Pola kepemimpinan akademik pada Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI) dalam perspektif teori interaksionisme simbolik dan drama turgi (studi multi kasus pada tiga PTAI di Kalimantan Selatan) / Wahyudin

Main Author: Wahyudin
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/63939/
Daftar Isi:
  • Wahyudin2014.PolaKepemimpinanAkademikpadaPerguruanTinggiAgamaIslam(PTAI)dalamPerspektifTeoriInteraksionismeSimbolikdanDramaturgi(StudiMultiKasuspadaTigaPTAIdiKalimantanSelatan).DisertasiProgramStudiManajemenPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.AhmadSonhadjiK.H.M.A.Ph.D(II)Prof.Dr.HendyatSoetopoM.Pd.dan(III)Dr.KusmintardjoM.Pd.Katakuncikepemimpinanakademikinteraksionismesimbolikdramaturgi.122881228812288PimpinanperguruantinggikhususnyaperguruantinggiagamaIslam(PTAI)sebagaiaktorsosialmemilikikontribusipentingdalammembentukeksistensiorganisasisecarasosiologisdankultural.OlehkarenaitudeskripsitentangpolakepemimpinanakademikpadaPTAIkhususnyadalamperspektifteoriinteraksionismesimbolikdandramaturgisangatrelevandanpentingdilakukanpenelitian.122881228812288Penelitianinibertujuanuntukmemperolehgambarantentangpolakepemim-pinanakademikpadatigabuahPTAIdiKalimantanSelatan.Fokuspenelitianinimeliputi(1)pendekatankepemimpinanakademik(2)peranaktorsosialpimpinan(3)nilai-nilaisosialkepemimpinan(4)filosofisosialkepemimpinanakademikdan(5)simboldanmaknayangmempengaruhikepemimpinanakademik.122881228812288Berdasarkankarakteristiksubyekdanfokuspenelitianpenelitianinimeng-gunakanpendekatankualitatif(paradigmafenomenologis)denganrancanganstudimultikasus.Teknikpengumpulandatamenggunakanwawancaramendalamobservasidandokumentasi.Analisisdatadilakukandenganmenggunakananalisisdatakasusindividudananalisisdatalintaskasus.Dalampenelitianinipengecekankredibilitasdatadilakukandengantekniktriangulasipengecekananggota(membercheck)diskusitemansejawatdanmemperpanjangwaktupenelitian.Sedangkanpengecekanauditabilitasdatapenelitiandilakukanolehparapembimbingsertarekanpeneliti.122881228812288Penelitianinitelahmenghasilkantemuan-temuansebagaiberikut.PertamakepemimpinanakademikpadaPTAIdiKalimantanSelatansecaradominanditopangolehpenerapanfungsi-fungsimanajemenyangmeliputipenggerakankoordinasidanpengawasansecaraintegraldalamsettingpendekataninteraksisosialinformalsecaradominan.AtmosferpsikologisinteraksidalamproseskepemimpinanakademikterbangundaripengaruhkepribadianyangkuatdaripimpinanPTAIsecaraunikdankhasmelaluiprosesinteraksisimbolikyangkomplekssecaraverbaldannonverbaldalamkomunitasorganisasi.122881228812288KeduaperanaktorsosialpimpinanPTAIdalamproseskepemimpinanakademikpadadasarnyadapatdiklasifikasikankedalamempatperanstrategisyangmeliputipenggerakanmenjagaeksistensiorganisasimemberikanmotivasidanmengembang-kanorganisasi.Dalammelakonkanperan-perantersebutpimpinanPTAImengguna-kanpanggungkehidupansosialdariwilayahdepan(frontregion)secaraformaldanwilayahbelakang(backregion)secarainformal.ManajemenpengaruhyangdilakukanpimpinanPTAImelahirkansebuahkonstruksirealitaskepemimpinanakademikyangkhasdalambingkaiinteraksisimbolikdalamkomunitasPTAI.122881228812288KetigaproseskepemimpinanakademikpadaPTAIdilandasiolehnilai-nilaisosialyangdominandalambingkaiinteraksisosialpadamasing-masinglembagayangmeliputinilaikekeluargaannilaikebersamaandannilai-nilaireligiusitas.Nilai-nilaireligiusitasiniterdiridarinilaiikhlasnilaiibadahnilaiakhlakdannilaiberkah.Dalamkonteksinipimpinanmemainkanperanpadaduadomainbasissosialyaitudomainkepemimpinan(leadership)dandomainpengawalnilaisosio-kulturalPTAI.Pimpinansebagaiaktorberusahamengelolapesanyangtumbuhdanberkembangdarikomunitasterhadapnyadalampertunjukkanyangsempurna(komprehensif)dalamrangkameneguhkankewibawaankepemimpinandiataspanggungrealitasorganisasi.122881228812288KeempatfilosofiyangmelandasikepemimpinanakademikpadaPTAIpadadasarnyamerupakankonstruksinormatismereligiusajaranIslamsebagaibasisontologisyangtelahmelahirkankonstruksiaksiologisdalambentuknilai-nilaisosialyangmendasarikepemimpinanakademik.Filosofi-filosofiyangdimaksudmeliputifilosofiteologisdanritualistikfilosofiikhlasfilosofiibadahfilosofikepeduliansosial(filantropi)danfilosofikeridhaanAllah.Dengandemikianmakaorganisasidapatterbentukdantetapsurvivekarenaditopangolehkonstruksiteologis(doktrin)organisasisebagaijalinanmaknatransendentalyangdinamis.Namunsayangbaiknilai-nilaisosialmaupunfilosofi-filosofisosialyangdimilikidanmelandasikepemim-pinanakademiksebagaimodaldankekayaanpotensialorganisasionalPTAIbelumdi-formulasikansecarasistematikaintegratifkedalamdokumen-dokumen(naskah)lembagamaupundirepresentasikansecaravisualkedalamobyek-obyekstrategislembaga.122881228812288Kelimakonstruksisimbolikyangdipresentasikanpadalambang(logo)PTAImenunjukkankesamaanyangdominandalambeberapaunsurpokokdanwarnasimbolutama.SimbolPTAImemilikititiktemuessensialsimbolikkonsepsispiritorganisasionalyangterbangundarijiwapendidikanjiwareligiusitas(keIslaman)jiwakeIndonesiaan(nasionalisme)danjiwakedaerahan(lokalitas).Pemahamandankesadaransimbolikkomunitasorganisasilemahdanabstraksertatidakfungsionalbagilembaga.122881228812288Berdasarkanhasiltemuanpenelitiandiatasdikemukakanbeberapasaransebagaiberikut(1)pimpinanIAINAntasarihendaknyalebihmeningkatkankinerjamanajemendankepemimpinandenganmemformulasikankonsepkepemimpinanakademikbaruberbasisfilosofisistemnilaidansimbol-simbolyangaktualdanfungsionaldalammelecutperkembanganmenujuUIN(2)KetuaSTAIRakhaAmuntaidanSTAIDarulUlumKandanganhendaknyamengembangkankonsepdankinerjakepemimpinanmelaluirevitalisasidanrekonstruksifilosofinilai-nilaidansimbollembagasertakaderisasikepemimpinanyangterarahdansistematis(3)KemenagRIagardapatmelaksanakanfungsinyasecaralebihbaikdalampembinaandanpengembanganPTAIterutamapengembanganmanajemendankepemimpinanpadaPTAI(4)bagiKemenRistekdanDiktiRIhendaknyaterusmelakukanrisetdanpengembanganrancangbangunpolakepemimpinanbagiperguruantinggigunapeningkatanmutudandayasaing(5)KopertaiswilayahKalimantandisarankanmelakukanpembinaandanpeningkatanskillkepemimpinandanmanajemenperguruantinggibagiparaPTAI(6)parapenelitiselanjutnyadisarankanmelakukanpenelitian-penelitiankepemimpinandiperguruantinggiberbasismicroapproachsecaralebihmendalamdankomprehensifgunamembangundisiplinsosiologi-antropologikepemimpinan.