Pengembangan multimedia pembelajaran pendidikan agama Islam kelas VII pokok bahasan sholat fardhu di SMP Negeri 7 Malang / Irkhamni
Main Author: | Irkhamni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/642/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Irkhamni. 2015. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII Pokok Bahasan Sholat Fardhu Di SMP Negeri 7 Malang. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Dr. H. Sulton, M.Pd, (II) Dr. Agus Wedi, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan, Multimedia Pembelajaran, PAI SMP, Sholat Fardhu Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMP Negeri 7 Malang, terjadi permasalahan pada mata pelajaran PAI tentang sholat fardhu kelas VII adalah, rendahnya motivasi belajar disertai minimnya bahan ajar yang dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran dan sulitnya pemahaman siswa pada mata pelajaran PAI tentang sholat fardhu. Bahan ajar yang digunakan masih terbatas pada penggunaan buku cetak yang disediakan sekolah. Setelah melihat permasalahan tersebut pengembang ingin memvisualisasikan media berbasis multimedia untuk mempermudah dan meningkatkan hasil belajar siswa. Di dalamnya terdapat teks penjelasan materi, gambar dan video yang menjelaskan tentang praktik sholat, kuis yang berisi soal-soal tes yang berkaitan dengan materi pada multimedia agar mengetahui sejauh mana pemahaman siswa setelah menggunakan multimedia pembelajaran dengan materi sholat fardhu. Tujuan dari pengembangan ini yaitu untuk menghasilkan suatu produk multimedia pembelajaran yang valid pada mata pelajaran PAI kelas VII (tujuh) pada pokok bahasan sholat fardhu yang akan dijadikan media dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model pengembangan media pembelajaran Lee, W.W., & Owens, D.L., langkah-langkah pengembangan ini yaitu Analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Subjek penelitian dalam validasi pengembangan ini yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 7 Malang. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Hasil pengembangan media pembelajaran ini telah diuji cobakan dengan hasil, ahli media 90% dinyatakan valid, ahli materi 82,5% dinyatakan valid,uji coba pada responden kelompok kecil 94,2% dinyatakan valid dan pada responden siswa kelompok besar didapat skor presentase 88% dinyatakan valid. Hal ini menunjukan bahwa multimedia pembelajaran ini dinyatakan valid untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Multimedia pembelajaran ini dinyatakan memenuhi kualifikasi yang telah ditentukan sekolah yaitu berupa kriteria ketuntasan minimal (KKM), hal ini terbukti dari skor tes hasil latihan soal, semua siswa kelas 7yang memenuhi KKM (≥ 75) telah dinyatakan tuntas. Disarankan untuk pengembang selanjutnya bias mengembangkan multimedia pembelajaran lebih baik lagi, tepat guna, tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran.