Strategi pemerolehan kompetensi pragmatik anak usia prasekolah / Dyah Werdiningsih

Main Author: Dyah Werdiningsih
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Online Access: http://repository.um.ac.id/64218/
Daftar Isi:
  • Prosespemerolehanbahasatermasukpemerolehankompetensipragmatikdilakukananakdenganmenggunakanstrategitertentu.SehubungandenganhaltersebuttujuanpenelitianiniadalahmengkajistrategipemerolehankompetensipragmatikberbahasaIndonesia(ber-BI)anakusiaprasekolah.Secarakhusustujuanpenelitianiniadalah(1)mengkajistrategibelajardalampemerolehankompetensipragmatikber-BIanakusiaprasekolahdan(2)mengkajistrategikomunikasidalampemerolehankompetensipragmatikber-BIanakusiaprasekolah.Dalampenelitianinidigunakanpendekatankualitatifdenganrancang-anpenelitianbujur.Instrumenpenelitianiniadalahpenelitiyangberlakusebagaiinstrumenkuncidenganinstrumenpendukungberupapedomanpengamatandanalatperekamelektronikdanpencatatanlapangan.Datapenelitianiniberupatuturanlisanyangdiambildenganteknikpengamatanterhadapdelapansubjekyangterdiriatasanakusia234dan5tahunmasing-masingduaorang.Datadianalisisberdasarkanteknikanalisisperformansi.Denganteknikinianalisisdatadilakukanberdasarkanperilakuberbahasadantuturanaktualyangdiperformansikansubjeksebagaiwujuddarikempetensipragmatikdancarapemerolehannya.Berdasarkananalisisdatadiperolehtemuanpenelitiansebagaiberikut.Pertamastrategibelajardalampemerolehankompetensipragmatikyangdigunakananakusiaprasekolahadalahstrategikognitifdanstrategisosial.Strategikognitifyangdigunakananakusiaprasekolahadalah(1)peniruantuturanyaitupeniruankarenakesulitanpenuturandanpeniruankarenakesalahanpenuturan(2)pengulangantuturanyaitupengulangantuturansendiripengulangantuturanorangdewasadanpengulangantuturantemansebaya(3)penggunaanpolatuturanyaitupenggunaanpolakesehariandanpenggunaanpolakreatif(4)perbaikantuturanyaituperbaikantuturanolehmitratuturdanperbaikantuturansendiridan(5)penerjemahanyaitupenerjemahankata/fraseBJkedalamBIdanpenerjemahankalimatBJkedalamBI.Strategisosialyangdigunakananakusiaprasekolahadalah(1)permintaanklarifikasiyaitupermintaanpenuturankembalidanpenjelasanmaksudtuturandan(2)pertanyaanresponsi-timbalbalik.Penggunaantipedanvariasitipestrategibelajartersebutdipengaruhiolehbeberapafaktorpenyebabyaitufaktorusiatingkatpenguasaanbahasakedwibahasaankepribadiananaktujuankomunikasidansituasibelajar.Dalamprosespemerolehankompetensipragmatikpenggunaantipedanvariasitipestrategibelajartersebutberfungsiuntukmenguasaibentuk-bentuktuturanyangdigunakananakuntukmenyatakanberbagaimaksudkepadamitratutur.Keduastrategikomunikasidalampemerolehankompetensipragmatikyangdigunakananakusiaprasekolahadalahstrategipenggunaanbentuknonverbaldanstrategipenggunaanbentukverbal.Strategipenggunaanbentuknonverbalyangdigunakananakusiaprasekolahmeliputi(1)penggunaanisyaratdangerakan(2)penggunaangerakan(3)penggunaangambardan(4)penggunaanlagu.Strategipenggunaanbentukverbalyangdigunakananakusiaprasekolahadalah(1)strategipenggunaanbentuktuturandan(2)strategipengungkapanisituturan.Strategipenggunaanbentukverbalyangdigunakananakusiaprasekolahmeliputi(a)pengalihankodetuturanyaitupengalihankata/fraseBIkedalamBJdanpengalihankalimatBIkedalamBJ(b)pemaparantuturanyaitupenggunaankata-katasendiripenggunaancontoh-contohpenggunaanrekonstruksikalimatdanpenggunaananalogi(c)penciptaankatayaitupenggunaanbagiankata/-frasepenggunaansinonimdanpenggunaanasosiasikata.Strategipengungkapanisituturanyangdigunakananakusiaprasekolahmeliputi(a)penajamanmaksudtuturan(b)pengalihantopiktuturandan(c)pemutusanpesan.Penggunaantipedanvariasitipestrategikomunikasiolehanakusiaprasekolahtersebutdipengaruhiolehbeberapafaktorpenyebabyaitufaktorusiatingkatpenguasaanbahasakedwibahasaankepribadianpembelajaranakdanintensitasmasukandaninteraksi.Dalamprosespemerolehankompetensipragmatikpenggunaantipedanvariasitipestrategikomunikasiolehanakusiaprasekolahtersebutberfungsiuntukmengatasikendalakomunikasiuntukmenggunakanbentuk-bentuktuturanuntukmenyatakanberbagaimaksudkepadamitratutur.Secarateoretishasilpenelitianiniberimplikasipadapengembanganteoristrategipemerolehanbahasakhususnyateoristrategibelajardanstrategikomunikasidalampemerolehankompetensipragmatikolehpembelajaranak.Secarapraktishasilpenelitianinidapatmemperluaswawasanpendidiktentangprosespemerolehankompetensipragmatikanaksehinggadapatmemaksimalkanperannyauntukmenciptakanlingkunganyangkondusifbagiperkembangankompetensipragmatikanak.Darihasilpenelitianiniditemukanadanyapengaruhlingkungandanbudayaterhadapprosespemerolehankompetensipragmatik.Terkaitdenganhalinidisarankanbagipenelitiberikutnyauntukmengkajilebihlanjutdenganfokuskajianpadapengaruhlingkungandanbudayaterhadappemerolehankompetensipragmatikanakusiaprasekolah.