Strategi pengembangan program layanan mutu pada sekolah inklusi (studi multisitus pada SD Negeri 20 Mataram, SD Negeri 1 Jembatan Gantung Lombok Barat, dan SD Negeri 1 Gemel Lombok Tengah) / Haromain
Main Author: | Haromain |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/64030/ |
Daftar Isi:
- iABSTRAKHaromain.2018.StrategiPengembanganProgramLayananMutupadaSekolahInklusi(StudiMultisitusSDNegeri20MataramSDNegeri1JembatanGantungKab.LombokBaratdanSDNegeri1GemelKab.LombokTengah).Disertasi.ProgramStudiManajemenPendidikan.PascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.H.AhmadSonhadjiK.H.M.A.Ph.D.(2)Prof.Dr.H.BambangBudiWiyonoM.Pd.(3)Prof.Dr.Hj.NurulUlfatinM.Pd.Katakuncistrategipengembanganlayananmutusekolahinklusi.Sekolahinklusisebagaiperwujudaneducationforalldalampraktiknyadituntutmampumemberikanlayananterbaikbagipesertadidiknya.BerbagaiupayadilakukansepertipenyediaanaksesbagiABKpeningkatankompetensigurupenguatanjaringansekolahdansebagainyayangkesemuanyabermuarapadapenyelenggaraanpembelajaranyangberkualitas.Persoalan-persoalanyangmengiringipraktikpendidikaninklusifinibaikdariinternalsekolahmaupuneksternalsekolahseringkalimenjadipenghambatpengembangansekolahinklusidarisisikualitasmaupunkuantitasnya.Makaperlupengembangkanprogramlayananmutuyangdapatmenjaminkeberlangsunganprosespembelajaranbagipesertadidiksesuaikebutuhannyasehinggahak-haksetiapanakdisekolahdapatterpenuhi.Penelitianbertujuanmenemukanteoritentangstrategipengembanganprogramlayananmutupadasekolahinklusidenganfokuspenelitian(1)identifikasikebutuhanpengembanganprogramlayananmutusekolahinklusi(2)programprioritaspengembanganlayananmutusekolahinklusidengansubfokus(a)pengembangantenagapendidiksekolahinklusi(b)pengembanganpesertadidiksekolahinklusidan(c)pengembangankemitransekolahinklusi.(3)faktorpenghambatpengembanganprogramlayananmutusekolahinklusidan(4)dampakpengembanganprogramlayananmutusekolahinklusi.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganrancanganstudimultisitusdanmenggunakanmetodeanalisiskomparatifkonstan.PenelitiandilaksanakanditigasekolahinklusidiNusaTenggaraBaratyaituSDNegeri20MataramSDNegeri1JembatanGantungKab.LombokBaratdanSDNegeri1GemelKab.LombokTengah.Sumberdatadalampenelitianiniadalahkepalasekolahguruorangtuasiswadankomitesekolah.Pengumpulandatamenggunakanmetodewawancaraobservasidandokumentasi.Analisisdatadilakukansecarainteraktifmelaluduatahapyaituanalisisdatasitustunggaldananalisisdatalintassitus.Pengecekankeabsahandatadilakukanmelaluiujikredibilitastransferabilitasdependabilitasdankonfirmabilitas.Hasilpenelitiansebagaiberikut(1)analisiskebutuhanpengembanganlayananmutusekolahinklusimengacupada(a)visimisidantujuansekolah(b)keadaantenagapendidikyangmencakuppemahamanguruterhadapABKkompetensigurudanketersediaangurupembimbingkhusus.(c)keadaanpesertadidikyangberhubungandenganjumlahjenisdantingkatkebutuhannya.(2)programprioritaspengembanganlayananmutuyangmencakup(a)pengembangantenagapendidikmeliputipengadaangurudanpengembangankompetensiguru(b)iipengembanganpesertadidikmeliputipengembangankemampuandasarABKdanpendampinganABKdan(c)pengembangankemitraansekolahmeliputikemitraandengankeluargakemitraandenganmasyarakatdankemitraandengnlembagalain.(3)faktorpenghambatpengembanganprogramlayananmutumencakup(a)hambatandaritenagapendidik(b)hambatandaripesertadidikdan(c)hambatandariorangtua.(4)dampakpengembanganlayananmutumeliputi(a)meningkatnyakecerdasanspiritualwargasekolah(b)meningkatnyakompetensigurudalampembelajaran(c0tumbuhnyasikaptoleransidanpenerimaanterhadapABKdan(d)terbentuknyamotivasirasapercayadiridansemangatbelajarABK.Berdasarkanhasilpenelitianinimakadisarankankepadaberbagaipihak(1)kepalasekolahdiharapkanuntukselaluberupayamengembangkankompetensisumberdayayangdimilikinyaagardapatterlaksanapembelajaranyangefektifsertamemperkuatjaringankerjasamanyauntukdapatmendukungprogrampengembanganyangdilaksanakan(2)guruhendaknyamemilikikepedulianyangtinggiterhadapABKdanterusberupayameningkatkankompetensinyauntukdapatmemberikanlayananyangprimabagipesertadidiknya(3)orangtuahendaknyamemilikikesadarantentangpendidikandanmendoronganak-anaknyauntukterusbelajarmenggalipotensiyangdimilikiagardapatmenyesuaikandiridenganlingkungannya(4)masyarakathendaknyaterusmendukungsetiapprogramsekolahdalammengembangkanpotensidankemampuanyangdimilikianakagardapatmenyesuaikandirinyanantiketikakembalikemasyarakat(5)kepaladinaspendidikanhendaknyamemfasilitasidanmelakukanpembinaanintensifbagisekolah-sekolahinklusidilingkungannyasertamembuatregulasi-regulasiyangdapatmendukungpengembangansekolahmenjadilebihbaik(6)penelitilainhendaknyamenjadikanhasilpenelitianinisebagaiacuandalammelaksanakanpenelitianberikutnyayangberkaitandenganstrategipengembanganprogramlayananmutudisekolahdenganmengembangkanfokusyanglain(7)bagipengembanganilmumanajemendansosialkemasyarakatanagarmenjadikanhasilpenelitianinisebagaireferensipemikiransertapijakanbagipengembanganilmumanajemenpendidikankhususnyayangberkaitandenganpengembanganprogramlayananmutudalampendidikan.