Nilai budaya manusia Maya dalam cerita rakyat Raja Ampat Papua Barat / Insum Malawat
Main Author: | Malawat, Insum |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/64334/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKMalawatInsum.2016.NilaiBudayaManusiaMayadalamCeritaRakyatRajaAmpat.DisertasiProgramStudiPendidikanBahasaIndonesiaPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.DjokoSaryonoM.Pd.Pembimbing(II)Prof.Dr.MaryaeniM.Pd.Pembimbing(III)Dr.YuniPratiwiM.Pd.KataKuncinilaibudayaceritarakyatMayahermeneutikaRajaAmpatCeritaRakyatRajaAmpat(CRRA)adalahcontohsastralisandaerahPapuayangbelumdigalidimaknaidandimanfaatkansecaraoptimal.SebagaiprodukbudayaCRRAmenyimpansesuatuberhargadalambentuknilaibudayayangdapatdijadikanpedomanhidupterutamaolehpemiliknya.BeberapaCRPapuasudahdilestarikannamunpelestarianitubelummerefleksikanisiPPNo.57Tahun2014BabVIbagiankeduatentangPerlindunganSastraDaerahPasal30butirsatudandua.DasarpemikiraninimenjadirujukanpentingnyakajianilmiahterhadapCRRA.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatif.Tujuanpenelitianadalahmenggalimaknaataumemaknaisimbol-simbolbudayadalamCRRAmelaluipendekatanhermeneutika.DatapenelitianiniadalahkatafrasaataukalimatyangmenyiratPDPHdanNBMayayangdiwakiliolehparatokohcerita.Sumberdatapenelitianadalahdokumentasiobservasidaninforman.Datadikumpulkanmelaluiteknikobservasipartisipatifdanwawancaramendalam.AnalisisdatadilakukanberdasarkanpandanganMilesdanHubermandengantahapanreduksidatapenyajiandatadanpenarikankesimpulan.PDdanPHManusiaMayadalamCRRAsebagaiberikut.PDmanusiaMayameliputipandanganspritualdualismeantagonistikdankosmosentris.PDspritualdiwujudkanmelaluikepercayaankepadaTuhandankepercayaanmon.PDdualisme-antagonistikdiwakiliolehpenggunaanunsuralamsepertidarat-lauttimur-baratlelaki-perempuanatas-bawahdanhulu-hilir.PDkosmosentrisdiwujudkanmelaluipemikirantentangduniamanusia(mikrokosmos)alamdunia(makrokosmos)danalamTuhandanalamroh(metakosmos).PHmanusiaMayadalamCRRAdilihatdariHHmanusiaadalahburuknamunmanusiaharusberusahamengubahnyaagarmenjadilebihbaik.Hidupdiyakinisebagaipemberian/anugerahTuhan.OlehkarenaituTuhantempatmemintadanmemohon.ManusiaMayajugaberpandanganbahwaHHadalahbaik.PandanganmanusiaMayatentangHKadalahuntukmencukupikebutuhanbersamameningkatkanstatussosialkeluargadanuntukmemerolehprestise/wibawadaerah/tanahair.PandanganmanusiaMayaberkenaanHWbahwahidupberorientasipadahariinidanmasalampau.Merekameyakinihariinilebihpentingdanberhargaolehkarenanyaharusdinikmatisertahariiniataupunhariesokadalahpemberianwaktusebelumnya.Namundemikianadaharapanagarhiduphendaknyadiarahkankemasadepanatauberorientasijauhkedepan.PandanganmanusiaMayatentanghubunganmanusiadenganalambahwamanusiaharustundukkepadaalamkarenaalamsenantiasamemberikankehidupanbagimanusiasetiapsaat.PandanganmanusiaMayaterkaithubungandengansesamadirepresentasikanmelaluicaramenjagaataumenjalinhubunganbaikdengansesamamanusia.Tersiratkeyakinanbahwasebagaimahkluksosialmanusiamemilikirasakebergantunganterhadapsesamanyaagarbisabertahanhidup.NBMayayangmencerminkanPDdanPHdilihatdarisudutpandangfungsionalterdiriatasnilaireligiuspersonaldanSosial.NBMayaterkaitPHinidilihatdalamhubunganmanusiadengankeluargahubunganmanusiadenganoranglaindanhubunganmanusiadenganmasyarakat.NBMayadariperspektifidealismeterdiriatasnilaiestetisetisdanfilosofis.Nilaifilosofisberupaketeguhankerendahanhatipenghargaankesempurnaanhidupdankeimanan/keyakinan.NBmanusiaMayadilihatdarisegistrukturterdiriatasnilaidasardaninstrumental.Nilaidasarmencakupkasihsayangtanggungjawabdankeselarasanhidup/keharmonisanhidup.Nilaidasarkasihsayangdirepresentasikanmelaluinilaiinstrumentalpengabdiantolongmenolongkepeduliansosialdankesetiaan.Nilaidasartanggungjawabdigambarkanmelaluinilairasamemilikidisiplindanempati.Nilaidasarkeselarasanhidupdiwakiliolehnilaikeadilantoleransitenggangrasagotongroyongkekeluargaandanmusyawarah.FungsiNBmanusiaMayadalamPDdanPHdilihatdarilimapolahubunganmanusiasebagaiberikut.PertamaNBdalamhubunganmanusiadenganTuhanberfungsimengarahkanmengaturdanmenuntunperilakumanusiasebagaihambaTuhanagarbertindaksesuaidengandasarkeimananyangdianut.KeduaNBdalamhubunganmanusiadenganalamsekitarberfungsimenggerakkandanmeningkatkankepekaanmanusiauntukselalumenjagaalamlingkungansekitar.KetigaNBdalamhubunganmanusiadengandirinyasendiriberfungsimenuntunmenyaringdanmemilihtindakandankeputusanyangdiyakinibenarsehinggamembentukpribadihumanisindividuberkarakterdanmanusiaberbudaya.FungsiinimendudukkanNBsebagaifilter.KeempatNBdalamhubunganmanusiadengansesamanyaberfungsimenuntunmembimbingdanmengarahkanperilakumanusiauntukmelakukansesuatuyangdianggapbenarterkaitmembantusesamamahklukhidupyangmembutuhkanbantuan.FungsiinimendudukkanNBsebagaikompas.KelimaNBdalamhubunganmanusiadenganmasyarakatberfungsimenunutunmengarahkandanmembimbingperilakuseseorangataukelompokuntukmelakukansuatutindakansesuaistandaraturankonvensiataunormasosialyangtelahdisepakatibersama.FungsiinimendudukkanNBsebagaifilterkompasdanjugaperisai.