Professional development of exemplary EFL teachers / Nana Priajana
Main Author: | Priajana, Nana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/64416/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPriajanaNana.2015.PengembanganProfesionalGuruBahasaInggrisTeladan.DissertasiProgramPascasarjanaPendidikanBahasaInggrisUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.M.AdnanLatiefM.A.Ph.D.(II)Prof.UtamiWidiatiM.A.Ph.D.(III)Prof.Dr.GunadiH.SulistyoM.A.Katakuncipengembanganprofesionalgurubahasainggristeladankompetensipedagogikprofesional(bidangstudi)kompetensi.Pengembanganprofesionalgurudilingkunganpendidikandipercayabisamenjadisaranauntukmeningkatkankualitaspendidikanyangefektifuntukmenghadapiberbagaiperubahanyangterus-menerus.Olehkarenaituguruyangberkualitassangatberperanpentingdalampeningkatankualitaspendidikan.Salahsatucarauntukmecentakguruyangberkualitastinggiadalahmelaluipengembanganprofesionalberkelanjutanyangefektif.PenelitianinibertujuanuntukmengeksplorasibagaimanagurubahasaInggristeladanmengembangkanprofesionalismemerekaterutamadalamhalkompetensipedagogikdanprofesional(bidangstudi).SelainmengetahuibagaimanagurubahasaInggristeladanmelakukanupayadalammeningkatkankompetensinyainijugapentinguntukmengungkapkendaladanharapanmerekaketikamelakukankegiatanpemgembagansebagaitanggungjawabnyasebagaiprofesionalyangdiamanatkandalamundang-undangdanperaturan.PenelitianinimenggunakandesainkualitatifdenganmelibatkantujuhgurubahasainggristeladanyangmengajarditingkatSMPdanSMUdariduawilayahkotaCirebondanKabupatenCirebonJawaBarat.Dalampenelitianinikehadiranpenelitisangatpentingkarenapenelitiberperansebagaiinstrumenutama.UntukmendapatkandatayangberkaitandengankegiatanpengembanganprofesionalgurubahasaInggristeladanpenelitimenggunakanwawancaramendalammeliputiwawancaraandpercakapaninformal.Selainituuntukmemperkuatpengumpulandatastudidokumendigunakanuntukmengkonfirmasidatayangdiperolehdariwawancara.Datalainnyajugadikumpulkandarisumber-sumberlainseperticatatanpenelititemansejawatpengawasmatapelajaranobservasikelasdaninformanlainyangrelevandanmemilikiotoritasmengenaipenelitianini.Dalammenganalisisdatapenelitimenggunakanprosescodingsebagailangkahutamadalammenciptakanbeberapaproposisiutamayangdiambildaritranskripwawancaradansumberdokumenter.Pertamapenelitimembandingkandanmengkontraskandatayangdikumpulkandarisubyekmengenaikegiatanpengembanganprofesionalkemudianpersamaandanperbedaannyadikategorikansecaraberurutan.Keduadatayangadadisusunkembaliberdasarkanhubunganlogisantarabeberapakategori.Terakhirdatadianalisisdenganprosespemilihandanpengidentifikasikankategoriintisecarasistematisdanmenghubungkannyadengankategorilain.Hasilanalisisdatamenunjukkanbahwaadatigapolautamakegiatanpengembanganprofesionalgurubahasainggristeladandalamkompetensipedagogikdanprofesional.Polautamadaripengembanganprofesionalterdiridarikegiatanbersifatinisiatifindividukelembagaan(internsekolah)dannon-kelembagaan(externalsekolah).Hasilnyasemuakegiatanpengembanganprofesionalguruyangdilakukantelahmemberikontribusipositifbaikpadapeningkatankompetensipedagogikandmatapelajaran.Berdasarkantemuanpenelitiandisimpulkanbahwakegiatanpengembanganprofesionalguruyangbersifatpribadi/mandiribisamenjadicaranyamanuntukmengembangkanprofesionalismegurukarenakegiatannyadidasarkanpadaketertarikanpribadigurutersebut.Kegiataninibisadalambentukmembacaperseoranganatauindependenbergabungdengankomunitas/professionalonlinemenulisartikeldanbeberapakegiatanreflektifsepertimonitordiridanmenulisreflektifjurnal.Kegiatanyangdilakukandisekolahmenunjukkandampakpositifuntukkemajuanprofesionalismeguru.ItudisebabkankolegialitaskegiatanPDdibangundisekolahdapatmemberikanatmosferpositiftidakhanyauntukguruiitusendiritetapijugaguru-gurulaindisekolah.KegiatanpengembanganprofesidalamlembagabisadalambentukkomunikasidalambahasaInggrisdengansiswadangurusekolahIHTpercakapanobservasitemansejawatpembinaanrekandanpenelitiantindakankelas.Terakhirkegiatanpegembanganprofessionalyangbersifatnon-institusionalmengacupadakegiatanpengembanganyangdilakukandiluarlingkungansekolah.Kegiataniniadalahkategoriyangpalingkomplekskarenamencakupruanglingkupyanglebihbesardanberbagaijenisaktifitaspengembanganprofesionalguru.Namuninibisamenciptakanperspektifyangluasdanmenyediakanberbagaiwawasanyangmungkinbermaknadanberlakuuntukkebutuhangurumelaluiberbagiidedanpengalamandengangurulaindarilembagayangberbedayangbisasalingmenguntungkan.KegiatanPengembanganprofesionalnon-institusional(diluarsekolah)yangbesifatkolaboratiftermasukketerlibatansecaraaktifdalamforumbahasaInggrisguru(MGMP)menghadiriseminarlokakaryadanpelatihangurulainnyamengikutiteskemampuanbahasamengajardikursusbahasaInggrismenjadipelatihdanjuridebatbahasaInggrismelakukanstudilebihlanjutmelakukanstudibandingdanmelaksanakanlessonstudy.DarikesimpulanpenelitianpenelitimerekomendasikanbeberapahalyangbermanfaatbagiparagurusekolahdanotoritaslokalyangberkaitandengankegiatanprofesionalgurubahasaInggris.BagiparagurupentinguntukmempertimbangkanjeniskegiatanPDdiperlukanberdasarkankondisidansituasi.Untuksekolahsangatpentinguntukmerevitalisasidanmeninjaukembaliperansekolahdalammendukungpengembanganprofesionaluntukkemajuanguru-guruyangberkualitas.Kemudianotoritaslokalsangatdisarankanuntukmemudahkangurudalammelakukanpengembanganprofesidanmempertimbangkankebutuhanmerekauntukperbaikankualitasmereka.SebagaikonsekuensinyahalitujugamemerlukanpembangunankemitraanyangkuatdiantarapihakyangterlibatuntukmenciptakannuansayangbaikdalamkegiatandariPDuntukguru.