Implementasi kepemimpinan kepala sekolah berbasis nilai-nilai budaya Huyula di daerah terpencil Gorontalo / Besse Marhawati
Main Author: | Marhawati, Besse |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/63993/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKMarhawatiBesse.2016.ImplementasiKepemimpinanKepalaSekolahBerbasisNilai-nilaiBudayaHuyuladiDaerahTerpencilGorontalo.Disertasi.ProgramStudiManajemenpendidikan.PascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.Hj.NurulUlfatinM.Pd.(2)Prof.Hj.UtamiWidiatiM.A.Ph.D.(3)Dr.H.ImronArifinM.Pd.Katakuncikepemimpinankepalasekolahnilai-nilaibudayahuyuladaerahterpencilSekolahtidakdapatdipisahkandaribudayamasyarakatdimanasekolahituberada.Olehkarenaitukepalasekolahdalammenjalankankepemimpinannyaharusmencaricaraataustrategimelaluinilai-nilaibudayamasyarakatuntukmendukungpencapaiantujuanpendidikandisekolah.Setiapmasyarakatmemilikikearifanbudayayangdapatdijadikanalatbagikepalasekolahuntukmencapaitujuanpendidikandisekolahnya.Penelitianinidilakukanuntukmenemukanteorikepemimpinanyangmemanfaatkannilai-nilaibudayaHuyulauntukmencapaitujuanpendidikanpadamasyarakatterpencilGorontalo.Penelitianinibertujuanuntukmenemukanteorikepemimpinankepalasekolahyangpengimplementasiannyamengintegrasikannilai-nilaibudayaHuyuladidaerahterpencilGorontalo.Fokuspenelitianmencakup(1)nilai-nilaibudayaHuyulayangmenjadidasardandiintegrasikanpadakepemimpinankepalasekolah(2)strategikepemimpinankepalasekolahberbasisnilai-nilaibudayaHuyula(3)perankepemimpinankepalasekolahberbasisnilai-nilaibudayaHuyuladan(4)dampakkepemimpinankepalasekolahberbasisnilai-nilaibudayaHuyula.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganrancanganstudimultisitusdanmenggunakanmetodeanalisisinduktiftermodifikasi.PenelitiandilaksanakanditigasekolahyaituSMPN5SatapTelagaBiruSMPN5SatapLimbotodanSMPN6SatapTelagaKabupatenGorontalo.Pengumpulandatadilakukandenganteknikwawancaramendalamobservasidandokumentasi.Analisisdatadilakukansecarainteraktifmelaluiduatahapyaituanalisisdatasitusindividudananalisisdatalintassitus.Pengecekankeabsahandatadilakukandenganujikredibilitastransferabilitasauditabilitasdankonfirmabilitas.Hasilpenelitiansebagaiberikut.Pertama(1)nilai-nilaibudayaHuyulayangmenjadidasarpadakepemimpinankepalasekolahterdapatpadadelapanjeniskegiatanHuyulayaituAmbu(mengumpul)Tiayo(memanggiltiba-tiba)Timoa(mengumpuldalambentukmateri)Hileiya(memindahkan)Dembulo(menutup)Duluhu(jalandipinggiran)Hulunga(ramai-ramai)danHimbunga(memulaisesuatuyangbaru)(2)nilai-nilaibudayaHuyulayangdiintegrasikanpadakepemimpinankepalasekolahterdapatpadaempatjeniskegiatanHuyulayaituTiayoTimoaHulungadanHimbunga.Nilai-nilaiyangterkandungpadaberbagaijeniskegiatanHuyulatersebutsecarakeseluruhanadalahnilaikerjasamakebersamaanempatikepedulianpersatuanmusyawarahkekeluargaanketeladanandankeikhlasan.Adapunnilai-nilaiutamayangditonjolkandalambudayaHuyulaadalahnilai-nilaisosialyaknikerjasamasosialsecarasukarelakeduastrategikepemimpinankepalasekolahberbasisnilai-nilaibudayaHuyuladidaerahterpencildilakukanmelaluiduastrategiyaitu(1)strategieksternaldan(2)strategiinternalketigaperankepemimpinankepalasekolahberbasisnilai-nilaibudayaHuyulameliputitigaperanyaitu(1)sebagaipemimpin(leader)(2)sebagaipemotivasi(motivator)dan(3)sebagaijurubicara(spokesman)dankeempatdampakkepemimpinankepalasekolahberbasisnilai-nilaibudayaHuyulayaituberdampakpositifpadapencapaianprogramsekolahgurusiswamasyarakatdanorangtua.Berdasarkanhasilpenelitianinimakadisarankankepadaberbagaipihakyaitu(1)kepalasekolahhendaknyamemasukkannilai-nilaibudayaHuyulakedalamvisimisitujuandanprogramsekolahmeningkatkankerjasamaeksternaluntukpembangunanpsikis(bukanhanyapembangunanfisikdisekolah)danmenggalilaginilai-nilaibudayaHuyuladalamkegiatanAmbuHileiyaDuluhudanDembulo(2)guru-guruhendaknyamendukungdanmemanfaatkannilai-nilaibudayaHuyuladalammelaksanakantugas-tugasnyadisekolah(3)DinasPendidikandanKebudayaanKabupatenGorontalohendaknyamemasukkannilai-nilaibudayaHuyulakedalamvisimisidankebijakantentangkurikulummuatanlokaldisekolahdikabupatenGorontalo(4)KementerianPendidikandanKebudayaanRepublikIndonesiasebagaibahaninformasidanmasukanuntukmenetapkankebijakantentangpengakomodasianpentingnyanilai-nilaibudayalokaldalampencapaiantujuanpendidikandan(5)penelitilainnyayanginginmelakukanpenelitianlanjutandenganfokuspenelitianyangsamaatupundenganmetodeyangberbedaterkaitdengankepemimpinankepalasekolahberbasisnilai-nilaibudayaHuyulamaupunbudayalainnya.