Penerapan model jigsaw untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui tema 2 peristiwa dalam kehidupan subtema 1 macam-macam peristiwa dalam kehidupan kelas V SDN Cemorokandang 02, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang / Herry Cristhenson
Main Author: | Cristhenson, Herry |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/6395/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKHerryCristhenson2012.PenerapanModelJigsawUntukMenigkatkanAktivitasdanHasilbelajarSiswaKelasVSDNCemorokandang02KecamatanKedungkandangKotaMalang.SkripsiJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFIPUniversitasNegeriMalang.Pembimbing.(1)Dra.Hj.Sukamti.M.Pd(2)Drs.H.M.ThohaA.R.S.PdM.PdKataKunciPenerapanModelJigsawAktivitasHasilBelajarBedasarkanhasilobservasiyangdilakuaknpadaharikamistangal18febuari2016diSDNCemorokandang02KecamatanKedungkandangKotaMalangmenunjukanbahwasiswakuarangaktifdalamkegiatanpembelajarandikarenakantidakadanyamediapembelajaranyangmendukungsehinggasiswamudahbosandankesulitanbelajar.Bedasarkanlatarbelakangdiatasmakarumusanmasalahsebagaiberikut1)Bagaimanakahpenerapanmodeljigsawunttukmenigkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswamelaluitema2peristiwadalamkehidupansubtema1macam-macamperistiwadalamkehidupankepadasiswakelasVSDNCemorokandang02KecamatanKedungkandangKotamalang2)Bagaimanakahpeningkatansiswamelaluipenerapanmodeljigsawtentangtema2peristiwadalamkehidupansubtema1macam-macamperistiwadalamkehidupanuntukmenigkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswakelasVSDnCemorokandang02KecamatanKedungkandangKotaMalang3)BagaimanakahpenigkatanhasilbelajarsiswamelaluipenerapanmodeljigsawuntukmenigkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswakelasVSDNCemorokandang02kecamatankedungkandangkotamalang.HasilBelajardaritemaIsubtema2dikelasVSDNCemorokandang02kurangmemuaskanketuntasanminimal(KKM)yaitu75.Untukmengatasipermasalahantersebutdiperlukanadanyapemilihanmodelpembelajaranyangtepatyaitumodelpembelajarankooperatifjigsawuntukmenigkatkanaktivitasbelajarsiswasehinganilainyajugadapatmeningkat.Tujuandiadakanyapenilitianiniadalahuntukmegetahuipenigkatanhasilbelajarsiswasetelahpenerapanmodelpembelajarankooperatifjigsaw.PendekatanyangdilakukanpadapenelitianiniadalahpendekatankualitatifdanjenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelasPTK.Teknikpengumpulandatayangdigunakanadalahobservasitesdancatatanlapangan.Analisisdatahasilobservasisiswayaitudenganmencaripresentasebanyaksiswayangmendapatskordibagijumlahsiswadandikalikan100%.Apabilahasilnya70%keatasmakakegiatanyangdilakukansiswasudahbaik.12siswaatau279%dari43siswayangtuntasbelajar.SetelahditerapkanmodelpembelajarankooperatifjigsawpadasiklusImenigkatmenjadi21siswaatau72%dari43siswa.NamunhasiltersebutmasihbelumsesuaidenganharapanpenelitisehingadilakukansiklusII.PadasiklusIIsiswayangtuntasbelajarmengalamikenaikanyaitusebanyak26siswaatau604%siswayangtuntasbelajardikelasVSDNCemorokandang02KecamatanKedungkandangKotaMalang.