Hubungan keefektifan komunikasi kepala sekolah, profesionalisme guru MIPA, perubahan organisasi dan manajemen kelas dengan prestasi belajar siswa SMA Negeri Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional di Provinsi Bali / Suheimi Sya'ban
Main Author: | Sya'ban, Suheimi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/63892/ |
Daftar Isi:
- KatakuncikeefektifankomunikasikepalasekolahprofesionalismeguruperubahanorganisasimanajemenkelasprestasipelajarRintisanSekolahBertarafInternasionalyangditetapkanpemerintahmerupakaninovasiuntukmeningkatkanmutupendidikanyangdidugamenurunsepertidalammatapelajaransainsdanmatematika.Merosotnyamutupendididikandidugakarenakemam-puanguruyangkuranglayakgurubelumprofessionalperankepalasekolahyangbelummaksimalkepalasekolahbekerjamasihmengikutipetunjukpelaksanaankepemimpinanyanglaissefairegurukurangadaptifterhadapperubahandalampendidikansistempendidikanyangkurangbaiksiswayangtidakpahamdengantujuandiasekolahkondisilingkungankurangkondusifdisampingvisidanmisisekolahyanglemah.Berdasarkanlatarbelakanginidiajukanmasalah(1)bagaimanakahdeskripsikeefektifankomunikasikepalasekolahprofesionalismeguruperubahanorganisasimana-jemenkelasdanprestasibelajarsiswa.(2)apakahadahubunganlangsungyangsignifikanantarakeefektifankomunikasikepalasekolahdenganprofesionalismeguru.(3)apakahadahubunganlangsungyangsignifikanantarakeefektifankomunikasikepalasekolahdenganperubahanorganisasi4)apakahadahubunganlangsungyangsignifikanantaraprofesionalismegurudenganperubahanorganisasi5)apakahadahubunganlangsungyangsignifikananantarakeefektifankomunikasikepalasekolahdenganmanajemenkelas6)apakahadahubunganlangsungyangsignifikanantaraprofesionalismegurudenganmanajemenkelas7)apakahadahubunganlangsungyangsignifikanantaraperubahanorganisasidenganprestasibelajar8)apakahadahubunganlangsungyangsignifikanantaraprofesionalismegurudenganprestasibelajar9)apakahadahubunganlangsungyangsignifikanantaraprofesionalimegurudenganprestasibelajar10)apakahadahubungantidaklangsungyangsignifikanantaraperubahanorganisasidenganprestasibelajar11)apakahadahubunganlangsungyangsignifikanmanajemenkelasdenganprestasibelajar12)apakahadahubunganlangsungyangsignifikanantarakeefektifankomunikasikepalasekolahdenganperubahanorganisasimelaluiprofesionalismeguru13)apakahadahubunganyangsignifikanantarakeefektifankomunikasikepalasekolahdenganmanajemenkelasmelaluiperubahanorganisasi14)apakahadahubunganyangsignifikanantarakeefektifankomunikasikepalasekolahdenganmanajemenkelasmelaluiperubahanorganisasi15)apakahadahubunganyangsignifikanantarakeefektifankomunikasikepalasekolahdenganmanajemenkelasmelaluiperubahanorganisasi16)apakahadahubunganyangsignifikanantarakeefektifankomunikasikepalasekolahdenganprestasibelajarimelaluiperubahanorganisasi17)apakahadahubunganyangsignifikanantarakeefektifankomunikasikepalasekolahdenganprestasibelajarmelaluiperubahanorganisasi18)apakahadahubunganyangsignifikanantarakeefektifankomunikasikepalasekolahdenganprestasibelajarmelaluimanajemenkelas19)apakahadahubunganyangsignifikanantaraprofesionalismegurudenganprestasibelajarmelaluiperubahanorganisasi20)apakahadahubunganyangsignifikanantaraprofesionalismegurudenganprestasibelajarmelaluimanajemenkelasdan21)apakahadahubunganyangsignifikanantaraperubahanorganisasidenganprestasibelajarsiswamelaluimanajemenkelas.Penelitiantergolongpenelitiandeskriptifmempergunakanpendekatankuantitatifdenganmempergunakanmetodasurveydandisainkorelasonal.Populasipenelitianadalahseluruhguru-guruMIPASMANegeriRintisanBertarafInternasionaldiprovinsiBalisebanyak158orangguruyangterdiridarikimiafisikabiologidanmatematika.Instrumenpenelitiandipergunakanmodelkuesionerbentuktertutup.Pengolahandatauntukmendes-kripsikanhipotesisalternatifdipergunakanstatistifdeskriptifpersentase.SedangkanuntukpengujianhipotesisdianalisisdenganSEMmemakaijasaAMOS5.0.HasilujidimensionalkonstrukterhadapkelimavariabelpenelitianmempergunakanSEMdiperolehtemuanbahwasemuakonstrukvariabelvalidkarenamemilikihubungankorelasi04(Sharma1996).Hasilanalisisdatadenganstatistikdeskriptifdiperolehtemuansemuavariabelsepertikeefektifankomunikasikepalasekolahprofesionalismeguruperubahanorganisasimanajemenkelasdanprestasibelajarsiswatergolongkategorisangatbaikdenganreliabilitasbesardari09000Hasilpenelitiandiperolehtemuanadahipotesisditerima1235671011121314tidakditerima48915161718dan2buahhubungantidaklangsung.Yaitu1)hubunganprofesionaismegurudenganprestasibelajarmelaluimanajemenkelasMaksudnyapengaruhtidaklangsungprofesionalismeguruterhadapprestasibelajarlebihbesardaripengaruhlangsungartinyajikaprofesionalismegurubaikmakaprestasibelajarsiswaakanbaik2)hubunganperubahanorganisasidenganprestasipelajarmelaluiprofesionalismegurupengaruhlangsungperubahanorganisasilebihbesardaripengaruhtidaklangsungartinyaprestasisiswaakanbaikjikaperubahanorganisasibaiksetelahprofesionalismegurubaik.Daritemuanpenelitiandisarankan1)KementrianpendidikandanKebudayaandalamhaladalahDiknasProvinsiKabupatenKotamempertimbangkansekolahyangditetapkanmenjadiRSBImengingatsarana/prasaranamasihBelemmemadai.2)kepalasekolahmeningkatkankeefektifanberkomunikasidenganguru-guruperlupenjelasanansetiaptugasyangdiberikanmendengarkeluhanguru-guruterutamayangterkaitdenganpembelajaransaranadanalatpembelajaran3)gurulebihmeningkatkankeprofesionalandenganmelanjut-kanpendidikankejenjanglebihtinggisesuaidandisiplinilmuyangdiajarkandisekolahlebihmeningkatkankomunikasihorizotalterutamadalammenyelesaikanmasalahdalampembelajarankarenabanyakmateriyangsulituntukdijelaskandalambahasaingershalinidapatdilakukandengandiskusiseminarlokakaryaworkshopataumembahasnyadalamMGMPdanmeningkatkankemampuanbahasaInggerisdanmenguasaiITuntukpembelajaran