Kepemimpinan kyai di pondok pesantren (studi multi situs di Pondok Pesantren Al-Lathifiyah II Bahrul Ulum Tambakberas Jombang, Pondok Pesantren Nur-Khadijah III Mambaul Maarif Denanyar Jombang dan Pondok Pesantren Al-Badriyah Al-Hikmah Purwoasri Kediri) / Muhyiddin Zain
Main Author: | Arifin, Muhyiddin Zainul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/63951/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKArifinM.Z.2015.KepemimpinanNyaidiPondokPesantran(StudiMultiSitusdiPondokPesantrenAl-LathifiyahIIBahrulUlumTambakberasJombangPondokPesantrenNur-KhadijahIIIMambaulMaarifDenanyarJombangdanPondokPesantrenAl-BadriyahAl-HikmahPurwoasriKediri).DisertasiProgramStudiManajemenPendidikanPascasarjanaUniversitasNegeriMalangPembimbing(I)ProfDr.WillemMantjaM.Pd.(II)Dr.H.KusmintardjoM.Pd.(III)Prof.Dr.H.BambangBudiWM.Pd.KatakuncikepemimpinannyaipondokpesantrenstudimultisitusKyaidanNyaiadalahtokohsentraldipondokpesantrensebagaipusatpembelajarandandakwah.Selainsebagaipemimpinpemberiteladandansumbernasehatbagiparasantrimerekajugamemilikiperanyangsubstansialdalammensosialisasikankonsepdanajaranagamadipesantren.Pendekatanpenelitiankualitatifmultisituspada3pondokpesantrenyaitudiPondokPesantrenAl-LathifiyahIIBahrulUlumTambakberasJombangPondokPesantrenNurKhadijahIIIMambaulMaarifDenanyarJombangdanPondokPesantrenAl-BadriyahAl-HikmahPurwoasriKediri.TujuanpenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanKepemimpinanNyaidiPondokPesantrendalamhal(1)Nilai-nilaikepemimpinanNyai(a)nilaipelayanan(b)nilaikebersamaan(c)nilaikepedulian(d)nilaimotivasi(e)nilaikeikhlasan(f)nilaitanggungjawab(g)nilaiestetika(h)nilaikejujurandan(i)nilaietika.(2)Aktualisasinilai-nilaikepemimpinan(a)nilaipelayanan(b)nilaietika(c)nilaikemandirian(d)nilaimotivasi.(3)Kendalayangdihadapi(a)fisik(b)nonfisik.(4)Upayayangdilakukan(a)menyusunvisimisi(b)mengadakansosialisasi(c)komponenpenyusunvisimisi(d)manajemenpengelolaanpondokpesantren(e)adanyapelimpahanwewenangPenelitianinimenggunakan(1)pendekatankualitatifdenganrancanganstudimultisitusmetodeyangdigunakaninduksianalitikyangdimodifikasi.(2)Kehadiranpenelitisejak23April2012s/d30Nopember2014.(3)LokasipenelitianpadatigapondokpesantrenduadiKabupatenJombangdansatudikabupatenKediri.InformandalampenelitianinimeliputiNyaiyangberperansebagaipengasuhputra/putripengasuhkepalamadrasahdiniyahpondokpesantrenpengurussantridantokohmasyarakat.(4)Sumberdatayaituinformanmanusiadanbukanmanusia.(5)Prosedurpengumpulandatamelalui(a)observasiataupengamatan(b)wawancaramendalam(c)studidokumentasi.(6)Analisisdatadilakukandenganduatahapyaitu(a)analisadatasitusindividudan(b)analisadatalintassitus.(7)Pengecekankeabsahandatayangdiperolehdilakukandenganmenggunakan(a)derajatkepercayaanmelaluitekniktriangulasisumberdanmetode(b)keteralihan(c)ketergantungan(d)kepastian.(8)AdapunTahap-tahapyangditempuhdalammelaksanakanpenelitianinimeliputi(a)tahappersiapan(b)tahappelaksanaan(c)tahappembuatanlaporan.