Penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuyk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas III Wignya Mandala Kecamatan Tumpang Kab. Malang / Doni
Main Author: | Doni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/6399/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKDONI.2016.PenerapanModelPembelajaranContextualTeachingAndLearning(CTL)untukmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranPknKelasIIISDKWignyaMandalaKecamatanTumpangKabupatenMalang.SkripsiJurusanPendidikanGuruSekolahDasarFakultasIImuPendidikanUniversitasNegeriMalang.PembimbingIDrs.ImamNawawi.M.SiPembimbingIIDrs.SjafruddinA.Rahman.S.PdM.PdKataKuncihasilbelajarModelPembelajaranContextualTeachingAndLearningSekolahDasarBerdasarkanhasilbelajarsiswadiSDKWignyamandalaprosespembelajaranterus-menerussepertiinimakaaktivitassiswaakansemakinberkurangdalammengikutiprosespembelajaran.Kurangnyaaktivitassiswaakanberpengaruhterhadaphasilbelajar.Haliniterlihatpadahasilbelajartergolongrendahdimanahanya5orangsiswa(35%)dari21orangsiswayangdinyatakanmampumencapaiKriteriaKetuntasanMinimal(KKM)yangtelahditetapkansekolahyaitudenganmencapainilai75sedangkan4orangsiswa(65%)belummencapaiketuntasanTujuanpenelitianiniadalahUntukmengetahuiseberapabesarpeningkatanaktivitasbelajarmelaluimodelpembelajarancontextualteachingandlearningCTL).MetodePenelitianinimenggunakanrancanganPenelitianTindakankelas(PTK)SubjekpenelitianyaknisiswakelasIIISDKWignyaMandalaKecamatanTumpangKabupatenMalang.Teknipengumpuladataada4yaitu1)Observasi2)Tes3)dokumentasidan4)CatatanLapangan.Adapunanalisisdatadalampenelitianiniyaknireduksidatapenyajiandatadanpenarikankesimpulan.Hasilpadapenelitianinidiperolehdatahasilbelajarsiswaatauketuntasanklasikalsebanyak12siswaatau57%siswayangsudahtuntasbelajarsedangkan9siswaatau45%siswayangbelumtentusabelajar.Sedangkanketuntasanklasikalaktivitasbelajaryakni12siswaatau57%siswasudahtuntasdan6siswaatau45siswabelumtuntasbelajar.Penerapanmodelpembelajarancontextualteachingandlearning(CTL)dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamatapembelajaranPKN.Haliniterbuktidenganmeningkatnyahasilbelajarsiswadandapatmeningkatkanaktivitasbelajarsiswa.SecaraumumdapatdisimpulkanbahwapembelajaranmenggunakanContextualAndLearningdapatmeningkatkankemampuanbelajarsiswa.PernyataaninidapattunjukkanolehkeberhasilansiswakelasIIISDKWignyaMandalaTumpangdalamaktivitasbelajar.Berdasarkanpaparandatatemuanpenelitiandanpembahasanditemukansaranataukekuranganyangmunculagarmenjadiperbaikanpadapenelitianselanjutnya.