Manajemen lesson study sebagai teknik supervisi kolegial di Sekolah Menengah Pertama (Studi multi situs di SMPN 1 Pandaan, SMPN 2 Grati, dan SMPN 1 Gondangwetan Kabupaten Pasuruan) / Indah Yudiani
Main Author: | Yudiani, Indah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/63917/ |
Daftar Isi:
- YudianiIndah.2013.ManajemenLessonStudysebagaiTeknikSupervisiKolegialdiSekolahMenengahPertama(StudiMultiSitusdiSMPN1PandaanSMPN2GratidanSMPN1GondangwetanKabupatenPasuruan).DesertasiProgramStudiManajemenPendidikanPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.WillemMantjaM.Pd(II)Prof.H.A.SonhadjiM.A.Ph.D.(III)Dr.H.KusmintardjoM.Pd.KatakuncilessonstudysupervisikolegialSekolahMenengahPertama1228812288122881228812288Aktivitassupervisikolegialgurudilakukanuntukmemberibantuansesamaguru.Lessonstudysebagaitekniksupervisikolegialdilakukandalamrangkameningkatkankolegialitasdankerjasamaguruuntukmerencanakandanmelaksanakanpembelajaranyangmengaktifkankerjasamasiswa.Manajemenlessonstudydiperlukanuntukmendukungterlaksananyasupervisikolegial.1228812288122881228812288Berkaitandenganlatarbelakangtersebutpenelitianinisecaragarisbesarmemilikitujuanyaitu(1)mendeskripsikandanmenjelaskanpelaksanaansupervisikolegialberbasisLSyangdilaksanakandiSMPN1PandaanSMPN2GratidanSMPN1Gondangwetan(2)mendeskripsikandanmenjelaskanmanajemenLessonStudysebagaitekniksupervisikolegialyangdilaksanakandiSMPN1PandaanSMPN2GratidanSMPN1Gondangwetan.1228812288122881228812288Penelitianinidilakukandenganmenggunakanpendekatankualitatifdanrancanganstudimultisitus.Tehnikpengumpulandatadalampenelitianiniadalah(a)wawancaramendalam(b)observasiberperanserta(c)kajiandokumentasidatayangditemukankemudiandianalisisdireduksidisajikandandisimpulkanmelaluianalisispersitusdananalisisantarsitussedangkanpengecekankeabsahandatadilakukanmelaluikredibilitastransferabilitasdependabilitasdankonfirmabilitas.1228812288122881228812288HasilpenelitianditigasitusmenunjukkanbahwapeningkatankompetensipedagogikguruSMPN2GratilebihbaikdaripadaguruSMPN1PandaandanmasihsedikitpeningkatannyadiSMPN1Gondangwetan.Kompetensikepribadianditunjukkandengankemampuanmemberiapersepsidankompetensisosialditunjukkandengankemampuankerjasamaantarguru.PeningkatankerjasamaantarguruyangmemuaskanterjadidiSMPN2GratidandiSMPN1PandaansedangkandiSMPN1Gondangwetanmenunjukkanmasihdalamproses.Kompetensiprofesionalditunjukkandenganpenguasaanmateriajardanmotivasigurudalamlessonstudy.MotivasidanpenguasaanmateriguruSMPN1PandaandalammelakukanlessonstudysangatbaikdaripadaguruSMPN2GratidanSMPN1Gondangwetan.Peningkatankompetensigurujugaberdampakpadatingkatkemandiriandanmotivasibelajarsiswa.Kemandirianmengalamipeningkatanistimewadisitus2yaituSMPN2Gratisedangkansitus1SMPN1Pandaandansitus3SMPN2Gondangwetanmengalamipeningkatanyangbaik.Peningkatanmotivasibelajarsiswaditandaiolehsangatantusiasnyaperhatianpesertadidikterhadappembelajarandanmembaiknyakonsentrasidanketekunansiswaselamaprosespembelajarandankeaktifansiswasangatbaiksaatmengikutipembelajaran.ManajemenLessonStudyBerbasisSekolah(LSBS)dilaksanakanditigasitusdengantahapan(a)perencanaandilakukandenganmembentuktimLSBSdanmembuatprogramkegiatan(b)impelementasidilakukandenganplandodanseedan(c)evaluasimanajemenLSsebagaitekniksupervisikolegialdilakukandenganmengevaluasipelaksanaanLSdanmemperbaikiprogramkerjauntuktahunpelajaranberikutnya.1228812288122881228812288Adapunkesimpulandalampenelitianiniadalah(1)supervisikolegialdapatdilakukanolehsesamaguruuntukmeningkatkanmutupembelajaran.Lessonstudydengantahapplan(perencanaanpembelajaran)do(melaksanakandanmengobservasipembelajaran)dansee(diskusirefleksipembelajaran)sebagaitekniksupervisikolegialtidakhanyamengawasiapakahgurutelahmelaksanakanpembelajarandenganbaiktetapijugaberusahamencarijalankeluarterhadapmasalahyangditemukan.Empatkompetensisemakinbaik.KompetensipedagogikguruditunjukkandengankemampuanmembuatRPPmembuatLKSmengobservasisiswamemotivasisiswadanmenguasaimetodepengajarandanKompetensiprofesionalditunjukkandenganpenguasaanmateriajardanmotivasigurudalamlessonstudy.Kompetensikepribadianditunjukkandengankemampuanmengadakanopenlesson.Kompetensisosialditunjukkandengankemampuankerjasamaantarguru.Peningkatankompetensigurujugaberdampakpadatingkatkemandiriandanmotivasibelajarsiswa.(2)ManajemenLSBSterlaksanadenganbaiksehinggatekniksupervisikolegialdapatdilaksanakandenganbaikjuga.Kompetensipedagogikkepribadiansosialdanprofesionalgurudalambentukmerancangdanmelaksanakanpembelajaranjugasemakinbaik.1228812288122881228812288Berdasarpenelitianinimakadisarankankepada(1)Guruuntukmeningkatkankeprofesionalangurukhususnyakompetensipedagogik.(2)Kepalasekolah/pengawassekolahuntukmelaksanakanmanajemenLSBSsebagaitekniksupervisikolegial.(3)Dinaspendidikankota/kabupatenuntukmendukungdanmenjaminketerlaksanaanLSBS.(4)JICAbahwalessonstudydapatdigunakansebagaitekniksupervisikolegialuntukperbaikanprosesbelajarmengajar.(5)KementerianPendidikandanKebudayaanbahwalessonstudysebagaialternatifpelaksanaansupervisikolegial.(6)Pengembangmanajemenpendidikanbahwalessonstudydapatdijadikanalternatifpelaksanaansupervisikolegial.(7)BagipenelitilaindiharapkanmampumengkajitentangLSBSdarivariabelyanglainsebagaiupayapengembanganhasilpenelitian.