Supervisi pengajaran berwawasan spiritual di sekolah dasar (Studi multisitus pada SDK Ursulin, SDK Yasukel dan SDN kota Ratu di Kabupaten Kelimutu) / Natsir B. Kotten

Main Author: Kotten, Natsir B.
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/63850/
Daftar Isi:
  • KatakuncisupervisipengajaranwawasanspiritualsekolahdasarSupervisipengajaranberwawasanspiritualadalahsupervisiolehsupervi-soryangmemilikiperilakumembangunkarakterberdasarkankemampuannyamengelolakecerdasanspiritualnyadenganberlandaskanpadanilai-nilaireligiusdanetikasosialkeagamaan.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengungkapkan(1)programsupervisipengajaranyangdisusunolehsupervisoryangberwawasanspiritual(2)tekniksupervisipengajaranberwawasanspiritual(3)pendekatansupervisipengajaranberwawasanspiritualdan(4)sikapdanperilakuguruterhadappelaksanaansuper-visipengajaranolehsupervisoryangberwawasanspiritual.Penelitianinimenggunakanrancanganstudimultisitusdenganmetodekomparatifkonstan.LokasipenelitiandiSDKUrsulinSDKYasukeldanSDNKotaRatu.InformandalampenelitianiniadalahpadakepalasekolahdanGuru.Teknikpengumpulandatamenggunakan(1)wawancaramendalam(2)peng-amatanperansertadan(3)studidokumentasi.Analisisdatadilakukanduatahapyaitu(1)analisisdatasitusindividudan(2)analisisdatalintassitus.Pengecekankeabsahandatamelalui(1)triangulasisumberdatadantriangulasiteknikpe-ngumpulandata(2)pengecekananggotadan(3)diskusisejawatsertaarahanDosenPembimbing.Temuanpenelitianmenunjukanbahwa(1)programsupervisipengajaranyangdisusunolehsupervisoryangberwawasanspiritualdisusunsecarabersamadanbekerjasamadenganmelibatkangurudalamsuatutimkerja.Kerjasamadankebersamaantersebutdibangundenganberlandaskanpadavisimisikreatifinspiratifbijaksanadanpedulipadaoranglaindandibangundengannilai-nilairelegiusyangdidasarkanpadakearifanspiritualataukeluhurannurani(kecerdas-anjiwa)yaitusosokdanperilakuyangramahdanakrabarifdanbijaktoleranhumanisdanberwibawa(2)tekniksupervisipengajaranberwawasanspiritualdibangundenganberlandaskanpadanuansakebersamaandankekeluargaandandibangundengannilai-nilairelegiusyangdidasarkanpadakearifanspiritualataukeluharannurani(kecerdasanjiwa)yaitumengedepankandoasebagaisumberkekuatanmotivasisikaparifdanbijaktolerandanhumanissertasikapramahdanakrab(3)pendekatansupervisipengajaranberwawasanspiritualdibangundenganberlandaskanpadamotivasisebagaiwujuddarisikapmemberikanbim-bingandanpenguatanmembangunsemangatkerjamemilikikomitmendedikasienerjikdanmenjunjungtinggietikadanwibawaakademik(norma).Pendekatantersebutjugadibangundenganberlandaskannilai-nilairelegiusyangdidasarkanpadakearifanspiritualataukeluhurannurani(kecerdasanjiwa)yaitusosokdanperilakuyangramahdanakrabhumanisbersahajamemilikiketeguhandankasihsayangsertamenjagakeutuhansebagaiwujuddarisikapmemupukkeber-samaandalamnuansakekeluargaandanrasapersaudaraan(4)sikapdanperilakuguruterhadappelaksanaansupervisiolehsupervisoryangberwawasanspiritualdibangundenganberlandaskanpadapersepsidanmotivasiyangpositifyaitukepemimpinannyasangatbaiksangattepatsesuaisangatsenangdansangatmenguntungkan.Disampingitumembangunsemangatkebersamaandankerja-samayangbaikmembangunrelasiyangdilandasipadaketerbukaandansema-ngatpersaudaraandankekeluargaansertadibangundenganberlandaskanpadanilai-nilaireligiusyangdidasarkanpadakearifanspiritualataukeluhurannurani(kecerdasanjiwa)yaitupembinaandanpelayananyangmengutamakandoasebagaisumberkekuatansikapramahdanakrabsikapteguhdankasihsayangsikaparifdanbijaksikaptoleransikaphumanisberwibawadanbersahajasertamenjagakeutuhan.Berdasarkantemuan-temuanpenelitiandiatasdisarankankepada(1)pihakDinasPPOKabupatenKelimutuuntukmenyelenggarakanpendidikandanpelatih-an(Diklat)kepadaparakepalasekolahataucalonkepalasekolahtentangMana-jemenSupervisiPengajaranBerwawasanSpiritualsebagaisentuhanpentingbagipenanamannilai-nilaikerjasebagaifondasiuntukmemfungsikankekuataninte-lektualdanemosionalmemberimotivasidanproduktivitaskerjaatasdasaribadahdanmengantarkanmanusiapadaketenangandirisejati(2)bagikepalasekolahdisarankanagarmemilikipemahamanakankonsepdasarsupervisihubungantimbalbalikdanketerampilanteknisdannonteknikyangberkaitandenganperanwawasanspiritualataunilai-nilaireligiusyangdidasarkanpadakearifanspiritualataukeluhurannurani(kecerdasanjiwa)dalampembinaandanpelayanannya(3)bagiparagurudisarankanbahwapelaksanaansupervisipeng-ajaranberwawasanspiritualyangberkaitandenganpemberianbantuanyangbercorakpalayanandanbimbinganprofesionaltelahdilakukannamunkeber-hasilannyasangattergantungpadatekaddankemauanguruitusendiriuntukmeningkatkandiriatautidak.Sehubungandenganitukepadaguru-gurudisaran-kanagardapatmemanfaatkankesempatansertapeluangyangdibuatituuntukmeningkatkanmotivasidandisiplindiriterutamamotivasiberprestasi(4)bagipenelitilaindisarankanbahwapelaksanaansupervisipengajaranyangberwa-wasanspiritualdapatmemperbaikikualitasmengajarmeningkatkankinerjadanmenumbuhkansikapprofesionalguru.Agardapatmengungkaplebihjauhme-ngenaisupervisipengajaranyangberwawasanspiritualsebaiknyadilakukanpe-nelitianlebihlanjutpadasekolah-sekolahlainnya.Apabilahendakdiadakanpenelitianlebihlanjutmakadisarankansupayadilaksanakanpadabeberapasitus.