Komunikasi pada lembaga pendidikan nonformal dalam latar budaya Minangkabau (studi multisitus pada tiga sanggar kegiatan belajar di Minangkabau) / Syafruddin Wahid
Main Author: | Wahid, Syafruddin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/63861/ |
Daftar Isi:
- DisertasiProgramStudiManajemenPendidikanProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembim-bing(I)Prof.Dr.WillemMantjaM.Pd.(II)Prof.H.AhmadSonhadjiK.H.M.A.Ph.D.(III)Prof.Dr.H.HendyatSoetopoM.Pd.KatakuncikomunikasilembagapendidikannonformalBudayaMinangkabauSanggarKegiatanBelajarBerdasarkanstudipendahuluandiketahuibahwakomunikasimerupakansalahsatukuncikesuksesanSKBKabupatenBukikBagalombangSKBKotaUdaroSajuakdanSKBKotaTanahGambua.Kelihatannyakomunikasidiketi-gaSKBtersebutdilatariolehbudayaMinangkabauyaknidenganmenggunakankatonanampekyangterdiridarikatomandakimanurunmandatadanmale-reng.Sehubungandenganitumakatujuanpenelitianiniadalahuntukmendes-kripsikan(1)berlangsungnyakomunikasiyangmenggunakankatomandakimanurunmandatadanmalereng(2)faktor-faktoryangmempengaruhiber-langsungnyakomunikasidenganmenggunakankatomandakimanurunmanda-tadanmalerengdan(3)jaringankomunikasiformaldaninformalpadaketigaSKBtersebut.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganrancanganstudimultisitusdenganmetodeinduksianalitikyangdimodifikasi.Teknikpengum-pulandatamenggunakanwawancaramendalamdanobservasipartisipasi.Peng-cekankeabsahandatadilakukandenganmemeriksavalitasinternalvaliditasek-sternalreliabelitasdanobjektivitas.Teknikanalisisdatapadasatusitusdilaku-kandenganmelakukanreduksidatapenyajiandatadanpenarikankesimpulan.Sedangkananalisisdatalintassitusdilakukandenganmerumuskanproposisiberdasarkantemuansituspertamakeduadanketiga.Selanjutnyamembanding-kandanmemadukantemuanteoritikketigasitustersebut.Akhirnyadirumuskankesimpulanteoritikberdasarkananalisislintassitussebagaitemuanakhiruntukketigasituspenelitianini.Temuanpenelitianmenunjukanhal-halsebagaiberikut(1)komunikasidengankatomanurunadalahcarapenyampaianpesandaritinggikepadaorangyangrendahstatusnyasosialnyagunanyauntukmemberipituahdannasehatmemerintahbawahansesuaijobdescription-nyadanmenghibur(2)katomandakiadalahcarapenyampaianpesandariyangrendahkepadaorangyangtinggistatusnyasosialnyagunanyauntukmemohonanmengabarkansuatukeadaan/peristiwamengusulkanperubahanmelaporkankemajuanataumasalahpekerjaanmemintapetunjukdanmenyampaiankeluh-kesah(3)katomandataadalahcarapenyampaianpesanantaramerekayangrelatifsetarakegunaan-nyauntukmembuatkesepakatanmelaluimusyawarahyangdisebutdenganbulekaiadekpambuluahbulekkatodekmufakatmendapatkandukunganmendamaikandansalingmenasehatimengemukakankeluh-kesahdanba-garah(4)katomalerengadalahcaramenyampaikanpesanantaramerekayangsetaradanmenyeganikegunaannyauntukmenyampaikankekecewaanse-caratidaklangsungmengajartanpamengajarmemerintahtanpamemerintahmemintatanpamemintadanbagarah(5)faktor-faktoryangmempengaruhipenggunaankatomanurunadalahfaktorjabatanformaldalamsituasifor-malusiaatausenioritaskewibawaandanterjadinyaperubahandariyangtergantungmenjadiyangmenentukan(6)menggunakankatomandakiadalahfaktorkedudukanyanglebihrendahdalamsituasiformalusiayanglebihmudadankekuranganpengetahuandanketerampilan(7)mengguna-kankatomandataadalahfaktorkesetaraandalamsituasiformalkomunikasiinformaldalamkelompokke-samogadang-andankeakraban(8)mengguna-kankatomalerengadalahfaktorsalingmenyeganidankeinginanuntukti-daksalingmenyinggungperasaan(9)jaringankomunikasiformaladalahjaringankomunikasiyangsesuaistrukturorganisasidengantigajalurjaringanyaknidariataskebawahdaribawahkeatasdandarimerekayangsetaradan(10)informaladalahjaringankomunikasiyangtidakdidasariolehposisimasing-masingdalamorganisasi.Berdasarkantemuanpenelitiansaran-sarandisampaikankepada(1)wargabelajaragarmenggunakankatomandatadengansesamawargabelajarkatomalerenguntukmenghindarisalingmenyakitisecaralangsungkatomandakikepadaseluruhkaryawanSKBdanmemanfaatkanjaringankomunikasiformaldaninformaluntukkepentinganbelajar(2)karyawantatausahaagarmenggunakankatomandatadengansesamakaryawantatausahadanpamongbelajarkatomalerenguntukmenghindarisalingmenya-kitisecaralangsungkatomandakikepadaatasandanmemanfaatkanjaring-ankomunikasiformaldaninformaluntukmemaksimalkanpencapaiantuju-anprogramyangdilaksanakan(3)pamongbelajaragarmenggunakankatomandatadengansesamapamongbelajardankaryawantatausahakatoma-nurunkepadawargabelajardengansopansantunkatomalerenguntukmenghindarisalingmenyakitisecaralangsungmemotivasiwargabelajardengankatomandakiyangmanurunkatomandakikepadaatasandanme-manfaatkanjaringankomunikasiformaldaninformaluntukmemaksimalkanpencapaiantujuanprogrampembelajaran(4)kepalatatausahaagarmeng-gunakankatomandatadengankoordinatorpamongbelajarkatomanurundengankaryawantatausahadanwargabelajardengansopansantunkatomalerenguntukmenghindarisalingmenyakitisecaralangsungkatoman-dakikepadaatasanmemanfaatkanjaringankomunikasiformaldaninformaluntukmemaksimalkanproduktivitaskerja(5)koordinatorpamongbelajaragarmenggunakankatomandatadengankepalatatausahakatomanurundankatomandakiyangmanurunkepadawargabelajarmenggunakankatomalerenguntukmenghindarisalingmenyakitisecaralangsungmengguna-kankatomandakikepadakepalaSKBmemanfaatkanjaringankomunikasiformaldaninformaluntukmemaksimalkankegiatanpembelajar(6)kepala-kepalaSKBagarmenggunakanmenggunakankatomanurunkepadaseluruhkaryawanSKBkatomanurunyangmalerengdankatomanurunyangman-dakidanmemanfaatkanjaringankomunikasiformaldaninformaluntukmemaksimalkanproduktivitaskerja(7)kepaladankaryawanUPTBPKBMinangkabauagarberkomunikasidengankatomanurundenganseluruhkarya-wanSKBdengansopansantunyangsifatnyamenghargaisesamamanusiadanmemanfaatkanjaringankomunikasiformaldaninformaluntukmemak-simalkanproduktivitaskerjadan(8)penelitiberikutnyaagarmenelitihu-bunganantarapenggunaankatonanampekdenganproduktivitasSKBko-munikasidalamlatarbudayaselainMinangkabaudanpenggunaankatoma-lerengdalamlembagapendidikandiMinangkabau.