Hubungan keterampilan manajerial kepala sekolah, status sosial-ekonomi guru, iklim sekolah, dan moral kerja guru dengan kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Merauke - Papua Selatan / Basilius Redan Werang
Main Author: | Basilius Redan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/64073/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKWerangBasiliusRedan2009.HubunganKeterampilanManagerialKepalaSe-kolahStatusSosial-EkonomiGuruIklimSekolahdanMoralKerjaGurudenganKinerjaGuruSMANegeridiKabupatenMerauke.Disertasi.ProgramStudiManajemenPendidikanProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.H.AhmadSonhadjiK.H.MA.Ph.D.(2)Prof.Dr.Salladien(3)Prof.Dr.WillemMantjaM.PdKatakuncikepalasekolahstatussosial-ekonomiguruiklimsekolahmoralkerjagurukinerjaguru.Gurumemilikiperandantanggungjawabyangsangatpentingdalammencapaitujuanpendidikannasional.Jikaadatuntutanbagiguruuntukmening-katkankinerjanyahalituterutamadimaksudkanuntukmeningkatkankualitaspendidikannasionaldanpadagilirannyauntukmembuatbangsaIndonesiaseja-jardenganbangsa-bangsalain.Pernyataantersebutmengisyaratkantanggungja-wabdariparaguruyangsudahsejaklamaberadadigarisdepanpendidikan.Seka-ranginirendahnyakinerjagurubanyakdisorotisebagaipenyebabutamamero-sotnyamutupendidikannasional.Karenaituadasuatukebutuhanyangmendesakuntukmenemukanupayadanstrategiuntukmeningkatkankinerjagurudemimemperbaikiprosesbelajar-mengajardidalamkelas.Keterampilanmanajerialke-palasekolahstatussosial-ekonomiguruiklimsekolahdanmoralkerjagurudi-dugasebagaifaktor-faktoryangberpengaruhterhadapkinerjaguruSMANegeridiKabupatenMerauke.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmendeskripsikan(1)tingkatkualitaskinerjaguruketerampilanmanajerialkepalasekolahstatussosial-ekonomiguruiklimsekolahdanmoralkerjaguruSMANegeridiKabupatenMerauke(2)hu-bunganlangsungdantidaklangsungantaraketerampilanmanajerialkepalasekolahstatussosial-ekonomiguruiklimsekolahdanmoralkerjagurudengankinerjaguruSMANegeridiKabupatenMerauke.Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifdanrancanganpenelitiandeskriptif-korelasional.Datapenelitiandiperolehmelaluipenyebaranangketpenelitiankepadapararespondenyangmenjadisampelpenelitian.Datapenelitiandiolahdenganmenggunakanana-lisisdeskriptifdananalisisjalur.Hasilanalisisdeskriptifmenunjukkanbahwakualitaskinerjaguruketerampilanmanajerialkepalasekolahstatussosial-ekonomiguruiklimsekolahdanmoralkerjaguruSMANegeridiKabupatenMeraukeberadadalamkategoritinggi.Sementarahasilanalisisjalurmenunjukkanbahwapadatarafsignifikansi005atautarafkepercayaan95%terdapat(1)hubunganlangsungyangsignifikanantaraketerampilanmanajerialkepalasekolahdenganiklimSMANegeridiKabupatenMerauke(2)hubunganlangsungyangsignifikanantaraketerampilanmanajerialkepalasekolahdenganmoralkerjaguruSMANegeridiKabupatenMerauke(3)hubunganlangsungyangsignifikanantaraketerampilanmanajerialkepalasekolahdengankinerjaguruSMANegeridiKabupatenMerauke(4)hu-bungantidaklangsungantaraketerampilanmanajerialkepalasekolahdenganmo-ralkerjagurumelaluiiklimSMANegeridiKabupatenMerauke(5)hubungantidaklangsungantaraketerampilanmanajerialkepalasekolahdengankinerjagurumelaluiiklimSMANegeridiKabupatenMerauke(6)hubungantidaklangsungantaraketerampilanmanajerialkepalasekolahdengankinerjagurumelaluimoralkerjaguruSMANegeridiKabupatenMerauke(7)hubunganlangsungyangtidaksignifikanantaraiklimsekolahdenganmoralkerjaguruSMANegeridiKabupa-tenMerauke(8)hubunganlangsungyangsignifikanantaraiklimsekolahdengankinerjaguruSMANegeridiKabupatenMerauke(9)hubungantidaklangsungantaraiklimsekolahdengankinerjagurumelaluimoralkerjaguruSMANegeridiKabupatenMerauke(10)hubunganlangsungyangsignifikanantarastatussosial-ekonomigurudenganmoralkerjaguruSMANegeridiKabupatenMerauke(11)hubunganlangsungyangsignifikanantarastatussosialekonomigurudengankinerjaguruSMANegeridiKabupatenMerauke(12)hubunganlangsungyangsignifikanantaramoralkerjagurudengankinerjaguruSMANegeridiKabupatenMerauke(13)hubungantidaklangsungantarastatussosial-ekonomigurudengankinerjagurumelaluimoralkerjaguruSMANegeridiKabupatenMerauke(14)hubunganantaraketerampilanmanajerialkepalasekolahstatussosial-ekonomiguruiklimsekolahdanmoralkerjagurusecarabersama-samadengankinerjaguruSMANegeridiKabupatenMerauke.Berdasarkanhasilpenelitianinibeberapasaranberikuthendaknyadipi-kirkansecaraserius(1)BagiPemerintahDaerahsangatdianjurkanbagipemerin-tahdaerahKabupatenMeraukeuntukmemikirkansecaraseriusdanbilaperlumengambilkebijakandaerahuntukmembantuguru-gurumeningkatkanstatusso-sial-ekonominya(2)BagiKepalaDinasPendidikanMenengahKabupatenMe-raukesangatdianjurkanbagiKepalaDinasPendidikanMenengahuntukmemi-kirkansecaraseriusdanbilaperlumengambillangkah-langkahyangdiperlukanuntukmemfasilitasikepalasekolahdancalonkepalasekolahuntukmeningkatkanketerampilanmanajerialnya(3)BagiKepalaSekolahsangatdianjurkanbagikepalasekolahSMANegeridiKabupatenMeraukeuntuksecaraseriusmemoti-vasidiriuntukmeningkatketerampilanmanajerialnya(4)BagiGuru-gurusangatdiharapkanbahwahasilpenelitianinidapatmenjadimasukanuntukmembenahidiridalammelaksanakantugasdantanggungjawabnyagunameningkatkantujuanpendidikannasionaldanpadagilirannyamenjadikanbangsaIndonesiasetarade-nganbangsa-bangsalain(5)BagiManajemenPendidikantemuanpenelitianinidiharapkandapatmenjadisumberinformasidanreferensiyangrelevankhu-susnyayangberkaitandengankorelasiantaraiklimsekolahdanmoralekerjaguru(6)BagiPenelitiLainsangatdiharapkanbagipenelitiberikutnyauntukmengkajijugavariabel-variabellainyangmungkinsajaberpengaruhterhadapkinerjagurumisalnyaperilakukepalasekolahmotivasikerjagurudanprofesio-nalismeguru.