Larvul ngabal: tradisi lisan kei / Rachmawati Patty
Main Author: | Patty, Rachmawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/64234/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPattyRachmawati.2009.LarvulNgabalTradisiLisanKei.DisertasiProgramStudiPendidikanBahasaIndonesiaProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Promotor(1)Prof.Dr.H.ImamSyafiie(2)Dr.DjokoSaryonoM.Pddan(3)Prof.Dr.H.A.SyukurGhazaliM.Pd.KataKunciLarvulNgabalbentukmakna-fungsipemertahananHermeneutika.CeritaLarvulNgabalmerupakanprodukbudayayangmenyampaikansejumlahpesanbudayaberkaitandenganfilosofisistemkepercayaandannormanormahukumkomunitasKei.SecarasubstantifceritaLarvulNgabaladalahsuatugenresastralisanyakniceritarakyatyangdianggapsakralolehorangKeidandiyakinibenar-benarterjadipadawaktulampaumemilikibentukmakna-fungsidanpemertahananyangdituturkansecaraunikdanspesifik.PenelitianinidilakukandengantujuanmendeskripsikantentangceritaLarvulNgabalkhususnyamengenai(1)bentuk-bentukceritaLarvulNgabalberdasarkanisinya(2)maknaceritaLarvulNgabalyangmengaitkanhubunganmanusiadengansesuatudiluardirinyayangbersifatvertikalmaupunhorizontalsertasirkular-harmonisdanfungsiceritaLarvulNgabalyangdianggapmampumempengaruhidanmengarahkanperilakuorangKei(3)strategipemertahananceritaLarvulNgabalberdasarkanaspeknormatifdanrelatifnya.KetigasubstansiinidianggapcukupakuntabelmerepresentasikanbudayaKei.Penelitianinimerupakanpenelitiankualitatifdenganancanganhermeneutika.DatanyaberwujudkutipanteksceritatindakanorangKeipernyataaninformandanfaktahistoris.Datatersebutdiperolehdari3macamsumberyaknisumberlisanberupa14dokumenceritaLarvulNgabaldari14oranginformanmasyarakatpemilikceritadiKeiBesardanKeiKecilsertadokumentertulislainnya.Kegiatanpengumpulandatadilakukandenganteknikobservasiwawancaramendalamdankajiandokumen.Dalampenelitianinipenelitibertindaksebagaiinstrumenkuncidengandipanduolehpedomanpengumpulandata.AnalisisdatadilakukandenganmodelhermeneuticalcircleSchleiermarcherdanmodelinterpertasiRicoeurdanDilthey.Denganmodelinianalisisdataberlangsungsecarainteraktif-dialektif.Padasaatpengumpulandataberlangsungpenelitisekaligusmelakukanreduksidatapenyajiandatainterpretasidatadanpenarikansimpulan.Ketigasubstansipenelitiandipahamisecaraverstehenmelaluilevelsemantikreflektifdaneksistensif.TrianggulasidilakukanpenelitiuntukmenghindaribiaspadasetiaptahappenelitianperangkatpenelitiandanklarifikasitemuanpenelitiankepadapakarbudayaKei.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwake14teksceritaLarvulNgabalmemilikikarakteristiksebagaibentukceritahumanendogeonikceritakosmogonikdanceritatransformasi.Ketigabentukceritaitudirangkumolehtemaasal-usulorangKeiperjalananDitSakmaspembentukanhukumdanpengangkatanraja-raja.MaknaceritaLarvulNgabalmencerminkanpandanganhiduporangKeiyangmengandungkonsepsimendalamdangagasanmengenaiwujudkehidupanmengenaihubunganmanusiadanalambaiksecaravertikalantaramanusiadenganTuhanhubunganhorisontalantaramanusiadenganmanusiadanhubungansirkular-harmonisantaramanusiadenganalamsebagaisuatutotalitasdarisikaphiduporangKeiyangtercermindalammaknafilosofismaknareligismaknakosmologisdanmaknamistis.FungsiceritaLarvulNgabalmengarahpadafungsisosiologisfungsipedagogisfungsiyuridis.Fungsisosiologisdiimplementasikansebagaisaranapengungkapasal-usulsebagaipengungkapstruktursosialmasyarakatKeidansebagaisaranauntukmemperkenalkansistempemerintahanbaru.FungsipedagogismengukuhkanceritaLarvulNgabalsebagaimodelpendidikanetismoralajarantentangpembaharuanmengajarkanbahasasimbolik.Sedangkanfungsiyuridisceritalarvulmerupakanhukumyangmengaturketentuantentangmasalahpidanamaupunperdata.StrategipemertahananLarvulNgabalmengacupada(1)cara-carapemertahananyangdilakukanmelaluitigajalur(a)jalurkeluarga(b)jalurmasyarakatdan(c)jalurpemerintahlokal.(2)peranpemertahananyangterakumulasidalamkehidupanorangKeiyaitu(a)pemertahananjatidiriorangKeiyangdilakukanmelaluibahasayangsamadanhukumadatyangsamastrukturpemerintahanyangakomodatifikatanpersaudaraanpolitikmasyarakatKei.(b)menghadapitantanganperubahanjamanakibatpengaruhagamapendidikanpengaruhekonomiperubahandibidangsosial-budayadanpengaruhpolitik.TemuanpenelitianmengatakanbahwaceritaLarvulNgabalsebagairepresentasibudayaKeikarenamerupakanintisaripengalamanorangKeiyangtranscendentalreflektifdanrelevandengankebudayaanmanusiapadaumumnya.CeritaLarvulNgabalmampumerangkummemproyeksikandanmengukuhkanpandanganhidupdannorma-normatradisiorangKei.KonsepdasarnyamemilikipengaruhyangcukupdominandalamkerangkaberpikirorangKeidewasaini.Temuan-temuaninimempunyaiimplikasiyangcukupberhargabaikdariaspekteoritismaupunpraktis.SecarateoritistemuankajianceritaLarvulNgabalberimplikasiterhadapdisiplinilmusastradaninterdisiplinersastrasertaantropologi.SecarapraktistemuaninibermanfaatbagimasyarakatKeiuntukmenjadipegangandalampemertahananbudayaKeiterutamaceritaLarvulNgabal.MelaluipenelitianinidisarankankepadamasyarakatKeiuntukmemilikidanmenggunakancerita-ceritatersebutuntukmemperkayawawasanmasyarakatdanuntukparailmuandosensastrapenelitigurumuatanlokaldiKeisertaLembagaBahasabaikdidaerahmaupundipusatuntuklebihmendalamidanmenggalinyamenujukesempurnaan.KepadapemerintahdaerahsebagaipengambilkeputusandisarankanuntukmenjadikanceritadanritusLarvulNgabalsebagaitujuanwisatabudayauntukmemajukandaerahKeikedepan.