Hubungan antara persepsi tentang sertifikasi guru, komunikasi organisasi, strategi penyelesaian konflik, motivasi kerja dengan produktivitas kerja guru pada sekolah menengah kejuruan negeri di Malang Raya / Tri Atmadji Sutikno
Main Author: | Sutikno, Tri Atmadji |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/63844/ |
Daftar Isi:
- ProgramStudiMa-najemenPendidikanProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pem-bimbing(1)Prof.H.AhmadSonhadjiK.H.M.A.Ph.D(2)Prof.Dr.WillemMantjaM.Pd(3)Prof.Dr.WahjoediM.EKatakunciproduktivitaskerjapersepsisertifikasistrategikonflikmotivasikerja.Gurumendudukiposisistrategisuntukmeningkatkansumberdayamanusiayangcerdaskarenagurusebagaitenagapendidikterlibatlangsungdalamaktivitasprosespembelajarandikelasdanseluruhprosespendidikandisekolah.Agartujuantersebutdapattercapaiguruharusselalumeningkatkanproduktivitaskerjanya.Produktivitaskerjagurudapatdiukurdariperencanaandanpelaksanaanpembelajaranpembimbinganpenelitiandanpenulisanartikelpenggunaanmediapembelajarandanketercapaiankenaikandankelulusansertapelatihanyangdiikuti.Tinggirendahnyaproduktivitaskerjagurudipengaruhiolehbanyakfaktordiantaranyapersepseitentangsertifikasigurukomunikasiorganisasistrategipenyelesaiankonflikdanmotivasikerja.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanvariabel-variabelpersepsitentangsertifikasigurukomunikasiorganisasistrategipenyelesaiankonflikmotivasikerjadanproduktivitaskerjaguruSMKNdiMalangRaya.Disampingitupenelitianinijugauntukmengetahuihubunganantaravariabelbebasbaiksecaralangsungmaupuntidaklangsungdenganvariabelterikat.PenelitianmenggunakanrancangananalisisdeskriptifdankorelasionaldenganpopulasiguruSMKNdiMalangRayayangberjumlah830orangdandiambilsampel264orang.Instrumenyangmencakupvariabel-variabelpersepsitentangsertifikasigurukomunikasiorganisasistrategipenyelesaiankonflikmotivasikerjadanproduktivitaskerjadikembangkandenganmenggunakanskalaLikert.Datadikumpul-kandenganteknikproporsionalrandomsamplingyangdianalisismenggunakanteknikanalisisdeskriptifdananalisismultivariatSEM-PLSdenganbantuanprogramSmartPLS2.Hasilanalisisditemukan(1)persepsitentangsertifikasigurupadakategoribaikkomunikasiorganisasidalamkategorisangatbaikstrategipenyelesaiankonflikpadakategoribaikmotivasikerjapadakategoribaikdanproduktivitaskerjapadakategoribaik(2)adahubunganlangsungyangsignifikanantarapersepsitentangsertifikasigurudenganmotivasikerja(3)adahubunganlangsungyangsignifikanantarakomunikasiorganisasidenganmotivasikerja(4)adahubunganlangsungyangsignifikanantarastrategipenyelesaiankonflikdenganmotivasikerja(5)tidakadahubunganlangsungyangsignifikanantarapersepsitentangsertifikasigurudenganproduktivitaskerja(6)adahubunganlangsungyangsignifikanantarakomunikasiorganisasidenganproduktivitaskerja(7)adahubunganlangsungyangsignifikanantarastrategipenyelesaiankonflikdenganproduktivitaskerja(8)adahubunganlangsungyangsignifikanantaramotivasidenganproduktivitaskerja(9)adahubungantidaklang-sungyangsignifikanantarapersepsitentangsertifikasigurukomunikasiorganisasistrategipenyelesaiankonflikdenganproduktivitaskerjamelaluimotivasikerja(10)adahubunganlangsungsecarasimultanantarapersepsitentangsertifikasigurukomu-nikasiorganisasistrategipenyelesaiankonflikdenganmotivasikerjadan(11)adahubunganlangsungsecarasimultanantarakomunikasiorganisasistrategipenyelesa-iankonflikmotivasidenganproduktivitaskerja.Berdasartemuanpenelitiandisarankansebagaiberikut(1)untukkepalasekolahhasilpenelitianinisebagaiacuandalammenentukankebijakandanstrategidalammengelolaorganisasisekolahkhususnyadalammemotivasiguruuntukmeningkatkanproduktivitaskerjanya(2)untukguru-guruhasilpenelitianinidapatmenambahpengetahuankhususnyatentangproduktivitaskerja(3)untukpengawassekolahhasilpenelitianinidapatdijadikansebagaimasukanuntukmembinagurudankepalasekolahdiwilayahnyadalammeningkatkanproduktivitaskerjanyadankemampuanprofe-sionalnya(4)untukKepalaDinasPendidikandiMalangRayatemuanpenelitianinidapatsebagaidasarpengambilankebijakandalammemotivasidanmeningkatkanproduktivitaskerjagurudan(5)untukpenelitilaindibidangmanajemenpendidikanhasilpenelitianinidapatdijadikanrujukankhususnyayangberhubungandenganproduktivitaskerjaguru.