Budaya kompetitif pada perguruan tinggi swasta (studi multisitus pada Universitas Anak Bangsa di Kota Suralaya, Kabupaten Jenggala, dan Kabupaten Girilaya) / Abdul Madjid

Main Author: Madjid, Abdul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.um.ac.id/63906/
Daftar Isi:
  • KatakuncibudayakompetitifperguruantinggiswastaKontekspenelitianiniterkaitdampakglobalisasiyangmerambahduniapendidikantinggikarenaadanyatuntutanuntukmemenuhisumberdayamanusiayangberkualitas.Berkembangnyajumlahperguruantinggidanusahaperguruantinggidalammeningkatkankualitasnyamenimbulkanpersainganantaraperguruantinggi.Persaingandapatberakibatkeberlanjutanataukegagalandalammelaksana-kantugasdanfungsinyanamunjikaorganisasimempunyaikeunggulankompetitifdalamorganisasinyamakadapatmemenangkanpersaingantersebut.Fokuspenelitianiniadalah(1)elemen-elemenbudayaorganisasiyangmenjadilandasanberkembangnyabudayakompetitifpadaPerguruanTinggiSwasta(PTS)(2)aktualisasibudayakompetitifyangberkembangpadaPTSdan(3)langkah-langkahPTSmengembangkandanmemanfaatkanbudayakompetitif.Penelitianinibertujuan(1)mendeskripsikanelemen-elemenbudayaorganisasiyangmenjadilandasanberkembangnyabudayakompetitifpadaPTS(2)mendeskripsikanaktualisasibudayakompetitifyangberkembangpadaPTSdan(3)mendeskripsikanlangkah-langkahPTSmengembangkandanmemanfaatkanbudayakompetitifuntukmemenangkanpersainganmeningkatkanjumlahmahasiswadankualitaslulusannya.BudayakompetitifpadaPTSberkembangdarikeyakinannilai-nilaidanpolaperilakuyangdimilikibersamadidukungdandilaksanakansegenapsivitasakademika.SivitasakademikaPTSmemilikisemangatdankemampuanuntukmewujudkannilai-nilaikeunggulandalamkehidupandilingkungankampusyangdidasaridenganTridharmaPerguruanTinggi.BudayakompetitifberkembangdikalanganPTSsebagaiperwujudannilai-nilaiyangdimilikisebagaidoronganuntukmempertahankaneksistensinyadanmemenangkanpersaingan.Secarakonseptuallandasanteoridalampenelitianinimerupakankajianteoribudayaorganisasi.Setiaporganisasiyangmenginginkantetapeksisharusmengembangkanbudayamutu.BudayamutudalampengelolaanPTSberkaitandenganpenerapanTQMpenjaminanmutuinternaldanpelaksanaanakreditasiolehBAN-PT.Budayamutuyangdibangundandikembangkanakanmembentukbudayakompetitifyangmendorongsetiaporganisasimampudanmemberikanpeluanglebihbesaruntuktetapeksissebagaiperguruantinggi.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganrancanganmul-tisitus.HalinididasarkanpadapermasalahandantujuanyanghendakdicapaiyaituberupayauntukmendeskripsikansecarakomprehensifmengenaidatayangdiperolehdilapangansecaralugasapaadanyamelaluipemahamaninterpretasidanpendalamantentangbudayakompetitifyangdikembangkandiPTSdalamrangkamemenangkanpersaingandimanapenelitiberadadanterlibatlangsungdilingkunganpenelitian.KesimpulanpenelitianinipertamalandasanberkembangnyabudayakompetitifpadaPTSterdiridarilandasanidiillandasannormatifdanlandasanoperasional.LandasanidiilbersumberdariajaranIslamyangmengacupadaAlQurandanAsSunnahlandasannormatifbersumberdarinilaifundamentaldalamkehidupanwargaAnakBangsayaituMatanKeyakinandanCita-citaHidupAnakBangsaPedomanHidupIslamiWargaAnakBangsaMatanKepribadianAnakBangsadanKhittahPerjuanganAnakBangsadanlandasanoperasionalmengacupadaperaturan-peraturanyangdibuatolehPimpinanPusatAnakBangsadibantuMajelisPendidikanTinggiyaituPedomanPerguruanTinggiAnakBangsa(PTAB)StatutaUABdanperaturaninternalPTABdiantaranyaPeraturanRektordanPeraturanDekan.KeduaaktualisasibudayakompetitifpadaPTSsebagaiupayauntukmemenangkanpersainganmeliputia)budayakompetitifyangberkembangdarikeyakinanyaitumanusiaharusberlombadalamkebajikanmemberikantugassesuaidengankompetensinyadanmemilikivisiperubahanuntukpeningkatankualitaskehidupanb)budayakompetitifyangberkembangdarinilai-nilaiyangdidukungnyayaituikhlasdalamdirimemilikiintegritasyangbaikberorientasipadawaktudanmemilikikarakteringinmajudanc)budayakompetitifyangberkembanglandasanoperasionalyaituprofesionalmembangunetoskerjaIslamiberorientasipadamutuberpikirvisionerdantanggapterhadapperubahan.Ketigalangkah-langkahPTSuntukmengembangkandanmemanfaatkanbudayakompetitifdalambeberapaaspekyaitua)aspekorganisasiyangmendukungbudayakompetitifyaitumenempatkanposisiUABsebagaimilikPimpinanPusatAnakBangsabekerjasamadenganBPHsebagaikepanjangantanganPPAnakBangsapengembanganorganisasisesuaiPedomanPTABmenyesuaikanstrukturorganisasisesuaikondisisetempatmembentukBadanPenjaminanMutu(BPM)danmenempatkanpersonilberkompetendalamorganisasib)aspekkemampuanmanajemenyaitumenerapkanmanajemenmututerpadu(TQM)melakukanpengelolaaninstitusisesuaiPedomanPTABdanstatutauniversitasmengopti-malkanauditinternalolehBPMmendukungmanajemendengansistemberbasisITdanmenerapkansistempengembanganSDMc)aspekkulturdalamorganisasiyaitumemberikanketeladananmengenalkanlebihawalbudayayangberkembangmenerapkanperaturanyangberlakumenetapkankodeetikdosendankaryawanmenetapkankodeetikmahasiswadanmenerbitkanpanduanakademiksetiaptahundand)aspeksumberdayamanusiadilaksanakandengancarayaitupencerahanmelaluipengajianrapatpembinaankaryawanpembinaanmelaluibuletinberkalamenerapkansistemkarierdalamjabatanmemberikankesempatanmeningkatkankualifikasiakademikbagikaryawandanmenciptakansuasanakerjayangkondusif.