Pengembangan model supervisi pembelajaran pada sekolah dasar inklusi di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta / Hermanto

Main Author: Hermanto
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/63997/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKHermanto2016.PengembanganModelSupervisiPembelajaranpadaSekolahDasarInklusidiProvinsiDaerahIstimewaYogyakarta.Disertasi.PascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.H.BambangBudiWiyonoM.Pd.(2)Prof.Dr.H.AliImronM.Pd.M.Si.dan(3).Dr.H.ImronArifinM.Pd.KatakuncipengembanganmodelsupervisipembelajaranSDinklusi.Pendidikaninklusifmerupakantuntutanduniapendidikanseiringdenganmisipendidikanmultikulturaldaneducationforall.Pendidikaninklusifsejalandenganperubahanparadigmadarikecerdasantunggalmenujukecerdasanganda.Selainitupendidikaninklusifjugamemberikanhak-hakpendidikanyangtidakdiskriminatifkepadaanakberkebutuhankhusus(ABK).KenyataannyatidaksemuaABKsesuaidenganlayanansekolahkhusus.Seiringberkembangnyasekolahinklusisudahseharusnyasubstansisupervisipembelajaranyangdigunakantidakmenggunakanpanduansupervisisekolahreguler.Denganadanyapanduansupervisipembelajaranyangsesuaiuntuksekolahinklusimakatidakadaalasanbagikepalasekolahsebagaisupervisoruntukmenggunakanpanduanregulerdalammelakukansupervisi.Tujuanpenelitianiniadalah1)mengetahuikebutuhanpengembangansupervisipembelajarandisekolahdasarinklusi2)menghasilkanpanduansupervisipembelajaransekolahdasarinklusi3)menghasilkanpendukungimplementasipanduanberisisubstansikonseptualdanproseduralsupervisipembelajarandisekolahdasarinklusidan4)mengetahuitingkatkeefektifandankelayakanpanduansupervisipembelajaranhasilpengembangan.PenelitianpengembangansupervisipembelajaraninimenggunakanmodelBorgandGall.SepuluhlangkahpengembanganBorgandGalltersebutdikelompokkandalamtigafaseyaitu1)Fasekonseptualisasimeliputianalisispotensidanmasalahmengumpulkandatadaninformasi(studipendahuluan)2)Faseinstrumentasivalidasidanempirisasimeliputipengembanganprototipemodelvalidasiahlibirokrasidanpraktisirevisiprodukatasmasukanahlibirokrasidanpraktisiujicobaterbatasdanrevisiprodukhasilujicobaterbatasdan3)Fasepenerapandanpengujianmeliputiujicobapenggunaanskalaluasrevisiprodukakhirdandiseminasidanimplementasipanduan.Ujicobaprodukdilakukanduakalidalamujiterbatasdanujiskalaluas.Subjekcobaujiterbatassebanyak20orangsupervisorsedangujiskalaluasmelibatkan50kepalasekolah50gurukelas50GPKdan5pengawas.Jenisdatadalampenelitianiniadaduayaitudatakuantitatifdankualitatif.Instrumenpengumpulandatamenggunakanangketlembarvalidasidanpenilaianpredanpos.Teknikanalisisdatadilakukandengancaramenghitungrerataskorkebutuhanpengembanganhasilvalidasidanujicobaskalaterbatas.Untukujikeefektifanpanduanpadaskalaluasdilakukanujinormalitasujihomoginitasdanpaired-samplest-test.Untukdatapendukungsepertihasilwawancaradansaranmasukandigunakanteknikanalisiskualitatifdenganmenyederhanakandata.Hasilpenelitiandanpengembangansertapembahasandapatdisajikansebagaiberikut.Fasekonseptualisasimeliputi1)Literaturyangmembahaspendidikaninklusifantaralainpsikologipendidikandanilmupendidikan.2)KebijakanyangmendukungpendidikaninklusifdiDIYantaralaina)PeraturanDaerahNomor4tahun2012tentangperlindungandanpemenuhanhak-hakpenyandangdisabilitasb)PeraturanGubernurNomor21tahun2013tentangpenyelenggaraanpendidikaninklusif.3)PembelajaranyangmenghargaiperbedaanindividualsepertidalamPermendikbudNomor65tahun2013tentangStandarProsespadaprinsippenyusunanperencanaanpembelajaran.4)Penelitianpendahuluandiperolehsimpulanbahwaa)rata-ratasekolahinklusimempunyaipesertadidikABKyangtersebardikelas1-6dengankategoriterbanyaktunagrahitaringandanlambanbelajarb)pelaksanaansupervisipembelajaranmenggunakanpanduansupervisisekolahregulerdanc)sebanyak71(88%)orangrespondenmenginginkanadapanduansupervisiuntuksekolahinklusi.Padafaseinstrumentasipenelitimengembangkankerangkakonseptualdanproseduralsupervisipembelajaransesuaimodelinklusif.BerdasarkaninstrumensupervisiklinispenelitimenambahkansubstansipendidikaninklusifsepertiasesmenABKmodifikasikurikulumdanpembelajaranpembelajaranberdiferensiasidanpenggunaanteknologibantu.Validasiahlidilakukanolehahlimanajemenpendidikanahlipendidikaninklusifdanbirokrasidenganskorrata-rata427untukpanduandan425untukperangkatataulayakdenganrevisikecil.Begitupulahasilujivalidasipraktisimemperolehskorrata-rata411ataulayakdenganrevisikecil.Atasmasukanpadatahapvalidasipanduandipecahmenjadiduayaitubukusatuberisiperangkatsupervisidanbukuduaberisipendukungimplementasipanduan.Selanjutnyaujikeefektifanskalaterbataskepada20supervisordisimpulkanadapeningkatanskordarirata-ratakeseluruhan26menjadi332.PadafasepenerapandanpengujianmodelskalaluasujinormalitasdanhomoginitasdarikepalasekolahguruGPKmaupunpengawassecaraumumberdistribusinormaldanhomogen.Ujikeefektifanberdasarkankinerjasupervisormenunjukkanadaperbedaansignifikanataunilaisig