Hubungan kualitas pelayanan, manajemen sarana prasarana, pemberian kompensasi, lingkungan dan kepuasan kerja dengan loyalitas dosen pada Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri di Sulawesi Selatan / Abu Bakar

Main Author: Abu, Bakar
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/63963/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKBakarAbu.2015.HubunganKualitasPelayananManajemenSaranaPrasaranaPemberianKompensasiLingkungandanKepuasanKerjadenganLoyalitasDosenpadaSekolahTinggiAgamaIslamNegeri(STAIN)DiSulawesiSelatan.DisertasiProgramStudiManejemenPendidikanProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.H.A.SonhadjiK.H.M.A.Ph.D(II)Dr.H.KusmintardjoM.Pd.(III)Prof.Dr.H.WahjoediM.E.KatakuncikualitaslayananmanajemensaranaprasaranakompensasilingkunganorganisasikepuasankerjaloyalitasdosenPendidikanmerupakansalahsatuaspekkehidupanmanusiayangdiyakinisebagaiyangmemegangposisistrategisdanmenjadifaktorpalingdominandalammenentukanperingkatkemajuansebuahnegara.Perencanaandilakukandenganmelibatkansemuadimensidankomponenperguruantinggisehinggasasaranpeningkatantenagapengajarkualitaslulusanpengelolaanprogramstudiperencanaankeuanganperencanaanpeningkatansaranapendukungakademiksepertiperpustakaanlaboratoriumdanberbagaisaranadanprasaranaakademik.BerbagaiusahapeningkatankepuasandanloyalitaskaryawandariorganisasiperguruantinggidituntutsebuahlembagaperguruantinggidikelolaolehparapimpinanataumanejeryangberpengalamandanmempunyaidosendankaryawanyangloyalterhadaplembagauntukmemajukanlembagapendidikantinggikhususnyalembagapendidikandilingkunganKementerianAgama.PadabanyaklembagapendidikankhususnyaSTAINpengelolaansaranadanprasaranabelumsesuaiketentuanyangadabahkanketersediaansaranadanprasaranayangberkualitassangatterbatasuntukmenunjangprosespembelajarandalampencapaiantujuandankualitaslulusan.BeberapatujuanpenelitianiniyaitumengetahuideskripsidarikualitaspelayananmanajemensaranaprasaranapemberiankompensasilingkungandankepuasankerjadenganloyalitasdosenpadaSekolahTinggiAgamaIslamNegeri(STAIN)diSulawesiSelatansertahubunganstruktralyangadadidalamnya.Kualitaspelayananmanajemensaranaprasaranapemberiankompensasidanlingkunganorganisasiberpengaruhpositifterhadapkepuasankerja.Selainitujugabertujuanmengetahuipengaruhkualitaspelayananmanajemensaranaprasaranapemberiankompensasilingkunganorganisasidankepuasankerjaterhadaployalitasdosen.Penelitianinibersifateksplanatorikarenadidalamnyabertujuanuntukmembuktikanhipotesishubunganantarvariabel.LokasipenelitiandilakukandiSulawesiSelatanyangmencakuppopulasi297dosendiSTAINPalopoPare-paredanWatamponedenganjumlahsampelsebesar150responden.Penelitianinibersifatkorelasionalyangakanmembuktikanhubunganstrukturaldarikualitaslayananmanajemensaranaprasaranakompensasidanlingkunganterhadapkepuasankerjadanloyalitasdosen.Pembuktianhipotesismenggunakanstructuralequationmodeling(SEM)dandihitungdenganAMOS20.Kesimpulandaripenelitianiniantaralain(1)kepuasankerjaberpengaruhsignifikanpadaloyalitas(2)manajemensaranaprasaranayangmemadaimengakibatkanloyalitasdosenmeningkat(3)peningkatankualitaspelayananmengakibatkanloyalitasdosensemakinmeningkat(4)Pemberiankompensasitidakterbuktisebagaifaktorpenjelassecaralangsungpadapeningkatanloyalitasdosen(5)lingkungantidakterbuktisebagaifaktorpenjelassecaralangsungbagipeningkatanloyalitasdosen(6)manajemensaranaprasaranayangmemadaimengakibatkankepuasankerjadosenmeningkat(7)peningkatankualitaspelayananbagiparadosenakanakanmengakibatkankepuasankerjadosensemakinmeningkat(8)pemberiankompensasiyangsesuaiharapanakanberdampaklangsungterhadappeningkatankepuasankerjadosen(9)Kondisilingkunganyangsemakinkondusifakanmengakibatkanpeningkatankepuasankerjadosendan(10)terdapathubungantidaklangsungantarakualitaslayananmanajemensaranaprasaranakompensasidanlingkunganterhadaployalitasmelaluikepuasankerjadosen.Sarandaripenelitianiniditujukanpadapimpinanlembagadosenkementerianagamadanpenelitiberikutnya.Pimpinanlembagaharusbisamemainkanperanyanglebihbaikdalammenempatkanpersonalpadabeberapajabatanyangberkaitanlangsungdenganketersediaansaranadanprasarana.Aktifitasdosensebagianbesarterserappadakegiatanbelajardanmengajarsangatmembutuhkanketersediaansaranadanprasaranayangmencukupidanberkualitas.Bagiparadosensebaiknyaselalukonsistendanterarahdalammemberikanmasukanbagilembagapendidikan.Berbagaikekuranganyangtampakdanharussegeradiinformasikankepadapihak-pihakyangberkompeten.BagiKementerianAgamaRepublikIndonesiaseyogyanyaterusmelakukanpemantauanyangberkaitanlangsungdengansegalaprosesyangpengadaaandanpenganggarankebutuhansaranaprasarana.Perkembanganjumlahmahasiswaseharusnyaakandiikutidenganpenambahanfasilitasdansaranapenunjang.Penelitianinidapatdikembangkandenganmelibatkanvariabellainsepertikepemimpinankompetensikemampuankerjakomitmenorganisasibudayakerjadanmotivasikerjasehinggaakandapatmenghasilkantemuanbaruyanglebihkomprehensif.Manajemensaranaprasaranamenjadiperhatiankhususkarenakemampuaninisangatsensitifterhadapperubahankepuasankerjadosen.Kebutuhanakansaranaprasaranaselainbisadianggarkansecaratepatjugamembutuhkaninformasiterbaruyangbersumberdaridosenataumahasiswa.Manajemenpendidikandilingkunganperguruantinggiadalahkomplekskarenapengelolaanterpusatdirektoratdanberkaitandenganseluruhfakultasdanprogramstudi.