Pesan persuasif dalam wacana iklan advertorial media massa cetak / Martutik

Main Author: Martutik
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/64259/
Daftar Isi:
  • KatakuncipesanpersuasifiklanadvertorialmediamassaisipesanstrukturpesanstrategipenyajianIklanadvertorialmediamassacetakmerupakansalahsatusaranakomunikasiyangdibuatolehpemilikmodal.Iklanadvertorialdirekayasadengantujuanuntukmempersuasipembaca.Dalamkomunikasipersuasiinipemilikmodalmemilikikedudukanyangdominansehinggamerekapunyaaksesuntukmengontrolsaranakomunikasi.Kontrolyangdilakukanpemilikmodalbertujuanagarpembacasebagaicalonkonsumenmenggunakanprodukataujasayangdiiklankan.Kepentinganpemilikmodalinitercermindalampesan-pesandancitrayangdirancangdalamiklanuntukdibangkitkanpadadirikonsumen.Secaraumumtujuanpenelitianiniadalahuntukmenjelaskanpesanpersuasifyangterdapatdalamadvertorialmediamassacetak.Secarakhusustujuanpenelitianinimenjelaskan(a)isipesanpersuasif(b)strukturpesanpersuasifdan(c)teknikpenyajianpesanpersuasifyangterdapatdalamiklanadvertorialmediamassacetak.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganorientasiteoretismodelanalisiswacana.DatapenelitianiniberupateksiklanadvertorialyangdimuatdisuratkabarnasionalmeliputiKompasRepublikaJawaPosdanMediaIndonesiaedisiJulitahun2010sampaiFebruaritahun2011.Datayangberjumlah200teksiklanadvertorialdikumpulkandenganteknikstudidokumentasi.Teksiklandianalisismelalui3tahapyaitu(a)pemerian(b)penafsirandan(c)penjelasan.Hasilpenelitiandapatdisajikansebagaiberikut.Isipesanpersuasifdalamadvertorialyangberfokuspadaprodukmengungkapkantentangprodukdanjanjipemenuhankebutuhanpembacaselakucalonkonsumen.Isipesantentangprodukmencakupciriprodukpenggunaanprodukpembuatanprodukkebermanfaatanprodukpersainganprodukketerkenalanprodukdanpenjualanproduk.Isipesantentangpemenuhankebutuhankonsumenberupajanjipengiklanuntukmemenuhikebutuhanhidupkonsumenyangmencakupkebutuhanfisiologisrasaamanrasamemilikipenghargaandangayahidup.Statusisipesanpersuasifadaduayaituisipesanberstatusfaktadanisipesanberstatusopini.Isipesanberstatusfaktadikelompokkanatasfaktapengetahuandanpengalaman.Isipesanberstatusopinidikelompokkanatasopinitentangkonsumendantentangproduk.Isipesankeunggulanprodukjanjipemenuhankebutuhanstatusfaktadanstatusopinidigunakansebagaipembentukcitrapositifproduk.Strukturpesanpersuasifdalamiklanadvertorialyangditemukanpenelitianiniterdiriatas3unsurstrukturyaitu(1)butirutama(2)teksisidan(3)penutup.Butirutamaadvertoraldinyatakandalamjuduldenganwujudpernyataan(klaim)pertanyaanperin-tahpengingatandankesaksian.Teksisiadvertorialberisiserangkaianargumenyangmemperkuatataumendukunggagasanyangdirumuskanpadabagianbutirutama.Argumenyangmendukungbutirutamadibedakanmenjadiargumenmayordanargumenminor.Sesuaidenganurutannyaargumenmayordikelompokkanmenjadiargumenmayor1danmayor2.Argumenmayor1berisikondisiidealmasalahdanpengakuanterhadaprealitas.Argumenmayor2berisicaramencapaikondisiidealrealisasi/wujudkondisiidealpemecahanmasalahdantindaklanjutsetelahpengakuanterhadaprealitas.Argumenminorberisipesantentangprodukdankebutuhanyangditawarkanuntukdipenuhi.Bagianpenutupadvertorialdikembangkandenganteknikkerastekniklunakcampuranteknikkerasdenganbutir-butirpasifdancampurantekniklunakdenganbutir-butirpasif.Ditemukanada4strukturpengembanganbagianteksisiadvertorialdenganpolaalamiahdanlogisyaitu(a)masalah-penyelesaian(b)kondisiideal-pencapaiannya(c)kondisiideal-realisasidan(d)pengakuan-tindaklanjut.Strukturisipesanyangberpolaalamiahdanlogisdigunakansebagaipembentukteksyangwajardanmasukakal.Teknikpenyajianpesanpersuasifyangditemukanadaduamacamyaitu(1)teknikpembangkitanperasaan(emosi)dan(2)teknikpembangkitanpemikiran(rasio).Perasaanyangdibangkitkanmeliputirasatakutdanrasasenang.Teknikpembangkitanperasaandilakukandengancarapemberatansatusisipemberianiming-imingpengintensitasanpengulanganpenggunaansaksipemanfaatanisuteknologimoderndanpelibatankhalayak.Teknikpembangkitanpemikirandilakukandenganpenyajianisipesanyangdapatmenyentuhrasiopembaca.Teknikinidilakukandenganpembuktianilmiahdanpenyajianberimbang.Strategipembangkitanperasaandanpemikirandigunakansebagaiupayamemberipertimbangansecaraemosialdanintelektualdalammenentukankeputusanpembelian.Simpulanakhirpenelitianpesanpersuasifdalamiklanadvertorialdirekayasaolehpemilikmodaluntukmenghegemonicalonkonsumensecarahalusagarberperilakukonsumtif.Berdasarkanhasilpenelitiantersebutdisarankansebagaiberikut.Pertamapembacaharuskritisdalammencernaisipesandalamiklanadvertorialkarenasetiapadvertorialcenderungmenyajikanpesanyangmengunggulkanprodukdanmenyembunyikankelemahanproduk.Keduapenulisnaskahiklanhendaknyamenyajikanpesansecarajujuragarcitrayangdipersepsimasyarakatkonsistendenganrealitas.KetigaaktivisperlindungankonsumenYLKIsebagaipihakyangberwenangperlumelakukanpencerahandenganmelakukankajianyangmendalamtentangbentuk-bentukkebohonganyangterdapatpadaiklan.Keempatpendidikdiharapkandapatmenyiapkansumberdayamanusiayangdapatmencernainformasisecarakritissehinggaandaldalammemanfaatkaninformasi.Kelimapenelitilanjutandapatmengajiiklanadvertorialdariaspeklainmisalnyaaspekbahasadandampakperiklananterhadapperilakumasyarakat.