkaitkankegiatanpenilaianmerekadenganprosesbelajarmengajardalambeberapacara.Pertamamerekasecaraberkelanjutanmelakukanpenilaiankebutuhansiswadanpembelajaranuntukmemenuhikebutuansiswatersebut.Dalamhalinimerekamelaksanakanpenilaianuntukpembelajarangunamengumpulkaninformasitentangkelebihandankekurangansiswaagardapatmemberikanumpanbalikdandukunganuntukmembantupembelajaran.Caralainnyaterlihatketikamerekamenerapkankriteriauntukketrampilanmenulissiswa.Merekamenggunkankriteriapenskoransebagaialatpengajaranyangbermanfaatyangtidakhanyauntukmembantusiswamemahamiketrampilanmenulissecaraobyektiftetapijugasebagaibagiandariprosesbelajarmengajar.AkhirnyaguruSMUmemanfaatkanprotofolioketrampilanmenulissiswasebagaibagaiandaripengajaranmenulisuntukmenunjukkanperkembangankemampuanmenulissiswaprosesmenulissiswadanhasiltulisansiswasertauntukmenghimpuntulisan-tulisansiswayangpenting.Hasilnyasiswamenjadisadarbahwamerekadiharapkanuntukmemenuhikriteriatertentudalamsemuatugasmenulismereka.Ringkasnyapenilaianketrampilanmenulismerupakanfaktorpenggerakpentingpadaapadanbagaimanasiswabelajarkarenabilamanapenilaianketrampilanmenulisdipadukandenganprosesbelajarmengajarsiswacenderunglebihmampumencapaihasilbelajaryangdiharapkandandiperkayaolehpengalamanbelajarmereka.BerdasarkanhasilpenelitianguruSMUdisarankanuntukmemberikesempatankepadasiswauntukmelakukanberbagaimacampenilianmenulis.Keduaguruperlumenilaiberbagaiketrampilanmenulissiswadanmemberitugasmenulisdenganpanjang-pendektulisanyangberbeda-bedakarenasatutugassajatidakmenggambarkankemampuansecarautuh.Ketigaguruperlumelibatkansiswadalampenilaianketrampilanmenulismereka.Keempatguruperlumemberiumpanbalikuntukmengetahuiapakahsiswasudahataubelummampumenulisdenganbaik.Kelimaguruperlumemanfaatkanhasilpenilaianuntukberbagaitujuanyangtepatdidalammaupundiluarkelasmisalnyamemberibantuankepadasiswamemberinilaimengevaluasiprogrampembelajaran.