Hubungan kepemimpinan transformasional kepala sekolah, kepuasan kerja guru, komitmen organisasi, dan Organizational Citizenship Behavior (OCB) dengan kinerja guru-guru Sekolah Dasar di Kota Banjarmasin / Aslamiah

Main Author: Aslamiah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/63962/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKAslamiah.2015.HubunganKepemimpinanTransformasionalKepalaSekolahKepuasanKerjaKomitmenOrganisaidanOrganizationalCitizenshipBehavior(OCB)denganKinerjaGuruSekolahDasarNegeridiKotaBanjarmasin.DisertasiProgramStudiManajemenPendidikanPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.H.AhmadSonhajiK.HM.A.Ph.D(II)Dr.H.ImronArifinM.Pddan(III)Drs.AhmadSuriansyahM.Pd.Ph.DKatakuncikepimpinantransformasionalkepuasankerjakomitmenorganisasiorganizationalcitizenshipbehavior(OCB)kinerjagurusekolahdasarnegeriKinerjagurumerupakansalahsatuaspekyangmenjadiperhatiansemuaorangsehinggabanyakpandanganbaikpositifmaupunnegatifterhadapkinerjagurukarenaterkaitdenganprofesionalismeseseorang.Olehsebabitukinerjaguruharusmenjadiprioritasuntukselaludilakukanpeningkatanolehsemuapemangkukepentingantermasukkepalasekolah.Kepalasekolahmemilikiperananpentingdanstrategisdisekolahsebagaiujungtombakuntukmeningkatkankinerjaguru.HalinidapatdilakukanmelaluikepemimpinannyayangdapatmenciptakankepuasankerjakomitmenorganisasidanmembentukOrganizationalCitizenshipBehavior(OCB).Untukitupenelitianiniakanmenkajitentangkinerjagurudanvariabel-variabelyangdidugamempengaruhinyakepemimpinantrasnformasionalkepalasekolahkepuasankerjakomitmenorganisasidanorganizationalcitizenshipbehavior(OCB).Tujuanutamakajianiniadalahuntukmenggambarkanpersepsiguru-guruterhadapkepemimpinantransformasionalkepalasekolahkepuasankerjakomitmenorganisasiguruOCBdankinerjagurudisekolah-sekolahdasardiBanjarmasinsertauntukmengetahuihubunganlangsungmaupuntidaklangsungkepemimpinantransformasionalkepalasekolahkepuasankerjakomitmenorganisasidanorganizationalcitizenshipBehavior(OCB)dengankinerjagurusekolahdasarnegeridiBanjarmasin.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandeskriptifkorelasional.Jumlahsampelpenelitianinisebanyak261oranggurusekolahdasardiKotaBanjarmasinyangdipilihsecaraproportionalrandomsampling.InstrumenMultifactorLeadershipQuestionnaire(MLQ)yangdikembangkanolehBassdanAvolio(2004)telahdigunakanuntukmengukurkepimpinantransformasionalkepalasekolah.InstrumenOrganizationalCommitmentQuestionnaire(OCQ)yangdikembangkanolehAllendanMeyer(1990)digunakanuntukmengukurkomitmenguru-gurudanalatukurTeachingSatisfactionScale(TSS)yangdikembangkanolehHodanAu(2006)digunakanuntukmengukurkepuasankerjaguru.SedangkanOrganizationalCitizenshipBehavior(OCB)dankinerjadikembangkansendiri.Teknikanalisisdatamenggunakanstatistikdeskriftifdaninsferensial.Deskriptifdatadianalsismenggunakanmeandanstandardeviasi.Sedangkaninferensialmenggunakanmodelpersamaanstruktural(StructuralEquationModel/SEM)Berdasarkanhasilanalisisstatistikdeskriptifdiperolehgambarantingkatkepimpinantransformasionalkepalasekolahadalahberadapadatahapsedangdenganmean61.16kepuasankerjaberadapadatingkatsedangdenganmean16.87komitmenorganisasiguru-gurupadatingkatsedangdenganmean73.01demikianpulauntukOCBjugasedangdenganmean89.74.hanyakinerjaguruyangtergolongtinggidenganmean81.94.HasilanalisisSEMAmosmenunjukkansebagaiberikut1)terdapathubunganlangsungkepemimpinantransformasionaldengankepuasankerjadankepemimpinantransformasionaldengankomitmenorganisasisertakepemimpinantransformasionaldenganorganizationalcitizenshipbehavior(OCB).2)terdapathubunganlangsungkepuasankerjadengankinerjagurudankomitmenorganisasidengankinerjasertaorganizationalcitizenshipbehavior(OCB)dengankinerja.3)terdapathubungantidaklangsungkepemimpinantransformasionaldengankinerjamelaluikomitmenorganisasidanhubungantidaklangsungkepemimpinantransformasionaldengankinerjamelaluikomitmenorganisasisertahubungantidaklangsungkepemimpinantransformasionaldengankinerjamelaluiorganizationalcitizenshipbehavior(OCB).Implikasiteoritisdarihasilpenelitianinimenjustifikasiteori-teoridasaryangdikembangkanolehparaahliyangdigunakansebagaidasardalampengujianmodelpenelitianinisehinggasemuahasilanalisishubunganantarvariabelyangditemukanpenelitianinimendukungteoridanhasilpenelitianyangdikembangkanterdahulu.Secarapraktishasilpenelitianinimemberikanmasukanuntukmerumuskankebijakankepadaberbagaipemangkukepentingandalammeningkatkankinerjagurumelaluipeningkatankompetensikepemimpinantransformasionalkepuasankerjakomitmenorganisasidanorganizationalcitizenshipbehavior(OCB).BerdasarkanhasilpenelitianinimakadisarankankepadabeberapapihakyaitudinaspendidikanbaikKabupatenmaupunProvinsisertaDirektoratPembinaanSekolahDasaragarmembinakepalasekolahdanmeningkatkankompetensidanprofesionalismekepemimpinannyakhususnyadalamimplementasikepemimpinantransformasional.Bagiguruhasilpenelitianinimemberikanmasukantentangtingkatkepuasankerjakomitmenorganisasidankinerjanyasehingadapatdijadikandasaruntuklebihmeningkatkandanmengembangkanlagikedepan.Sedangkanbagipengembangilmumanajemenpendidikandanpenelitilainnyadisarankanuntukmelakukankajianyanglebihmendalamdanlebihluasdenganmenggunakanpendekatandanstrategiyangberbeda.