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)perjuangandanpengabdianNyaidalammengelolaPondokPesantrendilakukansecaratotaldenganmenggunakanseluruhpotensiyangdimilikinya.Nyaimelayanipondokdanummatdengansepenuhhatimelaluiilmudanhartayangdimilikinya.Nyaidisebutjugasebagaipelayanpondok(khodimatulmahad)danpelayanummat(khodimatulummah)yangmenggunakanprinsipkesederhanaan(qonaah)keadilan(itidal)menghindaripolakekerasan(tawasuth)sikaptoleranterhadapperbedaan(tasamuh)sikapberimbangdalamberjuang(tawazun)menegakkankebenaran(amarmaruf)denganrendahhati(tawadhu).NyaibertanggungjawabpenuhterhadapsemuakegiatandiPondokPesantrenyangdijalankanmelaluidelegasikepadawakilpengasuhdanpengurus.Etika/totokromo/sopansantundiPondokPesantrenmendapatperhatianyangsangattinggidalampenerapannya.AgarsantridapatkonsentrasibelajarmakapenggunaanhandphonedanlaptopuntuksantritingkatSLTAkebawahdilarang.(2)Aktualisasinilai-nilaikepemimpinandiwujudkandenganpemenuhanseluruhkebutuhansantrisebagaisaranabelajarpengajaranilmuyangilmiahpenerapanilmuyangamaliahmelatihkemandiriansantrimelaluipemberianwewenangkepadapengurusuntukmembuatkegiatandanmemberimotivasiagarsantriberprestasidenganberbagaihadiah.(3)KendalayangadadalammengembangkanperankepemimpinanNyaidiPondokPesantrenterdapatdalam2bentukkendalayaitufisikdannonfisikkendalafisikmenggambarkantentangperkembanganbangunandanprasaranayangtumbuhkurangpesatkarenaalokasianggarannyaberasaldaridanapribadipengasuhdantidakmelakukaniurandariwalisantri.Untukkendalanonfisikterkaitdenganterbatasnyasumberdayamanusia(SDM)sebagaitanagapengajarmadrasahdiniyahdanhanyasedikitsantriyangtidakpulangkampung.(4)UpayayangdilakukanolehNyailebihditekankankepadapembahasanvisimisipesantrendanaplikasinyamelakukanpemberdayakepadasantridenganmemilihsantrisenioryangcakapuntukmenjadipenguruspondok.PengelolaanPondokPesantrendilakukandenganazasmemeliharatradisilamayangbaikdanmengambiltradisibaruyanglebihbaik(al-muhafadhotualaal-qodimias-salihwaal-akhdzubial-jadidial-ashlah).KepemimpinanNyaidiPondokPesantrensebagaipelayanpondok(khodimatulmahad)penyelesaimasalah(problemsolver)partisipatormotivatorkontributorpenjagaetikadanpemberdayasantriyangdijalankandenganprinsip-prinsipAhlussunnahWalJamaahAn-Nahdhiyyah(tawasuthtawazunal-itidaldantasamuh).AdapuntipekepemimpinanyangdijalankanNyaiadalahkharismatikdemokratiskonsultatifdelegatifdanpartisipatif.Saran-saran(1)BagiPemerintahDaerahKabupatenJombangdanKediriadakerjasamayangsinergisantaraPemerintahDaerahdanPondokPesantrendalamupayapenyelenggaraanpendidikanyangberkarakterIslami.(2)BagiKementerianAgamadapatmenjadifasilitatorpertemuanantarpengasuhbaikpondokpesantrenyangberskalabesarataukeciluntukpeningkatanmanajemenadministrasipesantren.(3)BagiNyaitipekepemimpinanyangditerapkanolehibuNyaiditigasitusdenganmenggunakankekuatankonsultatifdelegatifdanpartisipatifdapatditeruskankarenasudahterbuktiberhasilmenghantarkansantrimenujukemandiriandalamorganisasi.(4)BagipenelitilainhendaknyabisameneruskankajianyanglebihmendalamdenganaspekyanglaindalambidangkepemimpinandiPondokPesantren.