Professional development of exemplary EFL teachers / Nana Priajana

Main Author: Priajana, Nana
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/64416/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPriajanaNana.2015.PengembanganProfesionalGuruBahasaInggrisTeladan.DissertasiProgramPascasarjanaPendidikanBahasaInggrisUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.M.AdnanLatiefM.A.Ph.D.(II)Prof.UtamiWidiatiM.A.Ph.D.(III)Prof.Dr.GunadiH.SulistyoM.A.Katakuncipengembanganprofesionalgurubahasainggristeladankompetensipedagogikprofesional(bidangstudi)kompetensi.Pengembanganprofesionalgurudilingkunganpendidikandipercayabisamenjadisaranauntukmeningkatkankualitaspendidikanyangefektifuntukmenghadapiberbagaiperubahanyangterus-menerus.Olehkarenaituguruyangberkualitassangatberperanpentingdalampeningkatankualitaspendidikan.Salahsatucarauntukmecentakguruyangberkualitastinggiadalahmelaluipengembanganprofesionalberkelanjutanyangefektif.PenelitianinibertujuanuntukmengeksplorasibagaimanagurubahasaInggristeladanmengembangkanprofesionalismemerekaterutamadalamhalkompetensipedagogikdanprofesional(bidangstudi).SelainmengetahuibagaimanagurubahasaInggristeladanmelakukanupayadalammeningkatkankompetensinyainijugapentinguntukmengungkapkendaladanharapanmerekaketikamelakukankegiatanpemgembagansebagaitanggungjawabnyasebagaiprofesionalyangdiamanatkandalamundang-undangdanperaturan.PenelitianinimenggunakandesainkualitatifdenganmelibatkantujuhgurubahasainggristeladanyangmengajarditingkatSMPdanSMUdariduawilayahkotaCirebondanKabupatenCirebonJawaBarat.Dalampenelitianinikehadiranpenelitisangatpentingkarenapenelitiberperansebagaiinstrumenutama.UntukmendapatkandatayangberkaitandengankegiatanpengembanganprofesionalgurubahasaInggristeladanpenelitimenggunakanwawancaramendalammeliputiwawancaraandpercakapaninformal.Selainituuntukmemperkuatpengumpulandatastudidokumendigunakanuntukmengkonfirmasidatayangdiperolehdariwawancara.Datalainnyajugadikumpulkandarisumber-sumberlainseperticatatanpenelititemansejawatpengawasmatapelajaranobservasikelasdaninformanlainyangrelevandanmemilikiotoritasmengenaipenelitianini.Dalammenganalisisdatapenelitimenggunakanprosescodingsebagailangkahutamadalammenciptakanbeberapaproposisiutamayangdiambildaritranskripwawancaradansumberdokumenter.Pertamapenelitimembandingkandanmengkontraskandatayangdikumpulkandarisubyekmengenaikegiatanpengembanganprofesionalkemudianpersamaandanperbedaannyadikategorikansecaraberurutan.Keduadatayangadadisusunkembaliberdasarkanhubunganlogisantarabeberapakategori.Terakhirdatadianalisisdenganprosespemilihandanpengidentifikasikankategoriintisecarasistematisdanmenghubungkannyadengankategorilain.Hasilanalisisdatamenunjukkanbahwaadatigapolautamakegiatanpengembanganprofesionalgurubahasainggristeladandalamkompetensipedagogikdanprofesional.Polautamadaripengembanganprofesionalterdiridarikegiatanbersifatinisiatifindividukelembagaan(internsekolah)dannon-kelembagaan(externalsekolah).Hasilnyasemuakegiatanpengembanganprofesionalguruyangdilakukantelahmemberikontribusipositifbaikpadapeningkatankompetensipedagogikandmatapelajaran.Berdasarkantemuanpenelitiandisimpulkanbahwakegiatanpengembanganprofesionalguruyangbersifatpribadi/mandiribisamenjadicaranyamanuntukmengembangkanprofesionalismegurukarenakegiatannyadidasarkanpadaketertarikanpribadigurutersebut.Kegiataninibisadalambentukmembacaperseoranganatauindependenbergabungdengankomunitas/professionalonlinemenulisartikeldanbeberapakegiatanreflektifsepertimonitordiridanmenulisreflektifjurnal.Kegiatanyangdilakukandisekolahmenunjukkandampakpositifuntukkemajuanprofesionalismeguru.ItudisebabkankolegialitaskegiatanPDdibangundisekolahdapatmemberikanatmosferpositiftidakhanyauntukguruiitusendiritetapijugaguru-gurulaindisekolah.KegiatanpengembanganprofesidalamlembagabisadalambentukkomunikasidalambahasaInggrisdengansiswadangurusekolahIHTpercakapanobservasitemansejawatpembinaanrekandanpenelitiantindakankelas.Terakhirkegiatanpegembanganprofessionalyangbersifatnon-institusionalmengacupadakegiatanpengembanganyangdilakukandiluarlingkungansekolah.Kegiataniniadalahkategoriyangpalingkomplekskarenamencakupruanglingkupyanglebihbesardanberbagaijenisaktifitaspengembanganprofesionalguru.Namuninibisamenciptakanperspektifyangluasdanmenyediakanberbagaiwawasanyangmungkinbermaknadanberlakuuntukkebutuhangurumelaluiberbagiidedanpengalamandengangurulaindarilembagayangberbedayangbisasalingmenguntungkan.KegiatanPengembanganprofesionalnon-institusional(diluarsekolah)yangbesifatkolaboratiftermasukketerlibatansecaraaktifdalamforumbahasaInggrisguru(MGMP)menghadiriseminarlokakaryadanpelatihangurulainnyamengikutiteskemampuanbahasamengajardikursusbahasaInggrismenjadipelatihdanjuridebatbahasaInggrismelakukanstudilebihlanjutmelakukanstudibandingdanmelaksanakanlessonstudy.DarikesimpulanpenelitianpenelitimerekomendasikanbeberapahalyangbermanfaatbagiparagurusekolahdanotoritaslokalyangberkaitandengankegiatanprofesionalgurubahasaInggris.BagiparagurupentinguntukmempertimbangkanjeniskegiatanPDdiperlukanberdasarkankondisidansituasi.Untuksekolahsangatpentinguntukmerevitalisasidanmeninjaukembaliperansekolahdalammendukungpengembanganprofesionaluntukkemajuanguru-guruyangberkualitas.Kemudianotoritaslokalsangatdisarankanuntukmemudahkangurudalammelakukanpengembanganprofesidanmempertimbangkankebutuhanmerekauntukperbaikankualitasmereka.SebagaikonsekuensinyahalitujugamemerlukanpembangunankemitraanyangkuatdiantarapihakyangterlibatuntukmenciptakannuansayangbaikdalamkegiatandariPDuntukguru.