Singkronisasi pembinaan karakter peserta didik di madrasah dan pesantren (studi multi-situs pada MTsN Tambakberas, MTsN Denanyar, dan MTsN Peterongan di Kabupaten Jombang) / Moh. Khozin

Main Author: Khozin, Moh.
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/64028/
Daftar Isi:
  • vABSTRAKKhozinMoh.2017.SingkronisasiPembinaanKarakterPesertaDidikdiMadrasahdanPesantren(StudiMulti-situsPadaMTsNTambakBerasMTsNDenanyardanMTsNPeterongandiKabupatenJombang).DisertasiProgramstudiManajemenPendidikanPascaSarjanaUniversitasNegeriMalangPembimbing(I)Prof.Dr.NurulUlfatinM.Pd(II)Prof.Dr.AliImronM.siM.Pd.dan(III)Prof.Dr.BambangBudiWiyonoM.Pd.KataKunciSingkronisasiNilainarakterPesantrenDenganmaraknyadegradasimoralpadasiswayangakhir-akhirinisemakinmencuatdiIndonesiamakaperluberfikirkerasuntukmenemukansolusidanmanajemenpendidikanyangtepatdalammeminimalisirnya.Gerakaninovasiyangperludipertimbangkanolehsuatulembagapendidikanadalahdenganmenyiapkanpendidikanyangberkarakter.Karenadenganpendidikankarakterakanmembentukkepribadiansiswa.Selainitukontrolterhadappengaruhnegatifglobalisasibisadiminimalisir.UntukMenjawabpersoalandiatasperlusingkronisasipendidikandiMadrasahdenganPesantrenagarkarakteryanglamabisadiaplkasikandiMadrasah.Sinkronisasidalamhaliniiniberartihasilkesesuaian.Mengidentifikasinilai-nilaikarakteryangdiajarkandalamlayananpembinaanpesantrenyangsesuaidandapatdiajarkandiMadrasah.Tidaksemuanilai-nilaikarakteryangdiajarkandipesantrendapatdisesuaikandengandiMadrasah.TetapiadabeberapanilaiyangdapatditerapkandalamkegiatanbelajarmengajardiMadrasah.PenelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganrancanganstudimultisituspadatigaMadrasahyangdibawahnaunganPesantrenyakniMTsNTambakBerasJombangMTsNDenanyarJombangdanMTsNPeteronganJombang.TeknikpengumpulanDataMenggunakanwawancaramendalam(indepthinterviewing)observasipartisipasi(participantobservation)danstudidokumentasi(documentationstudy).Teknikanalisisdatanyaberbentukinteraktifdanberlangsungsecaraterusmenerus.Dalamanalisisiniterdapatsiklusyangmeliputipengumpulandatadisplaydatareduksidatadanpenarikankesimpulan.Keabsahandataditunjukandengankredibilitastransferabilitasdankonfirmabilitas.HasilTemuanpenelitianSinkronisasinilai-nilaikarakterdiPesantrenkedalamlayananpembinaanpesertadidikdimadrasahadalahsebagaiberikut(1)Religius(tergambardalamkegiatanBerdoaShalatWajibBerjamaahSholatDhuhahPuasaMengajiAl-QuranPengajianKitabKuningIstighotsahdanTahlilZiarahMaqbaroqDibaiyahRoanAl-BanjariQiroahKaligrafidanjurnalistik)(2)Jujur(tergambardalamkegiatanBerdoaShalatWajibBerjamaahSholatDhuhahPuasaPengajianKitabKuningKhitobiyahdanRoan)(3)Toleransi(tergambardalamkegiatanMengajiAl-QuranPengajianKitabKuningKhitobiyahRoanAl-BanjariQiroahdanKaligrafi)(4)Disiplin(tergambardalamkegiatanBerdoaSholatWajibBerjamaahSholatDhuhahMengajiAl-QuranPengajianKitabKuningPuasaKhitobiyahRoanAl-BanjariQiroahKaligrafidanJurnalistik)(5)KerjaKeras(tergambardalamkegiatanBerdoaShalatDhuhahPengajianKitabKuningKhitobiyahRoanAl-BanjariQiroahKaligrafidanJurnalistik)(6)Kreatif(tergambardalamkegiatanKhitobiyahAl-BanjaridanKaligrafi)(7)Mandiri(tergambardalamkegiatanDoaSholatDhuhahPuasaIstighotsahdanTahlilKhitobiyahdanRoan)(8)Demokratis(tergambardalamkegiatanPengajianKitabKuningPengajianAl-QurandanKhitobiyah)(9)RasaIngintahu(tergambardalamkegiatanPengajianKitabKuningdanPengajianAl-Quran)(10)SemangatKebangsaan(tergambardalamkegiatankhitobiyahdanUpacaraHariSantriNasional)(11)CintaTanahAir(tergambardalamvikegiatanKhitobiyahdanUpacaraHariSantriNasional)(12)MenghargaiPrestasi(tergambardaalmkegiatanKhitobiyahAl-BanjariQiroahdanKaligrafi)(13)BersahabatKomunikatif(tergambardalamkegiatanPengajianKitabKuningPengajianAl-QuranKhitobiyahRoanAl-BanjariQiroahdanKaligrafi)(14)CintaDamai(tergambardalamkegiatanPengajianKitabKuningPengajianAl-QuranKhitobiyahAl-BanjariQiroahdanKaligrafi)(15)GemarMembaca(tergambardalamkegiatanPengajianKitabKuningMengajiAl-QurandanQiroah)(16)PeduliLingkungan(tergambardalamkegiatanroan)(17)PeduliSosial(tergambardalamkegiatanPuasadanIstighotsahdanTahlil)