Implementasi pembuatan keputusan berbasis budaya organisasi (Studi multi kasus pada Dinas Pendidikan Islam Al-Multazam Mojokerto dan Sekolah Polisi Negera Mojokerto) / Mustiningsih

Main Author: Mustiningsih
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/63856/
Daftar Isi:
  • Disertasi.ProgramStudiManajemenPendidikanProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.HendyatSoetopoM.Pd(II)Prof.Dr.IbrahimBafadalM.Pd(III)Prof.Dr.WillemMantjaM.Pd.KatakuncipembuatankeputusanDinasPendidikanlembagapendidikanIslamlembagapendidikankepolisianPembuatankeputusanmemegangperananpentingdalamorganisasidankepemimpinan.Pembuatankeputusanmerupakanjantungorganisasi(Owens1987)bagiankuncikegiatanpimpinan(BerandaPembuatanKeputusan.Com2008)sentraladministrasi(HoydanTarter2004)tugaspemimpinorganisasi(HoydanMiskel1997Oviarema.multiply.com2010)salahsatudari3peranpemimpin(Mintzberg1975).Pembuatankeputusamharushati-hatidantidakmeninggalkanbudayaorganisasiagarkeputusanyangdihasilkanmudahditerimaolehanggotaorganisasi.Berdasarkanpentingnyastuditentangpembuatankeputusandengantidakmeninggalkanbudayaorganisasimakapenelitimengawalipenelitianinidenganstudipendahuluanpada3lembagayangkemungkinanmemilikiperbedaanbudayaorganisasi.Berdasarkanhasilstudipendahuluandisimpulkanbahwapadaketigakasusterdapatciri-ciriadanyaimplementasipembuatankeputusanberbasisbudayaorganisasi.Secararincikesimpulanfaktalapangandarihasilstudipendahuluandapatdinyatakanbahwa(1)adanyabeberapaaspekbudayayangdijadikandasarpembuatankeputusan(2)adabeberapakeputusanpentingyangdibuatdenganberbasisbudayaorganisasi(3)terdapatkarakteristikpembuatankeputusanberbasisbudayaorganisasi(4)terdapatlangkah-langkahpembuatankeputusandan(5)pembuatankeputusanmelibatkanbeberapakomponensumberdayamanusiadenganperannyamasing-masing.Fokusutamapenelitianiniadalahimplementasipembuatankeputusanberbasisbudayaorganisasi.Fokuskhususnyaadalah(1)aspek-aspekbudayaorganisasiyangdijadikandasarpembuatankeputusan(2)keputusanpentingyangdibuatdenganberbasisbudayaorganisasi(3)karakteristikpembuatankeputusanberbasisbudayaorganisasi(4)langkah-langkahpembuatankeputusanberbasisbudayaorganisasidan(5)pelibatananggotadalampembuatankeputusanberbasisbudayaorganisasidanperanmasing-masing.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifjenisfenomenologidenganrancanganstudimultikasus.Penelitisebagaiinstrumenkuncihadirlangsungdilapangangunamemperolehdatadaritigametodeyaituwawancaramendalamdokumentasidanobservasi.Lokasipenelitianadalahkasus1DinasPendidikanKabupatenMojokertokasus2YPIAl-MultazamMojokertodankasus3SPNMojokerto.Analisisdatadilakukanduatahapyakni(1)analisisdatakasusindividualdan(2)analisisdatalintaskasusdengantekniksikluskomparatifkonstan.Pengecekankeabsahandatadilakukandengancredibility(derajadkerpecayaan)dependability(kebergantungan)danconfirmability(kepastian).Tahap-tahappenelitianinimeliputiperencanaanmemasukilapanganpengumpulandataanalisisdatamenarikdiridanpenulisanlaporan.Kesimpulanpenelitianinimeliputipertamaaspek-aspekbudayayangdijadikandasarpembuatankeputusanpadalembagapendidikanyangberbedabudayaorganisasidapatdikategorikanmenjadi5yaitufilosofidanmisiformalkepemimpinanorganisasidasarperilakuyangdimilikianggotaorganisasiperilakuyangdapatdiobservasidancarakerjaorganisasi.Keduakeputusanpentingyangdibuatdenganberbasisbudayaorganisasipadalembagapendidikanyangberbedabudayadapatdikategorikankedalamdimensimanajemenpendidikanprosesmanajemenpendidikandanfilosofilembaga.Ketigakarakteristikpembuatankeputusanberbasisbudayaorganisasipadalembagapendidikanyangberbedabudayadapatdikategorikankedalamakarkelembagaanprinsippembuatankeputusantatacarapembuatankeputusandanprodukkeputusan.Karakteristiktersebutmembentukmodelpembuatankeputusan.Keempatpadalembagapendidikanyangberbedabudayaterdapattujuhlangkahpembuatankeputusanyangberbentuksiklusyaitu(1)persiapanpembuatankeputusan(2)identifikasialternatifpemecahan(3)penilaianalternatifpemecahan(4)upayakhasorganisasiuntukmemperolehhasilkeputusanterbaik(5)pengambilankeputusan(6)pelaksanaankeputusandan(7)pengevaluasiandantindaklanjut.Semuatahappembuatankeputusanpadalembagapendidikanyangberbedabudayadilandasisemuaaspekbudayaorganisasi.Kelimapembuatankeputusandilembagapendidikanyangberbedabudayaorganisasimelibatkanbeberapaunsurpersonelyangterdiriatasunsurpimpinanpejabatstrukturalpejabatfungsionalstafhubungankoordinasidanpersonelkhusus.Keenampersonelyangdilibatkanpembuatankeputusandilembagapendidikanyangberbedabudayamemilikiperanberagamsebagaipenasihat/pengarah/pemberirestupemberimasukan/tanggapan/pendapatperwakilanpengkoordinirTimpembuatkeputusanpemberiperintahkepadabawahanmenyampaikankeadaankeuangansaranaprasaranapersoneldll.yangmenjaditangungjawabnyamenyampaikandata-datapemotivasipengambilkeputusanpembuatketetapanmempertimbangkandanmengoreksikeputusanyangkeluarmemprosespengadministrasiankeputusanmenyetujuimenetapkandanmengesahkankeputusanyangmenjadikewenangannyamelaksanakansosialisasikeputusanpelaksanakeputusandanpengevaluasikeputusan.Berdasarkanhasilpenelitianinidiberikansarankepadapertamabagipengambilkebijakandiharapkanmempertimbangkanbudayaorganisasidalampembuatankeputusanbaikuntukruanglingkupkeputusandilembaganyasendirimaupunbagilembagayangdikelola/dibina.KeduabagipimpinanDinasPendidikanKabupatenlembagapendidikanberbasisIslamdanlembagapendidikanPolriseyogyanyamempertahankanpembuatankeputusandenganberbasisbudayaorganisasidisampingitudapatmenggunakanhasilpenelitianinisebagaibahanmengembangkanpembuatankeputusandenganberbasisbudayaorganisasi.Ketigabagipemimpinlembagapendidikanditempatlainsebaiknyamenggunakanhasilpenelitianinisebagaiwacanadanbahanpertimbangandalammembuatkeputusansehinggakedepandalampembuatankeputusanberbasisbudayaorganisasi.Keempatbagipengembangteorikepemimpinanpendidikansebaiknyaterusmengembangkanteorikepemimpinnankhususnyapembuatankeputusanyangseyogyanyaberbasisbudayaorganisasi.Kelimabagipenelitilainsebaiknyamenggunakanhasilpenelitianinisebagaisalahsatubahanreferensiyangmasihbisadikembangkanmelaluipenelitianlebihlanjutdenganpendekatansubyeklokasitemaatauvariabellain.