Pengembangan sumber daya manusia pada sekolah menengah kejuruan berwawasan global pada tiga sekolah menengah kejuruan negeri di Malang Raya / Putut Subijantoro

Main Author: Subijantoro, Putut
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.um.ac.id/63932/
Daftar Isi:
  • SubijantoroPutut.2014.PengembanganSumberDayaManusiaPadaSekolahBerwawasanGlobalPadaTigaSekolahMenengahKejuruanNegeridiMalangRaya.Disertasi.ProgramStudiManajemenPendidikan.PascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.IbrahimBafadalM.Pd.(2)Prof.H.AhmadSonhadjiKHMAPh.D.dan(3)Prof.Dr.WillemMantjaMPd.KatakunciSumberdayamanusiaSekolahMenengahKejuruansekolahberwawasanglobal.KualitasSumberDayaManusiayangterefleksikanpadaperilakubangsasangatlahdipengaruhiolehperjalananbudayadanpendidikannya.Dengankatalainsumberdayamanusiamerupakanfaktorintidalamsuatuinstitusi/organisasikarenaapapunbentukdantujuaninstitusi/organisasiyangdibuatdengansegalavisinyaadalahuntukkepentinganmanusiadanmisinyajugadilaksanakanolehmanusiamakamanusiamerupakansumberdayayangpalingstrategisdalamsemuakegiataninstitusi/organisasilebih-lebihdizamaneraglobalisasiyangpenuhtantangansepertisekarangini.PenelitianinimengkajitentangpengembangansumberdayamanusiayangterjadiditigaSekolahMenengahKejuruanNegeriBerwawasanGlobaldiMalangRayadenganempatfokuspenelitianyaitu(1)PengembanganKapasitasSumberDayaManusia(2)PembinaanKesejahteraanSumberDayaManusia(3)TingkatPartisipasiSumberDayaManusiapadaPengembanganSumberDayaManusiadan(4)PengawasandanEvaluasihasilPengembanganSumberDayaManusia.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganrancanganstudimultikasus.Datapenelitianberupadatadeskristifyangdiperolehmelaluiwawancarastudidokumendanobservasi.Analisisdatadilakukanpadaanalisiskasusdataindividudanlintaskasus.Pengecekankeabsahandatadilakukandenganujivaliditasyangmemenuhikriteria(1)kredibilitasmeliputitrianggulasisumberdatametodedependabilitasdan(2)konfirmabilitas.HasilpenelitianmeliputiPertamapengembangankapasitassumberdayamanusiadilakukanberdasarkananalisisgapantarakebutuhandanketersedianSDMdankesenjangankompetensiyangdimulaidarimanajementingkatbawah.PerencanaannyadidasarkanpadaVisimisimottodantargetmemenuhistandarkompetensipendidikdanmutululusan.Implementasipengembanganmelaluijalurformaldaninformal.KeduapembinaankesejahteraanSDMdilakukanmelaluipertemuanrutinkegiataninformalbersifatpencerahankegemaranpositifrekreatifdankomunikatifketerbukaanmanajemenmembangunkepercayaanmelaluisistemkomunikasiinternal.PelayananadministrasimeningkatkarenamanajeryangbaikyangdapatmenciptakanhubunganimbalbalikdanmelaksanakanSistemManajemenMutu.HakdankewajibanSDMterpenuhidenganmenerapkanpenghargaanbagiyangberprestasidanmenerapkansangsimelaluidialogdarihatikehati.KetigaPartisipasiSDMmeningkatkarenatermotivasistandarSekolahBerwawasanGlobaladasignifikasipeningkatankompetensikeberbasisITdankualifikasiberpendidikankestrataduameningkat.KeempatpengawasandanevaluasiPSDMmemilikibasisdatadalamformatyanglengkapterkendalidalamsoftfiledanhardcopydiperbaruisecaraperiodikpelaksanaanDP3danpelaksanaansupervisi.DarihasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwakebijakanRSBI(SBG)menjadipenguatankearahkemajuanperkembangansumberdayamanusiadalamrangkamencapaistandar-standarpendidikanbertarafinternasionaldantelahmenimbulkanpercepatanpengem-banganSDMmelaluipengembangankapasitasSDMpembinaankesejahteraanSDMpelibatanSDMpengawasandanevaluasipengembanganPSDM.Darisemuaprosesdankomponendalampengembangansumberdayamanusiatersebutmendukungkonsep/teoriyangsudahada.BerdasarkantemuanhasilpenelitiandankesimpulandisarankandalampenyelenggaraanprogrampengembangansumberdayamanusiadisekolahsupayadilaksanakandengandatayangdihasilkanmulaidarianalisiskebutuhanSDMsampaidenganevaluasidansupervisinyasesuaidengantemuan-temuandalampenelitianini.Sehinggabagilembaga-lembagayangterkaityaituSekolahdanlembagadiatasnyamembuatsinkronisasiroadmapPSDMdaritingkatpelaksanasampaidengantingkatpengambilkebijakan.Bagilembaga-lembagadiklatdanlembagapendidikantinggidapatmengacuhasilpenelitianiniuntukmenyesuaikankurikulumnyadenganspesifikasikebutuhanSDMdiSMK.Bagiparapenelitiberikutnyahasilpenelitianinidapatdijadikansebagaibahanpembanding/rujukanatausebagaipijakandalampenelitianselanjutnya.