Hubungan kondisi kerja, motivasi kerja, dan kinerja guru dengan kemampuan akademik siswa di MAN se Jawa Timur / Musta'in

Main Author: Musta'in
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/63946/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKMustain.2015.HubunganKondisiKerjaMotivasiKerjadanKinerjaGurudenganKemampuanAkademikSiswadiMANseJawaTimur.DisertasiProgramStudiManajemenPendidikanPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.A.SonhadjiK.H.M.A.Ph.D.(II)Prof.Dr.WillemMantjaM.Pd(III)Prof.Dr.BambangBudiWiyonoM.Pd.KatakuncikondisikerjamotivasikerjakinerjagurukemampuanakademiksiswaMadrasahAliyahNegeri.PeningkatankualitaspendidikanmadrasahdiJawaTimurkhususnyadandiIndonesiaumumnyabisadilihatdariinputdanoutputmadrasahitusendiri.Outputyangbagusditunjukkandengankemampuanakademiksiswayangtinggi.Halitudapatdicapaidenganpeningkatansumberdayamanusiadankondisikerjadimadrasahterutamaguru.PenelitianinimengkajidanmenelititentangkemampuanakademiksiswadankinerjagurudiMadrasahAliyahNegeri(MAN)seJawaTimurdanvariabelyangdidugadapatmempengaruhinyayaitukondisidanmotivasikerjasertaditelitipulahubunganstrukturalantaradanantarvariabeltersebutbaikhubunganlangsungmaupuntidaklangsung.PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikankondisikerjamotivasikerjadankinerjagurusertakemampuanakademiksiswaMANseJawaTimur.Tujuanlainnyaadalahmengetahuiadanyahubunganyangsignifikanbaiksecaralangsungmaupuntidaklangsungantaravariabelkemampuanakademiksiswakinerjagurukondisikerjadanmotivasikerjadariguru-guruMANseJawaTimur.Penelitianiniadalahpenelitiankorelasionalyangmenggunakanpendekatankuantitatifdenganrancangansurvey.InstrumenyangdigunakanadalahangketdandokumendaftarnilaihasilUjianNasional(UN).PopulasipenelitianiniadalahkeseluruhanguruMANseJawaTimurpengampumatapelajaranujiannasionaltahun2014(kelasXII)sejumlah3874orangguru.Darijumlahpopulasitersebutdiambilsampel363oranggurudenganmenggunakanteknikproportionalrandomsampling.TeknikpengumpulandatamengunakaninstrumenberupakuesionerdenganskalaLikertuntuktigavariabelyaitu(1)kondisikerja(2)motivasikerjadan(3)kinerjaguru.SedangkanuntuksatuvariabellainnyayaitukemampuanakademiksiswateknikpengumpulandatanyamenggunakandokumentasihasilnilaiUN.UjivaliditasdanreliabilitasinstrumentangketanalisisdeskripsidataidentitasrespondendanvariabelmenggunakansoftwareSPSSversi17.0sedangkanpengolahandatadanujihipotesispenelitiandengananalisisSEMmenggunakansoftwareAMOSversi21.0.Hasilanalisisdeskripsidataidentitasrespondenmenunjukkanbahwa523%respondenlaki-lakidan477%perempuan705%berlatarpendidikanS1dan295berpendidikanS2526%mempunyaimasakerjakurangdari10tahunsedangsisanya474%lebihdari10tahun374%gurupertama(golIIIadanIIIb)369%gurumuda(golIIIcdanIIId)dan256gurumadya(golIVadanIVd).HasilujihipotesispenelitiandenganSEMAMOSadalah(1)terdapathubunganlangsungyangsignifikanvariabelkondisikerjadengangurumotivasikerjagurukondisikerjagurudengankinerjagurumotivasikerjagurudengankinerjagurumotivasikerjagurudengankemampuanakademiksiswakinerjagurudengankemampuanakademiksiswadenganc.r2danp0.05untuksemuahubungan.(2)terdapathubungantidaklangsungyangsignifikankondisikerjagurudengankemampuanakademiksiswamelaluimotivasikerjaguru.(3)terdapathubungantidaklangsungyangtidaksignifikankondisikerjagurudengankemampuanakademiksiswamelaluikinerjagurudanmotivasikerjagurudengankemampuanakademiksiswamelaluikinerjaguru.Hasilpenelitianinimempunyaiimplikasiteoritisdalammemberikankejelasandalammemperkuatteori-teoriyangtelahdipergunakansebagaidasarpengajuanmodelpenelitianini.Sebagianbesarhubunganvariabelyangditelitimendukungteoriyangtelahdikembangkanpeneliti-penelititerdahulu.HasilpenelitianinijugamemberikanimplikasipraktisterhadapupayapeningkatankemampuanakademiksiswamadrasahkaitannyadengankinerjamotivasikerjadankondisikerjagurudiMANseJawaTimur.Darihasilpenelitianinidiberikansaran-sarankepadabeberapapihakyaitu(1)untukkepalaMANseJawaTimurdapatmelaksanakanprogrammanajerialyangbaikdalamhalpengelolaantenagagurudimadrasahnyasehinggameningkatkankondisimotivasidankinerjaguruyangbermuarapadaperbaikankemampuanakademiksiswa(2)untukparaguruagarselaluberupayasecarasungguh-sungguhmeningkatkankinerjanyademimeningkatkankemampuanakademiksiswamadrasah(3)untukKepalaKemenagdiDaerahhendaknyadapatmemedisiasilahirnyakebijakanpeningkatankualitasmadrasahterutamamemperhatikankondisikerjakinerjadanmotivasikerjagurudimadrasah(4)kepadaDirjenPendidikanIslamdanMenteriAgamahendaknyasegeramembuatregulasiterkaitadanyapenegerianmadrasahlebihdipermudahdanadanyapendirianMadrasahAliyahNegeribarutanpaharusmelaluiswastalebihduludemikianjugayangterkaitdengankesejahteraanguruditingkatkanagarmotivasigurutinggi(5)untukpenelitilainyangtertarikuntukmengadakanpengkajianbidanginiagarmelakukanpenelitianyanglebihmendalamdenganmempertajampermasalahannyamelaluijalanmenambahvariable-variabelterkaitlainnyasecaralebihdetaildan(6)untukpengembanganilmupengetahuanagardigunakansebagaisaranadalampengembanganteori-teoriyangdisajikandaribeberapareferensidantemuanpenelitianinitentangketerkaitanyangkuatantarakondisikerjadanmotivasidengankinerjagurudankemampuanakademiksiswa.