Ideal teacher of English as perceived by students of Senior High School and University level / Nur Salam
Main Author: | Salam, Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/64425/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSalamNur(2015)IdealTeachersofEnglishasPerceivedbyStudentsofSeniorHighSchoolandUniversityDisertasiProgramPendidikanBahasaInggrisUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.H.AliSaukahMAPh.D(2)Dr.SriRachmajantiM.PdDIPLTESL.(3)Drs.FachrurrazyM.A.Ph.D.KatakuncigurubahasaInggrisidealpersepsi(maha)siswasiswaSMAmahasiswadanatributgurubahasaInggrisStudiinimemaparkanatributprofesionalkepribadiansosialkepemimpin-andaninteraksidalamkelasdaripengajarbahasaInggrisyangdiharapkanolehsiswaSMAdanmahasiswa.Denganmengetahuiatribut-atributinipengajarbaha-saInggrisdiharapkanakandapatmeningkatkanpengetahuanbahasaInggrisdanketrampilanmengajarbahasamerancangkegiatanbelajarmengajarmenyiapkanbahanajarmengetrapkanmetodemengajaryangsesuaimemotivasi(maha)siswauntuklebihseriusdalambelajarmengelolakelasmembangunhubunganyangbaikdengan(maha)siswamemberimasukanpadapekerjaan(maha)siswadanakhirnyamembantumerekauntukmeningkatkanprestasibelajarmereka.DalampenelitianinilimasetpertanyaandisampaikankepadainformanyangmempunyaiprestasiakademiktinggisedangdanrendahuntukmenemukanlimaatributpengajarbahasaInggrisyangmerekadambakandimasing-masingkategori.PenelitianinidilaksanakanditigaSMAdantigauniversitasyangberbeda.PemilihantigaSMAinitidaksajadidasarkanpadajurusanyangdimilikinyatetapijugajumlahsiswanya.Sedangkanuntukpemilihanuniversitasdidasarkanpadapredikatakreditasiinstitusinyajumlahfakultasdanjumlahmahasiswayangdimilikinya.KemudianinformannyadiseleksidarisiswadisemuajurusanyangadaditigaSMAtersebutdanmahasiswaditigauniversitas.Dalamhalinipene-litimemintabantuanparaKepalaSekolahmasing-masingSMAdanKetuaJurus-anBahasaInggrisdimasing-masinguniversitasuntukmemilih(maha)siswadilembagamerekayangbersungguh-sungguhdalammempelajaribahasaInggris.Selainituinformanharustermasukdarisalahsatukelompok(maha)siswayangmemilikiprestasiakademistinggisedangdanrendah.DengandemikianpenelitibisamemperolehinformandarilevelpendidikandandarilevelkemampuanbahasaInggrisnyayangberbeda.HasilpenelitianinimenunjukkanPertamaberdasarkantingkatpendidikaninformansemuasiswaSMAdanmahasiswasepakatbahwasemuapengajarbaha-saInggrisseharusnyamengikutipelatihanprofesionaltetapimerekamempunyaialasanyangberbeda.Selanjutnyapenemuandiatasbenar-benarsamadenganpenemuanyangdilihatberdasarkantingkatketrampilanberbahasaInggris(maha)-siswa.KeduaketikaatributkepribadianpengajarbahasaInggrisdilihatdariting-katpendidikanpesertadidiksemuasiswaSMAdanmahasiswamengharapkanpengajarbahasaInggrisyangberkualitasdankomunikatif.Sedangkanatributba-nyakakalsangatdiinginkanolehsiswaSMA.Ketikaatributtadidilihatdariting-katketrampilanbahasaInggrisnyasemuasiswaSMAdanmahasiswayangmem-punyaiprestasiakademiktinggisedangdanrendahberharapuntukmemilikipeng-ajarbahasaInggrisyangbenar-benarberkualitas.Namundemikianpenga-jarbahasaInggrisyangsiapmotivatordanhumorismasing-masingsecaraberu-rutandiharapkanoleh(maha)siswayangberprestasiakademiktinggisedangdanrendah.KetigaketikaatributsocialpengajarbahasaInggrisdilihatdaritingkatpen-didikan(maha)siswasemuamahasiswadansiswaSMAmendambakanpengajarbahasaInggrisyangdekatdenganmerekadanmengertikepribadianmereka.Se-dangkanketikaatributsocialitudilihatdaritingkatketrampilanbahasaInggris(maha)siswasemua(maha)siswayangmempunyaiprestasiakademiktinggimen-dambakangurubahasaInggrisyangadil.Sedangkan(maha)siswayangberpres-tasiakademiksedangmengharapkanpengajarbahasaInggrisyangkooperatifdan(maha)siswayangprestasiakademiknyarendahlebihmengharapkangurubahasaInggrisyangperhatian.KeempatsehubungandenganatributkepemimpinanpengajarbahasaIng-grissemua(maha)siswamempunyaipersepsipositifkepadapengajarbahasaIng-grisyangmampumemenejkelasnyamembawa(maha)siswakelingkunganbela-jaryanglebihbaikmengatasitabiat(maha)siswayangkurangbaik.SedangkanpengajarbahasaInggrisyangmampumembantu(maha)siswauntukmengertitu-gasutamanyasebagai(maha)siswadanmemberikesempatankepadamerekabe-kerjasecaramandiri.Dan(maha)siswayangprestasiakademisnyasedangmem-punyaipersepsipositifkepadapengajarbahasaInggrisyangmampumenolakun-tukmengajarkanbahanajaryangtidaksesuaidenganbudayabangsa.Selainitu(maha)siswayangberprestasiakademiktinggilebihmenyukaipengajarbahasaInggrisyangberaniambilresikodalamkeputusannya.Kelimasehubungandenganatributinteraksikelasyangdilihatdaritingkatpendidikan(maha)siswasemua(maha)siswamenginginkanpengajarbahasaIng-grisyangselalumenggunakanbahasaInggrisyangbaikdanbenarselalumemo-tivasi(maha)siswauntukselaluberkomunikasidalambahasaInggrisdanyangselalumemberikritikkepadaperformaakademisnyadanyangmaumemberimasukanapabilaadayangkurangpadapekerjaannyamampumenarikperha-tian(maha)siswapadapelajarannyadenganmenggunakanalatperagayangbermacam-macam.Yangmenakjubkanketikapersepsi(maha)siswatadidisban-dingkanberdasarkanpadatingkatkretrampilanbahasaInggrisnyaternyatatidakadaperbedaanantarapersepsi(maha)siswayangberprestasiakademiktinggisedangmaupunrendah.Walaupunmerekamempunyapilihanyangsamatetapimempunyaialasanyangberbeda.Akhirnyauntukmencapaikeberhasilan(maha)siswadalammempelajariBahasaInggrisstudiinimenyarankanpengajarBahasaInggrisuntukmengikutipelatihanprofisionaldandalamprosesbelajarmengajarmerekaperlumempertim-bangkantingkatpendidikan(maha)siswadantingkatketrampilanbahasaInggris-nya.Kemudianinstitusipenyelenggarapenddikangurumenyiapkandosen-dosenyangberkualitaskurikulumdanfasilitaspendidikansertamengadakanberbagaimacampelatihanbahasaInggris.OlehkarenaituPemerintahIndonesiadalamhaliniKemenristekdiktiuntukselalumemonitordanmengevaluasiPerguruanTinggiyangmenyelenggarakanProdiPendidikanBahasaInggris.