Strategi belajar dan kualitas bicara bahasa Inggris santri di Pondok Pesantren Darul Hijrah Martapura / Nida Mufidah
Main Author: | Mufidah, Nida |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/64322/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKMufidahNida2016.StrategiBelajardanKualitasBicaraBahasaInggrisSantridiPondokPesantrenDarulHijrahMartapura.DisertasiProgramStudiPendidikanBahasaIndonesiaProgramPascaSarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.SuyonoM.Pd.(II)Prof.Dr.H.SumadiM.Pd.(III)Dr.H.ZulkifliM.Pd.KataKuncistrategibelajarberbicarakualitasbicarakompetensikomunikatifStrategibelajarberbicaradalambahasaInggrisparasantridiPondokPesantrenDarulHijrahMartapurasangatpentinguntukdikaji.Kajianinimenitikberatkanpadaupaya-upayastrategisyangdilakukanpebelajaruntukmeningkatkankemampuanbahasaInggrisnya.Upaya-upayastrategispebelajarberbicaradalambahasaInggrisdilakukanuntukmenjembatanikesenjanganantarapengetahuanbahasayangdimilikinyadenganpengetahuanbahasamitratuturdalamprosesinteraksikomunikasiyangsedangberlangsung.BerdasarkankajiantersebutdiperolehinformasitentangstrategibelajarbahasaInggrisyangdigunakanparasantridalamberbicarapadakonteksformaldanbebasdansumbangannyapadakualitasbicarayangmerekapajankan.InformasitersebutsekaligusmemperkayainformasitentangprosespemerolehanbahasaInggrisparasantridipondokpesantrenkhususnyaPesantrenDarulHijrahMartapura.Tujuanpenelitiansecararinciadalahmendeskripsikan(1)strategibelajarberbicarabahasaInggris(2)kualitasbicarabahasaInggrisdan(3)sumbanganstrategibicarabahasaInggristerhadapkualitasbicarabahasaInggris.Deskripsistrategibelajarberbicarajugauntukmenemukanstrategibelajarinovasisantriyangtidakterdapatpadateoriyangsudahdiketahui.Penelitianinimenggunakanpendekatangabunganantarakualitatifdankuantitatif.Pendekatandeskripstifkualitatifdigunakanuntukmendeskripsikanjenis-jenisstrategiyangdigunakanparasantridalambelajarbahasaInggrisdeskriptifkuantitatifdigunakanuntukmenghitungskorkemampuan(kualitas)bahasaInggrisdangabungandiantarakeduanyadigunakanuntukmendeskrisikansumbanganstrategibelajarberbicarabahasaInggristerhadapkemampuanyangdicapainya.Instrumenpenelitianiniadalahpenelitiyangberlakusebagaiinstrumenkuncidantes(tugas)berbicarabahasaInggrisuntukmengukurkualitasberbicarabahasaInggris.Adapuninstrumenpendukungberupapedomanpengamatanalatperekamelektronikpencatatanlapanganpedomanobservasiangketdanpedomanwawancara.Datapenelitianiniberupatuturanlisansantrihasilangkethasilobservasihasilcatatanhariandanhasilwawancara.Datadianalisisberdasarkandengantahapanreduksidatapenyajiandatadanpenarikansimpulan.Tekniktriangulasimetode(menggunakanbeberapateknikpengambilandataagardatabersifatkomprehensif)danteoriuntukmengecekkeabsahanhasiltemuan.Berdasarkananalisisdatadiperolehtemuanpenelitiansebagaiberikut.Pertamasantrimenggunakan59strategidalambelajarbicarabahasaInggris.Limapuluhsembilanstrategitersebutterdiriatasstrategimemoristrategikognitifstrategikompensasistrategimetakognitifstrategiafektifdanstrategisosial.Dalammenggunakan59strategitersebutterdapat17strategiinovasiyangdikreasikansantri(tidakditemukanpadateoriOxford)dandigunakansantriuntukmengembangkankemampuanberbicara.Startegiinovasisantritersebutyakni(1)mengulangtuturanduabahasaArabdanInggris(2)berpidato(3)menjelaskantuturan(4)membandingkantatabahasaArabdanInggris(5)mengulangtuturandanmenerjemahkankebahasaArab(6)mendengardenganefektif(7)membuattugassanksi(8)membuatpermainanbahasa(9)menghafallagubahasaInggris(10)bermainperan(11)berdiamdiri(12)menyebutkankatadalambermainscrabble(13)mengatasikekurangankosakatadalamberbicaradenganmencampurbahasaArab(14)mendengarkanmusik(15)berbicaraberdiriberpasangan(16)berempatidenganpemikirandanperasaanorangdan(17)berbicarasambilmenontonfilmberbahasaInggris.KeduakualitasbicarabahasaInggrissantridarihasiltesmenunjukkanbahwasantrimampuberbicarabahasaInggrisdenganperolehanskorrata-ratauntukkemampuanberpidato7266dengankategoribaikdanskorrata-rata7241untukkemampuanberbicarabebasdengankategoribaik.Dalamberpidatomaupunbicarabebassantrimampumenggunakankosakatadanstrukturkalimatsecaraefektifdanmemilihtopik-topikpraktis.KetikadiajakberdiskusisantrijugamengungkapkankesadarantentangpilihanstrategibelajarberbicarayangdigunakannyauntukmeningkatkankemampuanbahasaInggrisnya.StrategibelajarbicaradenganlatihanpidatobahasaInggrisinidapatdikatagorikankhashanyaterdapatdipesantrentertentu.Secaraumumlafalintonasipilihankatagayabahasaisistrukturisigerak-gerikdanmimikdalamkatagoribaik.KetigastrategibelajarbahasamemberisumbanganpadakualitasbicarabahasaInggrissantri.InteraksikomunikasidalambahasaInggrismendorongsantrimenggunakanbahasaInggrisyangbermaknadankonstekstual.Halinimemberikansumbanganpadapengembangankompetensikomunikatifbaikpadaaspekkompetensigramatikalsosiolinguistikkompetensiwacanadankompetensistrategikomunikasi.Strategibelajarbahasamembantusantriberpartisipasiaktifdalamkomunikasikonteksyangotentik.SumbanganstrategibelajarberbicaramempunyaidampakpositifterhadapkualitasbicarabahasaInggris.Pemerolehanbahasaasingtersebutdipesantrenmemberikansumbanganyaitu(1)santrilebihbanyakmenggunakanvariasistrategibahasayangsesuaidengansituasipenggunaannya(2)santridapatmenggunakanbahasasecaratepatapabiladilihatdarikebenarankaidahnyadan(3)lingkunganwajibberbahasaInggrisdenganberbagaistrategidapatmemberikepuasanpadakeinginansantriyangtertarikpadapenguasaanaturankaidahbahasaInggrisyangdipelajarinya.Hasilpenelitianinipentinguntukdipertimbangkandandapatdijadikansebagaibahanacuanbagigurubahasadilingkunganpesantren.SecarateoritishasilpenelitianiniberimplikasipadapengembanganteoristrategibelajarbahasakhususnyateoristrategibelajarbicarabahasaInggrisdipesantren.Secarapraktishasilpenelitiandapatdigunakanuntukmemberikanrekomendasibagipendidikuntukmenciptakanlingkungandanmasukansecarakontinyuuntukmeningkatkankemampuanbahasaparasantri.Selanjutnyadisarankanbagipenelitiberikutnyauntukmengkajilebihlanjutdenganfokuskajianpadapengaruhstrategibelajarbicaraterhadapkualitasbicaradalamkonteksyanglebihluas.