The effect of direct vs indirect corrective feedback on EFL writing at different proficiency levels / Suhartawan Budianto
Main Author: | Budianto, Suhartawan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/64440/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKBudiantoSuhartawan.2017.PengaruhUmpanBalikLangsungVstidakLangsungpadaMenulisdenganMenggunakanBahasaInggrissebagaiBahasaAsingpadaTingkatKemahiranyangBerbeda.DisertasiPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.AliSaukahM.A.Ph.D.(II)Prof.Dr.NurMukminatienM.Pd.(III)Prof.AdnanLatiefM.A.Ph.D.KataKunciUmpanbaliktertulisumpanbaliklangsungumpanbaliktidaklangsungmenulisdalambahasaInggristingkatkompetensi/kefasihanNilaipositifdariumpanbalikdalambentuktertulistelahmembuatbanyakpenelititertarikuntukmelakukanpenelitian.Studitentangumpanbaliktelahbanyakdilakukansejakmuncultahun1980andanmenjadiisuyangkontroversialsampaidengansaatiniapakahumpanbaliktersebutmemberikankontribusipositifataunegatifbagipebelajarbahasaInggrisyangmenjadikanbahasaInggrissebagaibahasakeduaataubahasaasing.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhumpanbaliklangsung(directcorrectivefeedback)danumpanbaliktidaklangsung(indirectcorrectivefeedback)padakemampuanmenulisbahasaInggrissebagaibahasaasing(EFL)ditingkatperguruantinggi.umpanbaliklangsungdanumpanbaliktidaklangsungdiberikanpadaaspekmenulissepertiisiorganisasikosa-katatatabahasadanpenulisantandabacasecarasimultan.Penelitianinidilakukanselama14minggu(melibatkan63mahasiswasarjanastrata1jurusanpendidikanbahasaInggrisUniversitasPGRIAdiBuanaSurabayaIndonesia).Sampeltersebutditentukandarihasilpretestsebelumdengankategori35berkemampuantinggidan28mahasiswaberkemampuanrendahpadapenguasaanbahasaInggris.Proficiencylevel/tingkatkemampuanpebelajardigunakanuntukmengujiapakahUmpanBalikyangdiberikanefektifuntukproficiencyleveltertentu(efektifuntuksemuatingkatkompetensiberbahasapebelajar)Penelitianeksperimendenganfactorialdesigndigunakanuntukmengujipengaruhumpanbaliklangsung(directcorrectivefeedback/DCF)danumpanbaliktidaklangsung(indirectcorrectivefeedback/ICF)padakemampuanmenulisbahasabahasaInggrissebagaibahasaasing(EFL)ditingkatperguruantinggi.DuakelompokmahasiswakelompokDCF(n35)dankelompokICF(n28)menulisessayyangkemudiandiberikanumpanbalikyangberbeda.KelompokDCFmenerimaumpanbalikdengancaraditunjukkankesalahandandibetulkannyasementarakelompokICFmenerimaumpanbalikdengancaramenunjukankesalahannyatanpadibetulkankesalahannya.DenganmenggunakanMannWhitneyTestdidapatkanpengaruhyangsiknifikanantaraumpanbaliklangsungdanumpanbaliktidaklangsung.Hasilstatistikpadaimmediatetask1menunjukkannilaip(0.0044)yangberartikurangdari.05sehinggabisadisimpulkanbahwaadaperbedaansiknifikanantaraDCFdanICFdengannilaitengahDCF(80.50)yanglebihtinggidariICF(72.00).Sementarituhasilstatisticdidapatpadaimmediatetask1menunjukkannilaip(0.0086)yangberartikurangdari.05sehinggadapatdisimpulkanbahwaadaperbedaansiknifikanantaraDCFdanICFdengannilaitengahDCF(80.50)yanglebihtinggidariICF(72.00).HasiltersebutmemberikaninformasibahwamahasiswayangdiberiDCFmampumenulisdenganlebihbaikdaripadamerekayangdiberiICF.Untukmengujiapakahadainteraksiumpanbaliklangsung(DCF)danumpanbaliktidaklangsung(ICF)berdasarkantingkatkemampuanberbahasa(levelofproficiency)makaujistatistikatwo-wayANOVAdigunakan.Hasilstatistikpadaimmediatetask1menunjukkantidakadainteraksiantaraDCFdanICFberdasarkantingkatkemampuanberbahasadengannilaip(0.0044)yangberartikurangdari.05danF(159).118p.73.Sementaraituhasilstatistikpadaimmediatetask2menunjukkantidakadainteraksiantaraDCFdanICFberdasarkantingkatkemampuanberbahasanilaip(0.0044)yangberartikurangdari.05danF(159).004p.94.DengankatalainhasiltersebutmembuktikanbahwapenggunaanDCFdanICFtidakdipengaruhiolehtingkatkemampuanberbahasapebelajar.Dapatdisimpulkanbahwaumpanbaliklangsungdanumpanbaliktidaklangsungmemberikandampakyangsignifikanpadakeduakelompokkemampuanmahasiswadalammenulisessaytanpadipengaruhiolehtingkatkemampuanberbahasa.Umpanbaliklangsunglebihbaikdaripadaumpanbaliktidaklangsungtanpamemandangtingkatkemampuanberbahasa.BisadikatakanbahwaDCFmemberikanpengaruhyanglebihkuatdaripadaICFbaikbagimahasiswayangberkemampuantinggimaupunmerekayangberkemampuanrendah.BerdasarkantemuanpenelitianiniparapengajarketerampilanmenulisberbahasaInggrisdisarankanuntukmenggunakanDCF.PenelitianberikutnyadiharapkanuntukmenelitikemampuanjangkapanjangdaripenggunaanDCFterhadapmahasiswayangberkemampuantinggimaupunyangrendah.